HOME

Dinas Pertanian Salatiga Launching Niansista

Dinas Pertanian Salatiga Launching Niansista

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on google
Share on pinterest

Walikota Salatiga Yyulianto saat menanam bersama Forkompinda usai lauching Niansista

SALATIGA – Dalam rangka meningkatkan perekonomian khususnya dari sektor pertanian, dilaunching Pertanian Berbasis Pariwisata (Niansista) oleh Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM yang didampingi Wakil Walikota Salatiga Muh Haris SS MSi, Selasa (18/08/2020).

Launching yang berlangsung di Kebun Sengon eks bengkok Kelurahan Kecandran, Kecamatan Sidomukti juga dihadiri Forkopimda, Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat, Dandim 0714 diwakili Kasdim Mayor Supriyono, Kajari Gede Edy Bujanayasa, Ketua PN Bambang Trikoro, Sekda Fakhruroji, Ketua DPD Dance Ishak Palit serta Empat Camat se Kota Salatiga,

Kepala Dinas Pertanian Kota Salatiga Nunuk Dartini menyatakan, bahwa memasuki era baru sekarang ini, khususnya sektor pertanian tidak hanya harus inovatif. Namun, harus juga dapat mencari terobosan baru di sektor pertanian agar berjalan semakin optimal. Kegiatan Niansista ini, juga tak hanya berupaya untuk meningkatkan pendapatan petani, namun juga meningkatkan kreatifitas dalam memanfaatkan waktu tenggang antara masa tanam selesai dan menanti masa panen. Harapannya, dapat mendorong masyarakat untuk lebih kreatif.




“Sekarang ini, sektor pertanian tidak hanya harus inovatif namun juga dapat mencari terobosan baru yang lebih optimal. Niansista yang diluncurkan sekarang ini, adalah salah satu jawaban dari terobosan baru tersebut,” kata Nunuk Dartini.

Sementara itu, Walikota Salatiga Yuliyanto menyatakan, bahwa launching Niansista (Pertanian Berbasis Pariwisata) “Milenial” ini menandakan jika sektor pertanian itu merupakan sektor yang sangat penting dan sangat strategis. Sektor pertanian ini bukan hanya menjadi penyedia bahan pangan bagi 195.000 lebih masyarakat Kota Salatiga. Namun juga mampu menampung tenaga kerja dan memiliki kontribusi besar dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat dapat menekan angka kemiskinan.

“Memasuki era baru ini, sektor pertanian tidak terbatas pada kegiatan tradisional seperti menanam memupuk dan memanen, tetapi juga dibutuhkan inovasi maupun terobosan baru agar sektor pertanian berjalan semakin optimal. Melalui peluncuran Niansista ini, saya apresiasi kepada Dinas Pertanian Kota Salatiga atas terobosan barunya ini,” kata Yuliyanto.

Walikota Salatiga juga berharap kepada Lurah se Kota Salatiga untuk dapat mengadakan acara serupa demi mengangkat perekonomian di kalangan masyarakat sesuai karakteristik wilayahnya masing-masing. Harapan lain, dii era baru ini masyarakat Salatiga untuk bisa hidup sehat dengan menerapkan perilaku hidup sehat, baik makanan maupun gaya hidupnya. Bahkan, tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Peluncuran “Niansista Millenial” ini ditandai dengan menaburkan benih ikan di kolam alam, kemudian tamu undangan melakukan peninjauan stand-stand yang ada di lokasi kegiatan.

Sedangkan, Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat menyatakan, bahwa Polri khususnya Polres Salatiga ini siap mendukung Program Ketahanan Pangan baik yang dikelola oleh pemerintah maupun masyarakat. Harapannya, masyarakat ke depan mampu dan pandai memanfaatkan waktu berkreasi agar dapat memenuhi kebutuhan hidup. Utamanya, di masa pandemi Covid-19 sekarang ini. Niansista Millenial ini sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk bisa berkolaborasi dengan masyarakat lainnya.(rief)

SHARE

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
KABAR JAWA TENGAH
KABAR NASIONAL
KABAR INTERNASIONAL

KABAR TERKAIT
KABAR TERBARU
10 KABAR POPULER
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp