Edit Content

Rasikafm.com

Katagori Kabar Rasika

Kabar Daerah

Menu

RASIKAFM.COM

Masa Pandemi, Operasi Patuh Candi 2020 Sasar Pelanggar Protokol Kesehatan

Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono mengecek kesiapan personil dalam apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2020 di halaman Mapolres setempat, Kamis (23/7/2020). (Foto/IST)

UNGARAN – Giat jajaran Satuan Lalu Lintas dengan sandi Operasi Patuh Candi 2020 resmi digelar mulai tanggal 23 Juli sampai 5 Agustus 2020. Operasi keselamatan lalu lintas itu bertujuan untuk meningkatkan simpati masyarakat terhadap personil Polri dalam hal ini Polantas dan demi terciptanya situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas serta pendisiplinan masyarakat dalam rangka adaptasi kebiasaan baru (AKB) di masa pandemi.

“Giat ini akan dilaksanakan selama 14 hari dengan melibatkan 98 personil Polri, dibantu rekan-rekan TNI, Dishub, Satpol PP, Kejaksaan dan instansi lain,” jelas Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono usai apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2020 di halaman Mapolres setempat, Kamis (23/7/2020).

Dijelaskan Kapolres, ada yang membedakan antara giat Operasi Patuh Candi tahun ini dengan tahun sebelumnya. Di mana saat ini sedang terjadi wabah Covid-19, sehingga sasaran kegiatan juga berbeda.

“Sasarannya kami akan lakukan tindakan preemtif sebesar 40 persen, preventif 40 persen dan 20 persen sisanya baru kami lakukan penegakan hukum berupa sanksi tilang. Berhubung kita masih berada di tengah pandemi, maka kami utamakan pencegahan dan edukasi lebih dahulu dan selebihnya akan dilakukan teguran, sosialisasi serta ajakan untuk mentaati aturan lalu lintas dengan menggunakan masker, sarung tangan dan physical distancing,” urainya.

Selain sasaran tersebut, pihaknya juga akan melakukan aksi sosial berupa pembagian masker bagi pengendara yang melintas dalam rangka meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

“Kami juga akan bagi-bagi masker kepada masyarakat. Tujuannya mendukung adaptasi kebiasaan baru, harapannya bisa membantu memutus rantai penyebaran Covid-19,” kata Kapolres.

Kapolres menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Semarang untuk bersama-sama mensukseskan pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2020. Tidak hanya kesadaran untuk tertib berlalu lintas, melainkan juga disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Mari sama-sama kita patuhi aturan lalu lintas, siapkan kelengkapan kendaraan baik berupa surat-surat maupun fisik kendaraan dan jangan lupa sama-sama kita cegah terjadinya penyebaran Covid-19 dengan tertib menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data yang dihimpun dari Satlantas Polres Semarang hingga semester I tahun 2020, tercatat telah terjadi 4.179 pelanggaran lalu lintas dengan sanksi tilang sebanyak 3.689 dan 490 teguran. Sementara kecelakaan lalu lintas ada 252 kejadian, dengan korban meninggal dunia sebanyak 55 orang. (win)

TRENDING HARI INI

BACA JUGA

KABAR TERBARU

Pemerintah Siapkan Subsidi Rp7 Triliun untuk 1 Juta Motor Listrik Baru dan Konversi
21 March 2023
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengumumkan anggaran subsidi sebesar Rp7 triliun untuk 1 juta unit motor listrik baru dan konversi selama dua tahun. Insentif sebesar Rp7 juta per unit akan diberikan kepada penerima KUR, BPUM, subsidi upah, dan subsidi listrik 450 VA hingga 900 VA. Subsidi motor...
Lengkapnya »
Kemenkeu Terima 300 Surat Terkait Transaksi Mencurigakan dari PPATK
21 March 2023
Sri Mulyani, Menteri Keuangan Indonesia, menerima 300 surat dari PPATK yang membahas transaksi mencurigakan senilai Rp349 triliun pada 13 Maret 2023. Surat-surat tersebut berisi informasi transaksi keuangan selama periode 2009-2023 yang berkaitan dengan tugas dan fungsi Kemenkeu.
Lengkapnya »
Aktivitas Pelebaran Jalan di Jambu Kopi Eva Masih Berjalan
21 March 2023
#UpdateLalin 21/03/2023 |10.30 | Melihat perkembangan aktivitas pelebaran jalan di wilayah Jambu, Kab. Semarang, sekitar tikungan Kopi Eva arah Temanggung/Magelang. Dilaporkan Kawan Rasika diatas saat ini sudah mulai pengerukan tebing/bukit di sisi jalan, lalu lintas masih buka tutup namun masih padat...
Lengkapnya »
Kementerian Sosial Serahkan Data Penerima Bansos Pangan
21 March 2023
Kementerian Sosial telah menyerahkan data penerima bantuan sosial (bansos) pangan kepada Pemerintah setelah mendapat permintaan. Total ada 21.353.000 penerima bansos yang telah tercatat dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Proses penyaluran bansos pangan diperlukan untuk menekan inflasi yang...
Lengkapnya »
Karnaval Dari Akademi Unissula Melewati Jl. Kaligawe Raya
21 March 2023
#UpdateLalin 21/03/2023 | 09.50 | Ada karnaval melewati Jl. Kaligawe Raya dari rekan-rekan civitas akademika Unissula Semarang pagi ini, terlihat arak-arakan dilakukan di jalur lambat. Kendaraan dialihkan ambil jalur cepat oleh petugas kepolisian, lalu lintas merayap arah Terboyo.
Lengkapnya »

CAPTURE NETIZEN