Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah himbau jangan ada lagi pelanggar tata ruang

By | 02/12/2020
Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Bambang Kusriyanto

Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Bambang Kusriyanto

SEMARANG – Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Bambang Kusriyanto dengan tegas menghimbau agar jangan ada lagi pihak-pihak pelanggar tata ruang yang diberi izin. Pernyataan tegas itu disampaikan Bambang ketika menghadiri Penanaman Pohon dan Konservasi Sumber Mata Air yang di Dusun Krajan, Tengaran, Kabupaten Semarang belum lama ini.

Dengan adanya instruksi itu, dia meminta instansi terkait menutup semua aktivitas yang dinyatakan terbukti telah melanggar ketentuan rencana tata ruang wilayah (RTRW) tanpa kompromi. Bahkan tidak hanya itu, gerakan penanaman pohon juga harus digalakkan, sebab dengan menanam pohon, maka akan mengurangi banyak bencana seperti halnya tanah longsor, kekeringan, dan bencana lainnya.

Sementara dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha menjelaskan, setidaknya ada lebih dari 3.000 bibit tanaman produktif yang ditanam. Sebagian merupakan tanaman langka yang dianggap bisa memulihkan sumber mata air sekaligus berperan sebagai penahan air. Diantaranya ada bibit beringin, asam jawa, trembesi, gayam, duwet, kawista, alpukat dan beberapa tanaman buah lainnya. Instruksi gerakan gotong royong menanam pohon juga disampaikan ke seluruh elemen masyarakat Kabupaten Semarang. Dengan gerakan menanam pohon, pihaknya yakin, nantinya tanah tetap subur dan sumber air terjaga.

.(red)

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *