Edit Content

Rasikafm.com

Katagori Kabar Rasika

Kabar Daerah

Menu

RASIKAFM.COM

Bawaslu Kabupaten Semarang Temukan 84 PPDP Tak Patuhi Protokol Kesehatan

Bawaslu Kabupaten Semarang memonitor PPDP saat melaksanakan coklit daftar pemilih untuk Pilkada Kabupaten Semarang 2020 beberapa waktu lalu. (Foto/IST)

UNGARAN – Selama hampir dua pekan dalam pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih dalam Pilkada Kabupaten Semarang 2020 mulai tanggal 15 Juli hingga , Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Semarang sedikitnya menemukan sedikitnya 84 petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang tidak menaati protokol kesehatan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang, M Talkhis saat dihubungi Selasa (28/7/2020) mengatakan, ke-84 PPDP tersebut diketahui tidak mengenakan alat pelindung diri (APD) berupa sarung tangan saat bertugas. Menurut Talkhis, mereka terpaksa melepas sarung tangan karena kesulitan saat harus membuka lembaran kertas, melepas dan memasang stiker. Hal itu disebabkan sarung tangan yang dikenakan oleh para petugas bukan sarung tangan lateks atau karet, melainkan berbahan plastik. Atas hal tersebut Panwaslu Kelurahan/ Desa (PKD) yang ada di lapangan segera menindaklanjuti dengan memberikan saran lisan.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Syahrul Munir menambahkan, urgensi pemakaian sarung tangan oleh PPDP saat melaksanakan coklit dari rumah ke rumah adalah untuk meminimalisasi kontak fisik antara PPDP dengan Pemilih.

PKPU Nomor 6 tahun 2020 mengatur bagaimana petugas yang menerima berkas dokumen atau perlengkapan secara fisik mengenakan alat pelindung diri berupa masker dan sarung tangan sekali pakai.

Dalam pengawasan Coklit, kehadiran Pengawas bukan hanya memastikan warga yang telah memenuhi syarat (MS) dimasukkan dalam daftar pemilih dan warga yang tidak memenuhi syarat (TMS) dihapus dari daftar pemilih, tetapi juga memastikan bahwa PPDP mematuhi protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 termasuk menggunakan APD lengkap. (win)

TRENDING HARI INI

BACA JUGA

KABAR TERBARU

Pemerintah Siapkan Subsidi Rp7 Triliun untuk 1 Juta Motor Listrik Baru dan Konversi
21 March 2023
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengumumkan anggaran subsidi sebesar Rp7 triliun untuk 1 juta unit motor listrik baru dan konversi selama dua tahun. Insentif sebesar Rp7 juta per unit akan diberikan kepada penerima KUR, BPUM, subsidi upah, dan subsidi listrik 450 VA hingga 900 VA. Subsidi motor...
Lengkapnya »
Kemenkeu Terima 300 Surat Terkait Transaksi Mencurigakan dari PPATK
21 March 2023
Sri Mulyani, Menteri Keuangan Indonesia, menerima 300 surat dari PPATK yang membahas transaksi mencurigakan senilai Rp349 triliun pada 13 Maret 2023. Surat-surat tersebut berisi informasi transaksi keuangan selama periode 2009-2023 yang berkaitan dengan tugas dan fungsi Kemenkeu.
Lengkapnya »
Aktivitas Pelebaran Jalan di Jambu Kopi Eva Masih Berjalan
21 March 2023
#UpdateLalin 21/03/2023 |10.30 | Melihat perkembangan aktivitas pelebaran jalan di wilayah Jambu, Kab. Semarang, sekitar tikungan Kopi Eva arah Temanggung/Magelang. Dilaporkan Kawan Rasika diatas saat ini sudah mulai pengerukan tebing/bukit di sisi jalan, lalu lintas masih buka tutup namun masih padat...
Lengkapnya »
Kementerian Sosial Serahkan Data Penerima Bansos Pangan
21 March 2023
Kementerian Sosial telah menyerahkan data penerima bantuan sosial (bansos) pangan kepada Pemerintah setelah mendapat permintaan. Total ada 21.353.000 penerima bansos yang telah tercatat dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Proses penyaluran bansos pangan diperlukan untuk menekan inflasi yang...
Lengkapnya »
Karnaval Dari Akademi Unissula Melewati Jl. Kaligawe Raya
21 March 2023
#UpdateLalin 21/03/2023 | 09.50 | Ada karnaval melewati Jl. Kaligawe Raya dari rekan-rekan civitas akademika Unissula Semarang pagi ini, terlihat arak-arakan dilakukan di jalur lambat. Kendaraan dialihkan ambil jalur cepat oleh petugas kepolisian, lalu lintas merayap arah Terboyo.
Lengkapnya »

CAPTURE NETIZEN