Edit Content

Rasikafm.com

Katagori Kabar Rasika

Kabar Daerah

Menu

RASIKAFM.COM

Bantu Warga Terdampak Covid-19, Polri Salurkan Ratusan Paket Sembako

Irwasda Polda Jateng Kombes Pol Budi Yuwono tengah memberikan paket sembako kepada warga penerima di Kelurahan Karangjati, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Kamis (9/4/2020) siang. (foto: win)

UNGARAN – Dampak sosial akibat merebaknya wabah Covid-19 di Indonesia mulai dirasakan berbagai lapisan masyarakat. Terlebih sejak diberlakukannya aturan untuk tinggal di rumah sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus Covid-19, kalangan pekerja di sektor formal dan informal juga merasakan imbasnya, yakni kehilangan sumber penghasilan.

“Hari ini kita bersinergi dengan TNI menyalurkan 370 paket sembako bagi warga. Kegiatan ini merupakan program bapak Kapolda Jateng sebagai bentuk rasa kepedulian untuk membantu saudara-saudara kita yang kurang beruntung,” ungkap Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Jawa Tengah Komisaris Besar (Kombes) Polisi Budi Yuwono di sela-sela giat pembagian paket sembako di Kelurahan Karangjati, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Kamis (9/4/2020).

 

Penyerahan paket sembako itu dilaksanakan oleh Pejabat Utama (PJU) Polda Jateng, didampingi Kapolres Semarang dan Komandan Kodim 0714 Salatiga di kawasan Ungaran, Bergas, Bawen dan Tuntang. Dijelaskan oleh Kombes Pol. Budi, pihaknya telah menyusun beberapa langkah antisipasi terhadap banyaknya para pekerja asal luar kota, terutama Jakarta yang pulang ke kampung halaman kaitannya dengan keberlangsungan hidup sehari-hari.

“Sampai saat ini kami telah memetakan jumlah pemudik kalangan pekerja dari Jakarta sekitar 500ribu-an orang yang masuk ke Jateng. Mereka rata-rata pekerja harian, sehingga kita bantu back-up kebutuhan sehari-hari dengan paket sembako ini,” urainya.

Mereka yang terkena dampak sosial dan ekonomi paling besar akibat wabah Covid-19, lanjut Kombes Pol. Budi, adalah kalangan pekerja informal harian, seperti tukang ojek, tukang becak, sopir dan sebagainya. “Kita harus sentuh beberapa klaster pekerja harian itu. Kalau diterapkan untuk tinggal di rumah, mereka dapat penghasilan dari mana. Maka dari itu kami menyisihkan sebagian gaji untuk dibelanjakan kebutuhan dan disalurkan,” paparnya.

Ditambahkan oleh Kombes Pol. Budi, penyaluran paket sembako dilakukan secara bertahap. “Gelombang pertama kita berikan 370 paket sembako, nanti Jumat depan kita salurkan lagi. Teknisnya langsung kami berikan ke yang bersangkutan terutama yang kehilangan pekerjaan. Makanya kami minta para Babhinkamtibmas untuk mendata, sehingga tepat sasaran,” imbuhnya.

Dia juga mengimbau agar warga mematuhi aturan yang telah ditetapkan, yakni tetap tinggal di rumah dan memakai masker jika terpaksa beraktivitas di luar rumah.

Iwan (70), salah seorang buruh pabrik briket warga RT 02 RW 08, Kelurahan Karangjati, Kecamatan Bergas yang menerima bantuan mengaku berterimakasih atas bantuan yang diberikan.

“Saya sudah 10 hari ini di rumahkan bersama puluhan pekerja yang lain. Otomatis tidak punya penghasilan. Terimakasih atas bantuan yang diberikan. Semoga wabah ini segera berakhir dan keadaan normal kembali,” ujarnya. (win)

TRENDING HARI INI

BACA JUGA

KABAR TERBARU

Pegawai Toko Sembako di Ambarawa Ditusuk Orang Tak Dikenal
23 March 2023
Rohani, warga Desa Sumurup, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang menjadi korban penyerangan oleh orang yang tidak dikenal saat sedang bekerja menjaga sebuah toko sembako di Kelurahan Kupang. Rohani dilarikan ke Rumah Sakit Gunawan Mangunkusumo Ambarawa karena mengalami tusuk pada bagian punggung kanan.
Lengkapnya »
Ratusan Guru SIT Salatiga dan Kabupaten Semarang, Ikuti Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka
23 March 2023
Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Kekhasan SIT di Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga dihadiri oleh ratusan guru Sekolah Islam Terpadu (SIT) selama dua hari. Program ini diinisiasi oleh bidang Penjaminan Mutu Pendidikan JSIT Korda Semarang 2 dengan harapan bahwa seluruh guru SIT mampu mengimplementasikan...
Lengkapnya »
Harga Naik, Pedagang di Salatiga ini Pasrah, Hingga Sortir Cabai yang Mulai Busuk
23 March 2023
Pedagang cabai di Pasar Blauran Salatiga mengeluhkan kenaikan harga cabai yang meroket. Harga cabai yang kini mencapai Rp 60.000 per kilogram membuat pedagang terbebani. Kenaikan harga tersebut disebabkan oleh cuaca ekstrem yang membuat cabai banyak yang rusak. Pedagang pun harus melakukan penyortiran...
Lengkapnya »
Tertangkap Basah Bawa 1001 Butir Pil Yarindu, Warga Pabelan diamankan Polres Salatiga
23 March 2023
Satuan Reserse Narkoba (Resnarkoba) Polres Salatiga telah berhasil menangkap seorang pelaku pengedar narkoba jenis Yarindu. Pelaku berinisial GAW (20) berasal dari Dampyak, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, yang diduga mengedarkan sebanyak 1001 butir pil Yarindu.
Lengkapnya »
Agar Selalu Sehat, Warga Binaan Rutan Salatiga Cek Kesehatan Bakteri Tahan Asam Deteksi Tuberkulosis
23 March 2023
Ratusan Napi atau warga binaan pemasyarakatan Klas II B Salatiga menjalani pemeriksaan kesehatan berkaitan dengan Bakteri Tahan Asam (BTA) untuk mendeteksi penyakit Tuberkulosis. Kepala Rutan Salatiga, Andri Lesmano, menyatakan bahwa pemeriksaan kesehatan ini adalah bentuk pelayanan kesehatan dan pemenuhan...
Lengkapnya »

CAPTURE NETIZEN