RASIKAFM.COM
Edit Content
logo rasika 105.6FM
Jadwal Imsakiyah

Kejar Capaian UHC, BPJS Kesehatan Cabang Ungaran Adakan Rakor Forum Komunikasi Bersama PemKab Kendal

RASIKAFM.COM – Untuk mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) di wilayah Kabupaten Kendal, BPJS Kesehatan Cabang Ungaran mengadakan rapat koordinasi Forum Komunikasi bersama Pemangku Kepentingan Kabupaten Kendal di Ruang Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Senin (04/09).

Forum komunikasi yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal ini bertujuan untuk membahas langkah-langkah yang perlu di tempuh oleh Pemerintah Kabupaten Kendal untuk tercapainya UHC khususnya di wilayah Kabupaten Kendal. Sampai dengan bulan Agustus 2023, capaian cakupan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di wilayah Kabupaten Kendal sudah mencapai 85,09%.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ungaran, Abdul Azis mengatakan, bahwa salah satu kunci tercapainya UHC adalah dibutuhkan sinergi dan kolaborasi yang baik antara BPJS Kesehatan dengan para pemangku kepentingan di Kabupaten Kendal.

Dalam paparannya, Azis memberikan apresiasi kepada Dinas Sosial Kabupaten Kendal atas pencapaiannya dalam penambahan kuota terbanyak sampai dengan bulan Juli 2023 peserta dari segmen penerima bantuan iuran jaminan kesehatan (PBI JK) yaitu sebesar 17.612 jiwa.

“Terimakasih saya ucapkan kepada Dinas Sosial Kabupaten Kendal atas capaiannya dalam penambahan kuota PBI JK ini, saya yakin dengan sinergi dan kolaborasi dari Bapak Ibu para pemangku kepentingan di wilayah Kabupaten

Kendal seperti ini untuk mencapai UHC dalam waktu dekat bukanlah hal yang mustahil,” ujar Azis.
Dirinya juga mengatakan bahwa BPJS Kesehatan Cabang Ungaran telah berupaya untuk meningkatkan capaian peserta di wilayah Kabupaten Kendal.

Salah satu Upaya tersebut adalah dengan melaksanakan layanan BPJS Keliling di Kantor Desa dengan tujuan untuk memberikan pelayanan pendaftaran bagi peserta mandiri. Dengan adanya layanan BPJS Keliling diharapkan masyarakat yang kesulitan untuk mendatangi Kantor BPJS Kesehatan dapat tergerak untuk turut mendaftar sebagai peserta JKN.

Saat ini Azis juga mengatakan akan menggalakan program PESIAR yang baru di-launching oleh BPJS Kesehatan pada bulan Agustus 2023 lalu. Program PESIAR sendiri adalah Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi, dengan adanya program ini diharapkan dapat mendorong para Kepala Desa untuk mensukseskan program JKN, yaitu dengan memberikan sosialisasi pendaftaran program JKN kepada warga di wilayahnya masing-masing.

Sugiono, selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal yang memimpin jalannya rapat koordinasi forum komunikasi tersebut, menyatakan mendukung penuh tercapainya UHC di wilayah Kabupaten Kendal. Dirinya mengatakan dan menghimbau kepada para pemangku kepentingan terkait untuk saling berkoordinasi dan gotong royong demi meratanya penduduk di wilayah Kabupaten Kendal mendapatkan perlindungan jaminan kesehatan dari program JKN ini.

“Mulai hari ini sudah kita petakan hal-hal apa saja yang harus dita tempuh untuk tercapainya UHC di wilayah Kabupaten Kendal. Saya ingin seluruh dinas-dinas terkait yang hari ini hadir dapat bergotong royong dan berkoordinasi untuk mencapai UHC. Saya menghimbau agar kita semua dapat memenuhi kebetuhan-kebutuhan apa saja yang harus kita penuhi dalam mencapai UHC di wilayah Kabupaten Kendal ,” ujar Sugiono.

Pada kesempatan yang sama, Sugiono juga menghimbau kepada Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Kendal untuk berperan aktif dalam menindak badan usaha yang masih belum juga patuh di wilayah Kabupaten Kendal.
Selain itu ia juga menghimbau kepada Dinas Sosial untuk mengisi kuota PBI kepada Pemerintah Pusat, melihat capaian yang telah diraih oleh Dinas Sosial Kabupaten Kendal sampai dengan bulan Agustus 2023 dapat memenuhi kuota terbanyak.

“Untuk pengisian kuota PBI JK, kita dapat memulainya dengan mengajak kepada seluruh Kepala Desa berperan aktif untuk mendaftarkan warganya yang dinilai kurang mampu agar lebih merata penduduk di wilayah Kabupaten Kendal ini mendapatkan haknya menjadi peserta JKN,” ungkap Sugiono. (red/hrs/am)

Tag

TRENDING HARI INI

BACA JUGA

CAPTURE NETIZEN

KABAR POPULER