RASIKAFM.COM

📆 27 June 2022 🇮🇩 🕓 12:43 pm

Antusiasme Mahasiswa UKSW Hadiri Seminar Bawaslu Goes To Campus

Jajaran Bawaslu Salatiga didampingi dosen akademisi Fiskom UKSW dan perwakilan mahasiswa saat kegiatan Bawaslu Goes To Campus di Gedung E126 UKSW Salatiga, Kamis, 5 Maret2020Foto HumasBawaslu Kota Salatiga

Jajaran Bawaslu Salatiga didampingi dosen akademisi Fiskom UKSW dan perwakilan mahasiswa saat kegiatan Bawaslu Goes To Campus di Gedung E126 UKSW Salatiga, Kamis, 5 Maret2020/Foto: HumasBawaslu Kota Salatiga

SALATIGA – Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Salatiga  -Setelah beberapa pekan yang lalu melakukan pertemuan dengan pihak Fiskom UKSW terkait koordinasi kegiatan Bawaslu Goes To Campus, pada hari kamis tanggal 5 maret 2020 dimulai pukul 09.00 WIB, BawasluKota Salatiga menyelenggarakan kegiatan sosialisasi yang bertajuk Bawaslu Goes To Campus yang bertempat di Gedung E126 UKSW Salatiga.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 100 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa Fiskom dan FTI UKSW, selaku nara sumber dalam kegiatan tersebut adalah Ketua Bawaslu Salatiga, Agung Ari Mursito dan penanggap materi Dr. Ir. Sri Suwartiningsih, M.Si.selaku salah satuak ademisi di UKSW.

Dalam pandangannya, Agung menyampaikan bahwa Bawaslu Salatiga telah menjalin kerjasama dengan FISKOM UKSW sejak penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 dimana pada penyelenggaraan tersebut diikuti oleh 2 (dua) pasang calon yaitu pasangan YARIS (Yulianto – haris) dan pasangan RUDAl (AgusRudiyanto – Dance Ishak Palit), ia juga menambahkan bahwa kegiatan Bawaslu Goes To Campus ini adalah salah satu bentuk upaya Bawaslu dalam mensosialisasikan kinerja Lembaga sekaligus upaya untuk memberikan edukasi masyarakat dibidang Pemilu, khususnya pendidikan politik bagi mahasiswa.

“Fiskom UKSW sudah menjadi mitra kami (BawasluSalatiga) dalam bekerjasama mengawal dan mengikuti dinamika politik dan suksesi kepemimpinan khususnya di Kota Salatiga, sejakPilkada 2017 kami sudah menjalin bekerjasama. Sosialisasi demi sosialisasi telah kami selenggarakan dari satu segmen kesegmen yang lain yang merupakan bagian dari upaya mengajak partisipasi masyarakat. Seiring tidak diselenggarakannya Pilkada di Salatiga pada tahun2020, salah satunya berupa kegiatan Bawaslu Goes To Campus, harapannya dengan kegiatan ini selain untuk mengedukasi, juga sebagai perwujudan dari amanah Undang-undang yang mewajibkan Lembaga Penyelenggara Pemilu dalam halini Bawaslu untuk melakukan tindakan pencegahan dalam bentuk sosialisasi, munculnya kesadaran masyarakat untuk ikut ambil bagian dalam hal mengawasi khususnya mahasiswa UKSW serta melek demokrasi tentunya dengan mengedepankan demokrasi yang bermartabat dengan tidak berpolitik uang, tidak menyebarkan hoax dan sara”  papar pria yang akrab disapa Agung tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Sri Suwartiningsih selaku penaggap materi memberikan apresiasi kepada Bawaslu atas kinerjanya selama penyelenggaraan Pemilu 2019, menurutnya Bawaslu seperti hati yang kuat “Bawaslu seperti hati yang kuat, benar tidak dipuji , salah jadi bahan bully-an” ujar Sri

Sri berharap agar kelak jika ada salah satu alumni yang ingin terjun kedunia politik baik untuk nyaleg maupun mencalonkan diri menjadi kepala daerah itu bukan hanya bermodalkan materi saja “Jika kalian (audience mahasiswa) ingin berpolitik praktis, harus benar – benar kompeten dan mumpuni baik dari segi ilmu pengetahuan maupun pengalaman organisasi, track record dilingkungan social juga penting, ditambah Pendidikan formal guna menambah nilai jual dan trust yang tinggi dikalangan masyarakat luas” tutup Sri Suwartingisih

Antusiasme mahasiswa dalam kegiatan ini cukup tinggi, banyak mahasiswa mengajukan pertanyaan kepada Agung dan Sri terkait gambaran dan rekam jejak perjalanan demokrasi di Indonesia, mulai dari maraknya praktik-praktik pelanggaran pemilu. Tidak sedikit pula mahasiswa yang menyampaikan ide,gagasan dan kritik yang konstruktif untuk pemilu kedepan yang lebih baik.

Salah satu pertanyaan muncul dari mahasiswi Angkatan 2017 Progdi Sosiologi Fiskom UKSW, Nanda Wahyuningrum, ia menanyakan perihal statement Jokowi, yang menganggap demokrasi kita (Indonesia) sudah kebablasan.

Menanggapi pertanyaan tersebut Agung menegaskan bahwa “Demokrasi Kebablasan”artinya sudah pernah sampai ketitik terjauh tidak mendapat legitimasi teoretis dan faktual. Demokrasi kita mundur salah satunya karena maraknya money politik, penyebaran hoax dan kampanye berbau SARA hanya untuk memperebutkan tahta ataupun tujuan tertentu lainnya yang dilakukan oleh orang tertentu, hal tersebutlah yang menciderai demokrasi kita, sehingga Presiden RI menganggap kebablasan” kata ayah 2 anak ktersebut.

(rief)

Tags🏷️

Bagikan

📌 Baca Juga:

📌 Baca Juga:

📌KABAR TERBARU

📌KABAR TERBARU

Grand Opening Hotel Aruss Semarang, Fasilitas Kini Sudah Beroperasi Penuh

Hotel Aruss Semarang menggelar acara Grand Opening pada hari Minggu (26/6/2022). Hotel yang terletak di Jalan dr. Wahidin No. 116 Jatingaleh, Kecamatan Candisari, Semarang ini awalnya secara bertahap mulai dibuka untuk umum pada 15 Maret 2022 lalu hingga akhirnya beroperasi secara penuh dengan seluruh fasilitas lengkap pada bulan Juni 2022.

Hewan Ternak Terkena PMK Boleh untuk Berkurban, Asal…

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah membeberkan syarat sah hewan kurban saat Hari Raya Iduladha. Hal itu disampaikan seiring mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Diantaranya, jika hewan yang terkena PMK dengan gejala klinis yang berat maka hukumnya tidak boleh dan tidak sah dijadikan hewan kurban.

Cegah PMK Meluas, Dispantan Salatiga Lakukan Check Point Hewan Qurban

Dinas Pangan dan Pertanian (Dispantan) Salatiga membuat check point guna pemeriksaan ternak yang melintas di jalan Sukarno Hatta Noborejo Salatiga, senin 27 juni 2022 pagi. Langkah ini dilakukan untuk menekan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) yang kini mewabah.

Anggota PTBS, Terima Bantuan Becak Listrik Dari Pawarsa

Wiwin mengatakan, becak listrik buatannya terinspirasi saat dirinya menjemput anaknya sekolah. Saat itu, dia melihat seorang berusia lanjut yang terengah-engah mengayuh becak. “Saya merasa kasihan dan tertantang untuk membantu karena di usia tuanya dia masih mencari nafkah,” jelasnya Sabtu (25/6/2022)

Lomba Burung Perkutut, Meriahkan HUT Bhayangkara Polres Salatiga

Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana mengatakan lomba perkutut lokal ini diadakan dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-76 Bhayangkara. “Kita mengapresiasi penyelenggaraan lomba ini karena bisa menyatukan peserta dari berbagai daerah, selain menyalurkan hobi juga menggerakan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

KKN Unnes Gelar Expo Pasar Kuliner dan Gebyar Budaya di Desa Wisata Muncar

Pemerintah Desa Muncar, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang gelar Gebyar Desa Wisata dengan ‘nguri-nguri’ kreatif lokal, Minggu (26/6). Dalam kegiatan Expo Pasar Kuliner dan Gebyar Budaya Desa Wisata Muncar ini, sekaligus sebagai pelepasan puluhan mahasiswa yang telah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Gelar Wisuda Luring, UKSW Lepas 559 Lulusan

Setelah genap dua tahun gelaran wisuda Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) diselenggarakan secara online (daring) akibat pandemi Covid-19, Sabtu (25/06/2022) upacara wisuda UKSW kembali diselenggarakan secara onsite (luring).

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 INFOGRAFIS 📸

Infogenangan 16/06/2022 🕓12.30

Laporan Kawan Rasika memantau genangan air sudah mulai terlihat di sekitar Dermaga Samudera 1 area pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Video diatas diambil sekitar pukul 12.00

UpdateLalin 15/06/2022 🕓07.30

Informasi perbaikan jalan di jalur pantura ruas Juwana – Rembang tepatnya di Batangan kembali berlangsung. Pagi ini terlihat beberapa alat berat di lokasi, ada lajur

UpdateLalin 11/06/2022 🕓09.35

Dilakukan pengaspalan jalan lokasi sebelum batas kota Ungaran, Mijen, arah Bawen, memakan lajur sebelah kiri. Lalu lintas menyempit mulai sekitar depan UNW.

RasikaUpdate 07/06/2022 🕓10.50

Selain dilaporkan adanya genangan air di Pantura Genuk arah Semarang, air juga terpantau di Jl. Gebanganom Raya dan Jl. Padi Raya. Air meluap imbas hujan

UpdateLalin 06/06/2022 🕓13.15

Lalu lintas merayap di Gombel Lama, Semarang, imbas pengaspalan jalan lokasi di titik perbaikan gorong-gorong sebelum underpass Jatingaleh.

UpdateLalin 03/06/2022 🕓12.40

Dilaporkan di Karangawen juga dilaporkan perbaikan jalan memakan satu jalur. Informasi jalan dikeruk untuk kemudian dilakukan pengecoran.

Wajah Baru Stadion Jatidiri Semarang

Memasuki tahap akhir renovasi, sudah terlihat pada atap tribun barat dan lampu stadion yang sudah terpasang. Hingga kondisi rumput lapangan yang sudah bagus.

UpdateLalin 07/01/2022 🕓16.10

Tiga genangan air bisa ditemui di jalur Kudus menuju Pati: yaitu di Pura, Terban, dan Gondoharum. Genangan di Gondoharum jangkauannya sekitar 20 meter, dan tinggi

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌RASIKA FEATURE

📌RASIKA FEATURE

📌KABAR POPULER

📌KABAR POPULER

Sambut-Idul-Adha,-Digdaya-Berikan-Belasan-Ekor-Kambing
Sambut Idul Adha, Digdaya Berikan Belasan Ekor Kambing
Puluhan-Bangkai-Kambing-Ditemukan-di-Aliran-Kali-Serang-Susukan,-Indikasi-PMK-2
Puluhan Bangkai Kambing Ditemukan di Aliran Kali Serang Susukan, Indikasi PMK?
Camat-Tengaran,-bersama-Jito-Pramujito-dan-Kades-Patemon-serta-tamu-undangan-lain-saat-acara-Senam-Bersama
Nol Kasus Covid, Tengaran Gelar Senam Bersama
Dirlantas-Polda-Jateng,-Kombes-Pol-Agus-Suryo-Nugroho
5 Hari Berjalan, Polda Jateng Catat Ribuan Pelanggaran Saat Ops Patuh Candi 2022 Lewat ETLE
Wartawan-peliput-Polres-Salatiga-dan-PJU-Polres-berfoto-sesaat-sebelum-pertandingan-persahabatan
Kemeriahan HUT Bhayangkara, Wartawan Ungguli Polres Salatiga Skor 1-0
Kabidhumas-Polda-Jateng-Tanggapi-Viral-Unggahan-Foto-Tentang-Warga-Sukoharjo-Ditilang-Pakai-ETLE-2
Kabidhumas Polda Jateng Tanggapi Viral Unggahan Foto Tentang Warga Sukoharjo Ditilang Pakai ETLE
ganjar-20-6
Waspadai Kenaikan Kasus Covid-19, Ganjar; Kalau Di Keramaian Pakai Masker
AS-Warga-Ledok,-Pelaku-Pembunuhan-Penjual-Kopi-di-Senjoyo-Tertangkap
AS Warga Ledok, Pelaku Pembunuhan Penjual Kopi di Senjoyo Tertangkap
Petugas-menyemprot-kandang-sapi-komunal-milik-CV-Bangkit-Sukses-Mandiri-di-kawasan-Gogik,-Ungaran-Barat-menggunakan-cairan-disinfektan-sebagai-upaya-antisipasi-terhadap-PMK-pada-hewan-ternak
Jateng Surplus Hewan Kurban
Kapolres-Semarang-AKBP-Yovan-Fatika
Bangkai Kambing Dibuang di Sungai Serang, Polisi Dapatkan Petunjuk Penting
kabar-pln
error: