RASIKAFM.COM

๐Ÿ“† 27 June 2022 ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ ๐Ÿ•“ 5:48 pm

Kunjungi Kampung Jamu, Ganjar Jajal Jamu Corona

Ganjar Pranowo Minum Jamu Corona saat gowes ke Kampung Jamu Wonolopo Mijen Semarang, Sabtu (21/3) – Istimewa

SEMARANG – Berbagai jenis jamu tradisional disajikan secara khusus untuk menyambut kedatangan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat gowes ke Kampung Jamu Wonolopo Mijen Semarang, Sabtu (21/3). Dari sekian banyak jenis jamu itu, ada satu yang menarik perhatian Ganjar, yakni Jamu Corona.

Disebut Jamu Corona, karena diyakini mampu menangkal virus corona. Jamu yang terdiri dari Jahe, Temu Lawak, Kunyit dan Sereh itu langsung diseruput Ganjar usai tiba di lokasi itu. Ganjar juga menjajal jamu lain, salah satunya Wedang Uwuh.

“Niki Jamu Corona pak, bisa menangkal virus corona. Kalau minum ini, badan jadi sehat, hangat dan segar. Kalau badan fit, virus tidak akan masuk tubuh,” kata Titi,60, salah satu pembuat jamu di Kampung Jamu Wonolopo.

Disebut Jamu Corona lanjut Titi, karena saat ini sedang hits soal virus pandemic itu. Beberapa sumber sudah menyebutkan, bahwa Jahe, Temu Lawak, Kunyit dan Sereh bisa menambah imun dan stamina badan. Setelah minum jamu secara rutin dan olahraga, badan menjadi sehat sehingga virus tidak mudah masuk.

“Ini bahannya bisa menangkal virus corona pak, makanya terkenalnya Jamu Corona,” terangnya disambut tawa masyarakat.

Ganjar pun langsung memesan jamu itu. Sambil meminumnya, Ganjar langsung mengacungkan jempol tanda merasakan kenikmatan luar biasa.

“Ini enak, menyehatkan juga. Ini bukan obat corona, tapi bisa menangkal virus corona. Ayo podho ngombe jamu kabeh (ayo semua minum jamu), ben ora keno corona (biar tida kena corona),” ajak Ganjar.

Di Kampung Jamu Wonolopo, hampir sebagian besar masyarakatnya adalah perajin jamu. Di setiap rumah yang ada, masyarakat memproduksi sendiri jamu-jamu tradisional itu, kemudian menjual kepada masyarakat.

Ganjar pun penasaran dengan cara pembuatan jamu itu. Ia langsung masuk ke dapur salah satu pembuat jamu bernama Supriyanto, untuk melihat proses pembuatan itu.

Kepada Ganjar, Supriyanto memberikan informasi tentang pembuatan jamu dan bahan yang digunakan. Satu persatu, ia menerangkan khasiat dari empon-empon atau bumbu dapur yang dipakai membuat jamu itu.

“Jahe ini biar hangat, Temu Lawak bagus untuk stamina. Kalau Kunir Asem ini bagus untuk pencernaan pak, sehingga bagus untuk menurunkan berat badan. Ini juga baik untuk memperlancar haid bagi perempuan. Kalau jamu pahitan ini, untuk badan capek-capek bisa sembuh. Bapak cocok kalau habis sepedaan minum ini,” terang Supriyanto.

Hampir satu jam Ganjar berdialog dengan para perajin jamu dan masyarakat di lokasi itu. Tak pernah lelah, ia selalu mengedukasi masyarakat agar menjaga diri dan keluarga dari penularan virus corona.

“Jaga jarak, jangan dekat-dekat. Yang sakit pakai masker. Jangan lupa rajin cuci tangan pakai sabun ya,” ucap Ganjar.

Ganjar pun meminta masyarakat rajin mengkonsumsi buah dan multivitamin. Tidak perlu membeli dengan harga mahal, sebab semua bahan itu ada di sekeliling masyarakat.

“Seperti di kampung ini, ada banyak jenis jamu yang bisa dikonsumsi. Ini bagus untuk kesehatan, ada buah-buahan juga untuk pengganti vitamin. Mari kita bersama jaga pola hidup bersih dan sehat agar tidak tertular virus corona. Ini serius, masyarakat harus taat pada regulasi dan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah,” pungkasnya.

Tags๐Ÿท๏ธ

Bagikan

๐Ÿ“Œ Baca Juga:

๐Ÿ“Œ Baca Juga:

๐Ÿ“ŒKABAR TERBARU

๐Ÿ“ŒKABAR TERBARU

Ganjar: Satu Pekan Ini 75ribu Vaksin Harus Dihabiskan

Jawa Tengah mendapatkan alokasi vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) sebanyak 75 ribu vaksin. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan agar seluruh vaksin itu dihabiskan dalam waktu sepekan.ย 

Grand Opening Hotel Aruss Semarang, Fasilitas Kini Sudah Beroperasi Penuh

Hotel Aruss Semarang menggelar acara Grand Opening pada hari Minggu (26/6/2022). Hotel yang terletak di Jalan dr. Wahidin No. 116 Jatingaleh, Kecamatan Candisari, Semarang ini awalnya secara bertahap mulai dibuka untuk umum pada 15 Maret 2022 lalu hingga akhirnya beroperasi secara penuh dengan seluruh fasilitas lengkap pada bulan Juni 2022.

Hewan Ternak Terkena PMK Boleh untuk Berkurban, Asal…

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah membeberkan syarat sah hewan kurban saat Hari Raya Iduladha. Hal itu disampaikan seiring mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Diantaranya, jika hewan yang terkena PMK dengan gejala klinis yang berat maka hukumnya tidak boleh dan tidak sah dijadikan hewan kurban.

Cegah PMK Meluas, Dispantan Salatiga Lakukan Check Point Hewan Qurban

Dinas Pangan dan Pertanian (Dispantan) Salatiga membuat check point guna pemeriksaan ternak yang melintas di jalan Sukarno Hatta Noborejo Salatiga, senin 27 juni 2022 pagi. Langkah ini dilakukan untuk menekan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) yang kini mewabah.

Anggota PTBS, Terima Bantuan Becak Listrik Dari Pawarsa

Wiwin mengatakan, becak listrik buatannya terinspirasi saat dirinya menjemput anaknya sekolah. Saat itu, dia melihat seorang berusia lanjut yang terengah-engah mengayuh becak. “Saya merasa kasihan dan tertantang untuk membantu karena di usia tuanya dia masih mencari nafkah,” jelasnya Sabtu (25/6/2022)

Lomba Burung Perkutut, Meriahkan HUT Bhayangkara Polres Salatiga

Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana mengatakan lomba perkutut lokal ini diadakan dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-76 Bhayangkara. “Kita mengapresiasi penyelenggaraan lomba ini karena bisa menyatukan peserta dari berbagai daerah, selain menyalurkan hobi juga menggerakan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

๐Ÿ“Œ INFOGRAFIS ๐Ÿ“ธ

๐Ÿ“Œ INFOGRAFIS ๐Ÿ“ธ

Infogenangan 16/06/2022 ๐Ÿ•“12.30

Laporan Kawan Rasika memantau genangan air sudah mulai terlihat di sekitar Dermaga Samudera 1 area pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Video diatas diambil sekitar pukul 12.00

UpdateLalin 15/06/2022 ๐Ÿ•“07.30

Informasi perbaikan jalan di jalur pantura ruas Juwana – Rembang tepatnya di Batangan kembali berlangsung. Pagi ini terlihat beberapa alat berat di lokasi, ada lajur

UpdateLalin 11/06/2022 ๐Ÿ•“09.35

Dilakukan pengaspalan jalan lokasi sebelum batas kota Ungaran, Mijen, arah Bawen, memakan lajur sebelah kiri. Lalu lintas menyempit mulai sekitar depan UNW.

RasikaUpdate 07/06/2022 ๐Ÿ•“10.50

Selain dilaporkan adanya genangan air di Pantura Genuk arah Semarang, air juga terpantau di Jl. Gebanganom Raya dan Jl. Padi Raya. Air meluap imbas hujan

Wajah Baru Stadion Jatidiri Semarang

Memasuki tahap akhir renovasi, sudah terlihat pada atap tribun barat dan lampu stadion yang sudah terpasang. Hingga kondisi rumput lapangan yang sudah bagus.

UpdateLalin 07/01/2022 ๐Ÿ•“16.10

Tiga genangan air bisa ditemui di jalur Kudus menuju Pati: yaitu di Pura, Terban, dan Gondoharum. Genangan di Gondoharum jangkauannya sekitar 20 meter, dan tinggi

๐Ÿ“Œ KABAR PERISTIWA

๐Ÿ“Œ KABAR PERISTIWA

๐Ÿ“Œ KABAR OLAH RAGA

๐Ÿ“Œ KABAR OLAH RAGA

๐Ÿ“ŒRASIKA FEATURE

๐Ÿ“ŒRASIKA FEATURE

๐Ÿ“ŒKABAR POPULER

๐Ÿ“ŒKABAR POPULER

Sambut-Idul-Adha,-Digdaya-Berikan-Belasan-Ekor-Kambing
Sambut Idul Adha, Digdaya Berikan Belasan Ekor Kambing
Puluhan-Bangkai-Kambing-Ditemukan-di-Aliran-Kali-Serang-Susukan,-Indikasi-PMK-2
Puluhan Bangkai Kambing Ditemukan di Aliran Kali Serang Susukan, Indikasi PMK?
Camat-Tengaran,-bersama-Jito-Pramujito-dan-Kades-Patemon-serta-tamu-undangan-lain-saat-acara-Senam-Bersama
Nol Kasus Covid, Tengaran Gelar Senam Bersama
Dirlantas-Polda-Jateng,-Kombes-Pol-Agus-Suryo-Nugroho
5 Hari Berjalan, Polda Jateng Catat Ribuan Pelanggaran Saat Ops Patuh Candi 2022 Lewat ETLE
Wartawan-peliput-Polres-Salatiga-dan-PJU-Polres-berfoto-sesaat-sebelum-pertandingan-persahabatan
Kemeriahan HUT Bhayangkara, Wartawan Ungguli Polres Salatiga Skor 1-0
Kabidhumas-Polda-Jateng-Tanggapi-Viral-Unggahan-Foto-Tentang-Warga-Sukoharjo-Ditilang-Pakai-ETLE-2
Kabidhumas Polda Jateng Tanggapi Viral Unggahan Foto Tentang Warga Sukoharjo Ditilang Pakai ETLE
Lokasi-check-Point-hewan-Qurban-oleh-Dispantan-Salatiga
Cegah PMK Meluas, Dispantan Salatiga Lakukan Check Point Hewan Qurban
KKN-Unnes-Gelar-Expo-Pasar-Kuliner-dan-Gebyar-Budaya-di-Desa-Wisata-Muncar
KKN Unnes Gelar Expo Pasar Kuliner dan Gebyar Budaya di Desa Wisata Muncar
ganjar-20-6
Waspadai Kenaikan Kasus Covid-19, Ganjar; Kalau Di Keramaian Pakai Masker
AS-Warga-Ledok,-Pelaku-Pembunuhan-Penjual-Kopi-di-Senjoyo-Tertangkap
AS Warga Ledok, Pelaku Pembunuhan Penjual Kopi di Senjoyo Tertangkap
kabar-pln
error: