RASIKAFM.COM

📆 25 September 2022 🇮🇩 🕓 5:12 pm

Masjid Raya Baiturrahman Akan Direnovasi Menyesuaikan Lanskap Simpanglima

Masjid Raya Baiturrahman Semarang (Foto/IST)

SEMARANG – Masjid Raya Baiturrahman Semarang yang berada di kawasan Simpanglima Semarang akan kembali ditata dan direhabilitasi. Penataan dan rehabilitasitersebut tetap akan memperhatikan nilai herritage dan lanskap Simpanglima.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjelaskan, rehabilitasi masjid meliputi bagian interior dan ekterior. Bagian interior tidak akan mengalami banyak perubahan karena itu yang merupakan cagar budaya. Tapi untuk menghilangkan kesan gelap, bagian dalam masjid akan ditambah pencahayaan yang menyorot ke arah plafon berwarna coklat. Bagian dinding juga akan ada sedikit perbaikan dengan mempertahankan herritage-nya.

Sementara untuk bagian eksterior akan ada penambahan plasa yang menggunakan rumput asli bukan sintetis. Plasa itu berada di pintu masuk area masjid dan ditujukan untuk mendukung Lanskap Simpanglima. Lalu ada penggantian pagar besi dengan pagar bunga. Begitu juga dengan menara masjid yang akan diperbaiki total tanpa mengubah struktur asli.

Bangunan penunjang lima sampai enam lantai akan ditambahkan di samping masjid. Bangunan itu akan digunakan sebagai perkantoran termasuk kantor MUI Jawa Tengah dan sekolah. Juga ditambah dua basemen untuk tempat parkir.

Rencananya, penataan dan rehabilitasi Masjid Raya Baiturrahman akan dimulai awal tahun 2021. Ganjar menyebut saat ini masih dalam tahap pematangan dan penyelesaian DED. Penataan dan rehabilitasi Masjid akan memakai anggaran dan dikerjakan langsung di bawah Kementerian PUPR.

Tags🏷️

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan

📌 Baca Juga:

📌 Baca Juga:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

📌KABAR TERBARU

📌KABAR TERBARU

Laka Maut Tol Bawen, Elf Hantam Truk Fuso 5 Orang Tewas

Kecelakaan maut kembali terjadi di ruas tol. Kali ini melibatkan dua unit kendaraan yakni Isuzu Elf berpelat N 7023 YJ dan truk fuso BK 8407 SE di ruas tol Bawen arah ke Semarang, tepatnya di KM 438.500 pada Sabtu (24/9/2022)

Selamat, UKSW jadi PTS Terbaik versi AMSI

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) akhirnya berhasil menjadi pemenang untuk kategori Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam ajang Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jateng Digital Awards 2022.

Sekjen Hasto Konfirmasi Nama Hendi Masuk Usulan PDIP Untuk Pilgub DKI

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengonfirmasi perihal Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi masuk sebagai nama yang akan diusulkan partainya untuk Pilgub DKI 2024. Hal itu disampaikan oleh Hasto di sesi pemberian keterangan pers dalam kegiatan pertemuan kepala daerah PDI Perjuangan, Kamis (22/9).

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌RASIKA FEATURE

📌RASIKA FEATURE

kabar-pln.jpg