RASIKAFM.COM

๐Ÿ“† 30/11/2022 ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ ๐Ÿ•“ 03:48

Angka Kehamilan Naik, Akseptor KB Terus Digenjot

Bidan Koordinator Puskesmas se-Kabupaten Semarang tengah diberikan pembekalan terkait pelayanan akseptor KB yang aman di gedung Dharma Satya, kompleks Setda Kabupaten Semarang, Senin (22/6/2020). (win)

UNGARAN – Angka kehamilan di Kabupaten Semarang mengalami peningkatan sebanyak 15 persen di masa pandemi seperti saat ini. Oleh karena itu, klinik keluarga berencana untuk melayani akseptor Keluarga Berencana (KB) terus digenjot untuk menekan resiko kehamilan pada masa pandemi.

 

Ketua Pusat Pelatihan Klinik Primer (P2KP) Kabupaten Semarang, dr. Sapto Wiyono usai rapat koordinasi bersama bidan koordinator se-Kabupaten Semarang, Senin (22/6/2020) menuturkan, ada beberapa faktor yang mengakibatkan angka kehamilan meningkat. Salah satunya adalah akses KB bagi para akseptor yang menurun karena kekhawatiran bisa terpapar korona. Oleh karena itu, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Semarang terus mengupayakan pemenuhan akses kontrasepsi kepada para akseptor dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dia juga mengingatkan agar masyarakat sebaiknya menunda kehamilan di tengah pandemi, karena pada masa trimester pertama kehamilan daya tahan tubuh menurun sehingga rentan terpapar penyakit.

Sementara itu Kepala DP3AKB Kabupaten Semarang Romlah mengungkapkan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan seluruh bidan masing-masing puskesmas, kader KB, hingga klinik swasta penyedia akses KB.

Dari data DP3AKB, ada 56 klinik KB (KKB) tersebar di Kabupaten Semarang, baik milik pemerintah maupun swasta. Pihaknya juga terus bergerak untuk mengedukasi masyarakat tentang bagaimana ber-KB secara aman. (win)

Tags๐Ÿท๏ธ

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan

๐Ÿ“Œ Baca Juga:

๐Ÿ“Œ Baca Juga:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

๐Ÿ“ŒKABAR TERBARU

๐Ÿ“ŒKABAR TERBARU

Cegah Korupsi dari Tingkat Bawah, KPK Luncurkan 10 Desa Antikorupsi

– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI melakukan peluncuran Desa Antikorupsi tahun 2022 dengan tema โ€˜Berawal dari Desa Kita Wujudkan Indonesia Bebas dari Korupsiโ€™. Kegiatan yang merupakan puncak dari serangkaian tahapan pembentukan percontohan Desa
Antikorupsi yang dilakukan KPK sepanjang tahun 2022 ini digelar di Desa Banyubiru, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Selasa (29/11/2022).

๐Ÿ“Œ INFOGRAFIS ๐Ÿ“ธ

๐Ÿ“Œ INFOGRAFIS ๐Ÿ“ธ

๐Ÿ“Œ KABAR PERISTIWA

๐Ÿ“Œ KABAR PERISTIWA

๐Ÿ“Œ KABAR OLAH RAGA

๐Ÿ“Œ KABAR OLAH RAGA

๐Ÿ“ŒRASIKA FEATURE

๐Ÿ“ŒRASIKA FEATURE

kabar-pln_image
error: .