2.000 Sukarelawan Tanam Bibit Pohon di Pendakian Pos I Gunung Ungaran

By | 02/10/2020

UNGARAN – Lebih dari 2ribu orang sukarelawan melakukan penanaman bibit pohon di sisi kanan dan belakang jalur pendakian Pos I Gunung Ungaran via Pos Pendakian Mawar, Desa Sidomukti, Bandungan, Kabupaten Semarang. Ketua Panitia 1001 PTP Gunung Ungaran ke-6 Sektor Mawar, Feri Aulia Abdul Rochim mengatakan, area tanam tersebut dipilih karena masih belum banyak ditumbuhi rumput dan vegetasi.

Tahun ini total ada 2.400 tanaman yang ditanam enam meliputi matoa, tanjung, sirsak, jati putih, petai, dan jambu biji, ditambah bibit cadangan yang sudah dikarantina lebih dahulu di area Pos Pendakian Mawar. Kondisi bibit tanaman yang ditanam tahun sebelumnya di area lembah Gunung Ungaran saat ini hidup lebih dari 75 persen. Sehingga tinggal menyulami tanaman baru di sekitar tebing Pos I.

Feri menambahkan, ke depan pihaknya akan menerapkan pola baru dalam pengadaan bibit tanaman. Hal itu telah disosialisasikan dengan harapan ada suplai bibit baru selain dari donatur tetap. Sehingga, penghijauan yang digelar rutin setiap tahun di sekitar jalur pendakian maupun di area yang dianggap kritis bisa lebih maksimal dilaksanakan oleh sukarelawan.

.(red)

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *