HOME

Ngalap Berkah, Candi Gedongsongo Disucikan

Ngalap Berkah, Candi Gedongsongo Disucikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on google
Share on pinterest

Peserta ritual membawa “bumbung” berisi air suci yang digunakan untuk membersihkan Candi Gedongsongo, Rabu (11/11/2020). (Foto/win)

UNGARAN – Obyek Wisata Candi Gedongsongo yang berada di kawasan Bandungan, Kabupaten Semarang menjalani ritual pembersihan, Rabu (11/11/2020). Ritual itu dilakukan untuk keberkahan candi dan masyarakat sekitar.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Dewi Pramuningsih menjelaskan, ritual pembersihan Candi Gedongsongo itu memiliki makna membersihkan diri sekaligus introspeksi diri. Selain itu, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan tingkat kunjungan wisata. Sebab, diakuinya selama pandemi target kunjungan wisata mengalami penurunan yang sangat drastis.

Prosesi pembersihan candi itu menggunakan air suci yang bersumber dari tiga mata air, yakni Tedheng, Sumber Bening dan Pethuk. Air itu kemudian didoakan oleh juru kunci baru kemudian secara simbolis diguyurkan ke bangunan candi.




Protokol kesehatan pun dilakukan selama proses pembersihan. Di antaranya yakni memakai face shield maupun masker. Dewi menambahkan, ritual pembersihan Candi Gedongsongo itu merupakan bagian dari Festival Gedongsongo. Festival secara virtual itu diselenggarakan untuk mempromosikan pariwisata di Kabupaten Semarang.

Bupati Semarang, Mundjirin, yang hadir di lokasi mengatakan, selain mempromosikan daya tarik wisata, di festival tersebut juga mempromosikan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Semarang. Tercatat 75 UMKM di Kabupaten Semarang terjaring di festival ini. Artinya Kabupaten Semarang punya potensi pariwisata yang baik. Di antaranya wisata alam, kuliner dan sejarah. (win)

SHARE

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
KABAR JAWA TENGAH
KABAR NASIONAL
KABAR INTERNASIONAL

KABAR TERKAIT
KABAR TERBARU
10 KABAR POPULER
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp