RASIKAFM.COM

📆 7 July 2022 🇮🇩 🕓 23:36

DPR minta Pemkot Salatiga lakukan deteksi dini monitoring kesehatan warganya

Ketua-DPRD-Kota-Salatiga-Dance-Ishak-Palit-menjenguk-Febri-Sapto-Muatno-36-di-rumahnya-di-Jalan-Pramuka-Rt-Rw-5-Kampung-Krajan-Kelurahan-Salatiga-Kecamatan-Sidorejo-Kota-Salatiga-karena-menderita-kelumpuhan

Ketua DPRD Kota Salatiga Dance Ishak Palit menjenguk Febri Sapto Muatno (36) di rumahnya di Jalan Pramuka Rt 8/Rw 5, Kampung Krajan, Kelurahan Salatiga, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga karena menderita kelumpuhan. (28-2-20) poto istimewa

SALATIGA – Untuk mengantisipasi merebaknya penyakit dikota Salatiga  ketua DPRD Kota Salatiga Dance Ishak Palit meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga melakukan deteksi dini masalah kesehatan di masyarakat.

Penegasan itu  disampaikan Dance usai menjenguk Febri Sapto Muatno (36) di rumahnya di Jalan Pramuka Rt 8/Rw 5, Kampung Krajan, Kelurahan Salatiga, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga karena menderita kelumpuhan.

Ketua DPRD Salatiga  mengatakan intervensi negara dalam mengatasi masalah kesehatan dinilai sangat penting karena bagian dari tanggungjawab pemerintah.

“Saya berharap kedepan tidak ada lagi Febri-febri lain yang sakit sampai belasan tahun dan baru ketahuan setelah ramai diberitakan” ungkap Dance kepada rasikafm.com.
Menurut Dance, tindakan preventif oleh Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga memegang peranan penting dalam menjamin masyarakat hidup sehat dan apabila mengalami sakit mendapat penanganan tepat.

Dilain pihak dirinya mengapresiasi dinas terkait bersama relawan yang turut memberikan perhatian atas masalah Febri. Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Salatiga Rohadi menjelaskan sampai sejauh ini dalam penanganan kesehatan Febri telah dibantu pengurusan BPJS.

“Yang sedang kami usahakan juga alat bantu dengar karena pendengaran juga bermasalah. Lalu kebutuhan hidup logistik kami tanggung,” ujarnya

Orangtua Febri, Taryono (60) mengaku senang banyak pihak memberikan perhatian terhadap kesehatan anaknya.“Febri lumpuh sudah 17 tahun, itu karena jatuh dalam keadaan terduduk. Dia dahulunya ikut jadi pemain band, sempat juga keracunan” ungkap Taryono.

Kepala DKK Siti Zuraidah mengatakan dari hasil investigasi yang bersangkutan mengalami lumpuh layu selama 17 tahun lantaran mengkonsumsi obat jenis kortikosteroid tanpa resep dokter selama 3 tahun lamanya.

“Kasus Febri ini bukan penyakit baru atau langka tetapi karena salah pengobatan. Penderita awalnya jatuh terduduk kemungkinan ada patah di tulang belakang yang mengakibatkan lumpuh pinggang ke bawah,” terangnya Menurut Zuraidah penyebab lain penderita mengalami lumpuh karena tiduran dalam jangka waktu lama sehingga otot-otot mengecil dan sendi menjadi kaku selayaknya kayu.

Ia menambahkan, DKK Salatiga sendiri akan membantu penderita agar mendapatkan perawatan secara medis oleh dokter spesialis syaraf RSUD.

“Yang bersangkutan nantinya akan didampingi kader untuk personal hygiene agar mengurangi dekubitus di kedua kakinya dan difasilitasi oleh Puskesmas Sidorejo Lor,” katanya. Pihaknya menyatakan, penyakit yang diderita Febri termasuk dalam paraplegi extremitas inferior atau kelumpuhan karena terjadi pengeroposan tulang.

Selain penanganan berupa pendampingan dari tenaga medis penderita juga dipastikan memperoleh asupan kebutuhan gizi harian dan pengurusan kartu Indonesia sehat.

“Jadi ini bukan karena ada riwayat mal praktik atau salah diagnosa dokter.Tetapi murni musibah akibat terlalu lama mengkonsumsi obat pereda nyeri tanpa resep dokter. Harusnya obat itu dikonsumsi maksimal 5 hari, bukan sampai jangka tahunan,” jelasnya

(rief)

Tags🏷️

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan

📌 Baca Juga:

📌 Baca Juga:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

📌KABAR TERBARU

📌KABAR TERBARU

Ganjar Siapkan Langkah Operasi Pasar Atasi Inflasi di Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyusun langkah cepat untuk mengatasi inflasi yang terjadi di wilayahnya. Tercatat, Juni 2022 jateng mengalami inflasi 4,97 persen. Salah satunya operasi pasar terhadap penyebab inflasi pada enam daerah yakni di Kota Semarang, Surakarta, Tegal Purwokerto, Kudus dan Cilacap.

Kanjeng Gusti Bhre Temui Ganjar Bahas Pengembangan Keraton Pura Mangkunegaran 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kedatangan tamu istimewa di Rumah Dinas Puri Gedeh, Kamis (7/7/2022) pagi. Tamu istimewa itu adalah Sri Paduka Mangkunegara X,  KGPAA Bhre Cakarahutomo Wira Sudjiwo. Pertemuan tersebut membahas rencana pengembangan Pura Mangkunegaran sebagi salah satu pusat kebudayaan Jawa.

Pedagang Kambing Dadakan, Mengalap Berkah di Tengah Wabah

Sebuah lapak penjualan kambing terlihat di ruas Jalan Ahmad Yani Ungaran, Kabupaten Semarang. Di tenda semi permanen itu terlihat puluhan ekor kambing yang dijual kepada konsumen untuk keperluan kurban saat Hari Raya Idul Adha.

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌RASIKA FEATURE

📌RASIKA FEATURE

📌KABAR POPULER

📌KABAR POPULER

Sejumlah-siswa-Permadani-Tengaran-Angkatan-ke-52-perpoto-bersama-usai-acara-pembukaan
DPC Permadani Tengaran Selenggarakan Purwa Pawiyatan Panatacara Tuwin Pamedhar Sabdha Angkatan/Bregada ke 52
samsul-ridwan
LPAI Jateng Buka Kesempatan Bagi Relawan dan Pegiat Anak Untuk Bergabung
SS-(36),-oknum-guru-pelaku-pencabulan-terhadap-muridnya-tertunduk-lesu-saat-dimintai-keterangan-oleh-penyidik-PPA-Sat-Reskrim-Polres-Semarang,-Rabu
Oknum Guru SD di Ungaran Cabuli Muridnya, Korban Dijebak Disuruh Mengantar KK
SDN-Gunungtumpeng-01,-Suruh,-Kabupaten-Semarang-yang-bakal-dijadikan-lokasi-regrouping-dari-SDN-Gunungtumpeng-02
Cuma Dapat 5 Murid, SDN Gunungtumpeng 02 "Digabung" ke SDN Gunungtumpeng 01
Dua-pemandu-karaoke-pelaku-penganiayaan-terhadap-teman-seprofesinya-diamankan-petugas-Polsek-Bandungan
Tak Terima Diolok-olok, Tiga Pemandu Karaoke Bandungan Bentrok
Pengunjung--santai-menikmati-pemandangan,-sambil-menunggu-mobil-mereka-tengah-dicuci
Kesongo Transit Point, Tempat Wisata Baru di Kabupaten Semarang, Cuci Mobil Sambil Lihat Gunung
Petugas-Gabungan-saat-tertibkan-PKL-di-Pasar-Raya-1-selasa--5-juli-2022
Mengganggu Pengguna Jalan, PKL Seputaran Pasar Raya 1 Salatiga Kembali Ditertibkan
Truck-nahas-yang-menabrak-warung-nasi
Berusaha Menghindari Motor, Sebuah Truck Pengangkut Sepeda Motor Alami Laka di Nobo
Sejumlah-anak-saat-bersihkan-sampah-di-senjoyo
Ajarkan Kebersihan Sejak Dini, Puluhan Anak Asal Salatiga Bersihkan Aliran Senjoyo
Petugas-Satpol-PP-Salatiga-saat-menertibkan-Pedagang-Kaki-Lima
Puluhan PKL Bandel Yang Beroperasi di Taman Pahlawan dan Pasa Raya 1 Ditindak Satpol PP Salatiga
kabar-pln.jpg
error: