HOME

Bawaslu Jateng Sorot Media Tak Netral di Kabupaten Semarang

Bawaslu Jateng Sorot Media Tak Netral di Kabupaten Semarang

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on google
Share on pinterest

Bawaslu Kabupaten Semarang menggelar rapat dalam kantor (RDK) bertema “Menjaga Netralitas Pemberitaan dan Informasi di Kabupaten Semarang” bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forum Komunikasi Wartawan Kabupaten Semarang (FKWKS) di ruang sentra Gakkumdu Kabupaten Semarang, Selasa (11/8/2020). (Foto/IST)

UNGARAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah menyoroti salah satu media di Kabupaten Semarang, yang diduga memuat konten tidak berimbang terkait Pilkada Kabupaten Semarang 2020. Hal itu terungkap saat Rapat Dalam Kantor (RDK) yang digelar oleh Bawaslu Kabupaten Semarang dengan tema “Menjaga Netralitas Pemberitaan dan Informasi di Kabupaten Semarang” di ruang sentra Gakkumdu Bawaslu Kabupaten Semarang, Selasa (11/8/2020).

Koordinator Divisi Hukum Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Semarang, Andi Gatot Anjas Budiman menyampaikan, terkait netralitas dalam pemberitaan, Bawaslu Jateng sampai saat ini menyoroti ada satu media di Kabupaten Semarang yang isi beritanya diduga tidak berimbang, di mana konten pemberitaan cenderung memojokkan salah satu bakal pasangan calon.

Atas hal tersebut, sesuai UU RI No.10 Tahun 2010 Bawaslu berwenang meneruskan laporan kepada pihak terkait, yakni dewan pers dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) jika ada dugaan pelanggaran, misal pemberitaan yang tidak berimbang, mengandung ujaran kebencian dan sebagainya.




Sementara, Bowo Pribadi anggota Forum Komunikasi Wartawan Kabupaten Semarang (FKWKS) mengatakan, netralitas pemberitaan selalu menjadi tantangan tersendiri di setiap pesta demokrasi terlebih Pilkada.

Menurutnya, yang menjadi masalah adalah munculnya media partisan dari masing-masing pasangan calon. Oleh karena itu, hal tersebut menjadi tantangan bersama agar informasi yang disampaikan dapat memberikan pendidikan politik, berimbang dan mencerahkan agar masyarakat tidak menyesal di kemudian hari. (win)

SHARE

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
KABAR JAWA TENGAH
KABAR NASIONAL
KABAR INTERNASIONAL

KABAR TERKAIT
KABAR TERBARU
10 KABAR POPULER
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp