RASIKAFM.COM

📆 25 September 2022 🇮🇩 🕓 5:32 pm

Bantu Warga Terdampak Covid-19, Polri Salurkan Ratusan Paket Sembako

Irwasda Polda Jateng Kombes Pol Budi Yuwono tengah memberikan paket sembako kepada warga penerima di Kelurahan Karangjati, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Kamis (9/4/2020) siang. (foto: win)

UNGARAN – Dampak sosial akibat merebaknya wabah Covid-19 di Indonesia mulai dirasakan berbagai lapisan masyarakat. Terlebih sejak diberlakukannya aturan untuk tinggal di rumah sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus Covid-19, kalangan pekerja di sektor formal dan informal juga merasakan imbasnya, yakni kehilangan sumber penghasilan.

“Hari ini kita bersinergi dengan TNI menyalurkan 370 paket sembako bagi warga. Kegiatan ini merupakan program bapak Kapolda Jateng sebagai bentuk rasa kepedulian untuk membantu saudara-saudara kita yang kurang beruntung,” ungkap Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Jawa Tengah Komisaris Besar (Kombes) Polisi Budi Yuwono di sela-sela giat pembagian paket sembako di Kelurahan Karangjati, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Kamis (9/4/2020).

 

Penyerahan paket sembako itu dilaksanakan oleh Pejabat Utama (PJU) Polda Jateng, didampingi Kapolres Semarang dan Komandan Kodim 0714 Salatiga di kawasan Ungaran, Bergas, Bawen dan Tuntang. Dijelaskan oleh Kombes Pol. Budi, pihaknya telah menyusun beberapa langkah antisipasi terhadap banyaknya para pekerja asal luar kota, terutama Jakarta yang pulang ke kampung halaman kaitannya dengan keberlangsungan hidup sehari-hari.

“Sampai saat ini kami telah memetakan jumlah pemudik kalangan pekerja dari Jakarta sekitar 500ribu-an orang yang masuk ke Jateng. Mereka rata-rata pekerja harian, sehingga kita bantu back-up kebutuhan sehari-hari dengan paket sembako ini,” urainya.

Mereka yang terkena dampak sosial dan ekonomi paling besar akibat wabah Covid-19, lanjut Kombes Pol. Budi, adalah kalangan pekerja informal harian, seperti tukang ojek, tukang becak, sopir dan sebagainya. “Kita harus sentuh beberapa klaster pekerja harian itu. Kalau diterapkan untuk tinggal di rumah, mereka dapat penghasilan dari mana. Maka dari itu kami menyisihkan sebagian gaji untuk dibelanjakan kebutuhan dan disalurkan,” paparnya.

Ditambahkan oleh Kombes Pol. Budi, penyaluran paket sembako dilakukan secara bertahap. “Gelombang pertama kita berikan 370 paket sembako, nanti Jumat depan kita salurkan lagi. Teknisnya langsung kami berikan ke yang bersangkutan terutama yang kehilangan pekerjaan. Makanya kami minta para Babhinkamtibmas untuk mendata, sehingga tepat sasaran,” imbuhnya.

Dia juga mengimbau agar warga mematuhi aturan yang telah ditetapkan, yakni tetap tinggal di rumah dan memakai masker jika terpaksa beraktivitas di luar rumah.

Iwan (70), salah seorang buruh pabrik briket warga RT 02 RW 08, Kelurahan Karangjati, Kecamatan Bergas yang menerima bantuan mengaku berterimakasih atas bantuan yang diberikan.

“Saya sudah 10 hari ini di rumahkan bersama puluhan pekerja yang lain. Otomatis tidak punya penghasilan. Terimakasih atas bantuan yang diberikan. Semoga wabah ini segera berakhir dan keadaan normal kembali,” ujarnya. (win)

Tags🏷️

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan

📌 Baca Juga:

📌 Baca Juga:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

📌KABAR TERBARU

📌KABAR TERBARU

Laka Maut Tol Bawen, Elf Hantam Truk Fuso 5 Orang Tewas

Kecelakaan maut kembali terjadi di ruas tol. Kali ini melibatkan dua unit kendaraan yakni Isuzu Elf berpelat N 7023 YJ dan truk fuso BK 8407 SE di ruas tol Bawen arah ke Semarang, tepatnya di KM 438.500 pada Sabtu (24/9/2022)

Selamat, UKSW jadi PTS Terbaik versi AMSI

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) akhirnya berhasil menjadi pemenang untuk kategori Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam ajang Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jateng Digital Awards 2022.

Sekjen Hasto Konfirmasi Nama Hendi Masuk Usulan PDIP Untuk Pilgub DKI

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengonfirmasi perihal Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi masuk sebagai nama yang akan diusulkan partainya untuk Pilgub DKI 2024. Hal itu disampaikan oleh Hasto di sesi pemberian keterangan pers dalam kegiatan pertemuan kepala daerah PDI Perjuangan, Kamis (22/9).

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌RASIKA FEATURE

📌RASIKA FEATURE

kabar-pln.jpg