RASIKAFM.COM

📆 7 July 2022 🇮🇩 🕓 23:08

Must Basf player ngetop asal Salatiga koleksi ribuan kaset pita sejak SMP

Slamet-Basuki-(44)-menunjukkan-koleksi-ribuan-kaset-pita-musik-rock-di-rumahnya-Jalan-Argo-Tunggal-Nomor-15,-Kelurahan-Ledok,-Kecamatan-Argomulyo,-Kota-Salatiga,-.

Slamet Basuki (44) menunjukkan koleksi ribuan kaset pita musik rock di rumahnya Jalan Argo Tunggal Nomor 15, Kelurahan Ledok, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, .

SALATIGA – Mengoleksi benda atau barang tertentu demi memenuhi kepuasan batin.kini jamak dilakukan oleh sebagian orang yang sudah mapan, seperti mobil antik, motor, lukisan dan keris. Bahkan Tidak jarang di antara mereka juga harus rela mengeluarkan ongkos yang tidak sedikit guna mencapainya. Namun di era digital seperti saat ini ternyata masih ada saja orang yang cinta mengkoleksi kaset pita.

Adalah Slamet Basuki (44) warga Jalan Argo Tunggal Nomor 15, Kelurahan Ledok, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga. Yang kini masih mengkoleksi ribuan kaset pita berbagai jenis aliran musik.

Mas Bas begitu sapaan akrabnya mengakui jika hobinya mengoleksi kaset pita telah berlangsung sejak masih duduk di bangku SMP atau sekira 1992.

Sampai saat ini di rumahnya tersimpan sekira 1.000 lebih keping kaset pita yang didominasi dari genre musik rock metal. Bukan untuk dijual kembali, tetapi lebih sekadar klangenan di kala remaja.

Kepada rasikafm.com Slamet Basuki alias mas bas sang penggemar Dream Theater ini mengaku jika kebanyakan kasetnya ia dapatkan dari salatiga saja namun kadangkala ia kerap berburu sampai keluar kota.

“Semua saya koleksi sejak SMP hasil membeli atau barter di lapak-lapak penjual Taman Sari Shopping Centre (TMSC) Salatiga.” Ungkap pemilik Honda Maestro biru H 7434 GH ini.

“Daripada tukar menukar untuk dapat kaset seri terbaru, kemudian saya koleksi sampai sekarang terbanyak album Metallica,” terangnya kepada rasikafm.com, di rumahnya rabu 27 february sore.

Setiap sebulan berbelanja kaset melalui sejumlah penjual yang banyak menjajakan barang dagangan melalui lapak khusus di media sosial (medsos).

Terkadang, apabila mendapati kesamaan barang yang ditawarkan transaksi dilakukan dengan cara barter.“Semua yang saya koleksi ini jenisnya musik rock metal dari aliran heavy metal, thrash dan grunge populer 1980-1990.”

“Seperti Elpamas, Power Metal, God Bless, Helloween, dan Edane. Sekarang harga kasetnya sejelek-jeleknya di atas Rp 100 ribu per keping,” katanya.

Dikatakannya, alasan mengoleksi barang jadul atau kuno tidak lain untuk memenuhi hasrat personal akan kenangan masa lalu.Meski punya koleksi kaset namun pemilik akun face book MUST BASF ini menolak disebut sebagai seorang kolektor.

Di luar itu, sebagai pendukung profesinya sekarang sebagai pemain organ tunggal dan pengajar seni musik bias menambah referensi jenis instrumental. Mas Bas mengungkapkan, selain membeli atau bertukar barang untuk melengkapi koleksinya dirinya juga turut bergabung dalam berbagai komunitas di Salatiga.

Seperti Komunitas Pecinta Kaset Gulungan (KPKG), hingga komunitas jual beli kaset tape, dan pecinta radio jadul. Dirinya bercerita, seluruh kaset jenis musik rock yang dimilikinya sekarang seluruhnya masih dapat diputar. (rief)

Tags🏷️

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan

📌 Baca Juga:

📌 Baca Juga:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

📌KABAR TERBARU

📌KABAR TERBARU

Ganjar Siapkan Langkah Operasi Pasar Atasi Inflasi di Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyusun langkah cepat untuk mengatasi inflasi yang terjadi di wilayahnya. Tercatat, Juni 2022 jateng mengalami inflasi 4,97 persen. Salah satunya operasi pasar terhadap penyebab inflasi pada enam daerah yakni di Kota Semarang, Surakarta, Tegal Purwokerto, Kudus dan Cilacap.

Kanjeng Gusti Bhre Temui Ganjar Bahas Pengembangan Keraton Pura Mangkunegaran 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kedatangan tamu istimewa di Rumah Dinas Puri Gedeh, Kamis (7/7/2022) pagi. Tamu istimewa itu adalah Sri Paduka Mangkunegara X,  KGPAA Bhre Cakarahutomo Wira Sudjiwo. Pertemuan tersebut membahas rencana pengembangan Pura Mangkunegaran sebagi salah satu pusat kebudayaan Jawa.

Pedagang Kambing Dadakan, Mengalap Berkah di Tengah Wabah

Sebuah lapak penjualan kambing terlihat di ruas Jalan Ahmad Yani Ungaran, Kabupaten Semarang. Di tenda semi permanen itu terlihat puluhan ekor kambing yang dijual kepada konsumen untuk keperluan kurban saat Hari Raya Idul Adha.

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌RASIKA FEATURE

📌RASIKA FEATURE

📌KABAR POPULER

📌KABAR POPULER

Sejumlah-siswa-Permadani-Tengaran-Angkatan-ke-52-perpoto-bersama-usai-acara-pembukaan
DPC Permadani Tengaran Selenggarakan Purwa Pawiyatan Panatacara Tuwin Pamedhar Sabdha Angkatan/Bregada ke 52
samsul-ridwan
LPAI Jateng Buka Kesempatan Bagi Relawan dan Pegiat Anak Untuk Bergabung
SS-(36),-oknum-guru-pelaku-pencabulan-terhadap-muridnya-tertunduk-lesu-saat-dimintai-keterangan-oleh-penyidik-PPA-Sat-Reskrim-Polres-Semarang,-Rabu
Oknum Guru SD di Ungaran Cabuli Muridnya, Korban Dijebak Disuruh Mengantar KK
SDN-Gunungtumpeng-01,-Suruh,-Kabupaten-Semarang-yang-bakal-dijadikan-lokasi-regrouping-dari-SDN-Gunungtumpeng-02
Cuma Dapat 5 Murid, SDN Gunungtumpeng 02 "Digabung" ke SDN Gunungtumpeng 01
Dua-pemandu-karaoke-pelaku-penganiayaan-terhadap-teman-seprofesinya-diamankan-petugas-Polsek-Bandungan
Tak Terima Diolok-olok, Tiga Pemandu Karaoke Bandungan Bentrok
Pengunjung--santai-menikmati-pemandangan,-sambil-menunggu-mobil-mereka-tengah-dicuci
Kesongo Transit Point, Tempat Wisata Baru di Kabupaten Semarang, Cuci Mobil Sambil Lihat Gunung
Petugas-Gabungan-saat-tertibkan-PKL-di-Pasar-Raya-1-selasa--5-juli-2022
Mengganggu Pengguna Jalan, PKL Seputaran Pasar Raya 1 Salatiga Kembali Ditertibkan
Truck-nahas-yang-menabrak-warung-nasi
Berusaha Menghindari Motor, Sebuah Truck Pengangkut Sepeda Motor Alami Laka di Nobo
Sejumlah-anak-saat-bersihkan-sampah-di-senjoyo
Ajarkan Kebersihan Sejak Dini, Puluhan Anak Asal Salatiga Bersihkan Aliran Senjoyo
Petugas-Satpol-PP-Salatiga-saat-menertibkan-Pedagang-Kaki-Lima
Puluhan PKL Bandel Yang Beroperasi di Taman Pahlawan dan Pasa Raya 1 Ditindak Satpol PP Salatiga
kabar-pln.jpg
error: