RASIKAFM.COM

📆 30 June 2022 🇮🇩 🕓 05:31

Aktivitas Gunung Merapi Meningkat, Ganjar Pranowo: Antisipasi Persiapan Dibuat Termasuk Penampungan Pengungsi

Tangkapan layar Gunung Merapi meletus direkam warga sekitar.* / Twitter @Tjokrodipuro_

MAGELANG – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegempaan dan Geologi menyebut, aktivitas gunung Merapi yang ada di wilayah Jawa Tengah dan DIY memasuki fase intrusi baru. Sejumlah letusan eksplosif yang diiringi kegempaan dalam, dilaporkan telah terjadi dan diprediksi akan menimbulkan erupsi apabila tekanan kegempaan dalam sangat kuat.

Menindaklanjuti laporan itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo langsung memerintahkan seluruh jajarannya untuk segera melakukan persiapan sebagai upaya antisipasi. Selain simulasi penyelamatan, simulasi yang juga penting digelar adalah penanganan pengungsi.

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=YJf0vI-BDrc[/embedyt]

Ganjar meminta, tempat penampungan pengungsi harus disiapkan dengan standar protokol kesehatan yang ketat. Ganjar mengatakan, sudah memberikan bantuan kepada daerah-daerah yang rawan akan erupsi Merapi itu. Sejumlah relawan dan instansi terkait sudah digerakkan untuk melihat pergerakan gunung Merapi itu. Termasuk penyiapan jalur evakuasi.

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Jateng, Sarwa Pramana mengatakan, pihaknya sudah menggerakkan seluruh relawan untuk siap siaga menghadapi kondisi Merapi. Masing-masing Kabupaten yang ada di lereng gunung Merapi sudah membuat rencana kontijensi terkait kondisi itu. Termasuk menyiapkan tempat-tempat pengungsian yang sesuai standar protokol kesehatan.

Tags🏷️

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan

📌 Baca Juga:

📌 Baca Juga:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

📌KABAR TERBARU

📌KABAR TERBARU

Jelang Idul Adha, Belasan PSK Diamankan Satpol PP Semarang

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang mengamankan belasan pekerja seks komersial (PSK) pada operasi cipta kondisi menjelang Idul Adha Selasa (28/6/2022) malam. 17 PSK yang ditangkap itu juga karena adanya aduan dari masyarakat.

89 Calhaj Kloter 37 Asal Salatiga Diberangkatkan

Puluhan jemaah calon haji asal Kota Salatiga diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali, (28/6/2022). Pemberangkatan jemaah yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 37, didampingi Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng Noegroho Rachmadi.

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌RASIKA FEATURE

📌RASIKA FEATURE

📌KABAR POPULER

📌KABAR POPULER

kabar-pln.jpg