Edit Content

Rasikafm.com

Katagori Kabar Rasika

Kabar Daerah

Menu

RASIKAFM.COM

Orang Tua Siswa Keluhkan Iuran Sekolah Jelang Tahun Ajaran Baru

UNGARAN – Adanya iuran yang ditarik oleh pihak SMPN 5 Ambarawa, Kabupaten Semarang dikeluhkan oleh orang tua siswa. Besaran pungutan tersebut jika diakumulasi mencapai ratusan ribu rupiah. Mereka menganggap besaran pungutan tersebut bakal menambah beban orang tua siswa di tengah situasi seperti saat ini.

Tika (46), salah satu orang tua siswa kelas IX SMPN 5 Ambarawa saat dihubungi Jumat (10/7/2020) mengatakan, menjelang dimulainya tahun ajaran baru 2020/ 2021 setiap siswa kelas IX bakal dipungut Rp 725.000. Adapun rinciannya digunakan untuk membayar buku ujian, foto ijasah, tambahan jam pelajaran, katalog, kenang- kenangan untuk sekolah, biaya wasanawarsa, konsumsi untuk guru penjaga ujian, sewa Genset dan sebagainya.

Baginya pungutan ini sangat membebani, apalagi kejelasan kapan kegiatan belajar tatap muka di sekolah bisa dilaksanakan juga belum ada kepastian. Dia juga mengaku, terkait dengan uang tersebut memang belum dibayarkannya karena baru disampaikan pihak sekolah saat pertemuan dengan orang tua/ wali siswa belum lama ini. Dia juga mempertanyakan jika komponen tersebut bisa dicover oleh bantuan operasional sekolah (BOS), kenapa masih dibebankan kepada orang tua siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disdikbudpora) Kabupaten Semarang, Sukaton Purtomo saat dikonfirmasi mengaku sudah mendengar perihal keluhan beberapa orang tua siswa tersebut. Menurutnya, kondisi di SMPN 5 Ambarawa memang memungkinkan pihak sekolah membebankan sebagian kebutuhan siswa kepada orang tua dengan landasan musyawarah pihak sekolah, komite sekolah serta orang tua/ wali siswa.

Hal itu diperbolehkan mengacu pada Permendikbud Nomor 75 Tahun 2015 tentang Komite Sekolah, dimana meskipun sudah ada dana BOS, jika sekolah tidak bisa mengkover, masih bisa membebankan kepada orang tua sepanjang dilaksanakan melalui landasan musyawarah dan kesepakatan bersama. (win)

TRENDING HARI INI

BACA JUGA

KABAR TERBARU

Pegawai Toko Sembako di Ambarawa Ditusuk Orang Tak Dikenal
23 March 2023
Rohani, warga Desa Sumurup, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang menjadi korban penyerangan oleh orang yang tidak dikenal saat sedang bekerja menjaga sebuah toko sembako di Kelurahan Kupang. Rohani dilarikan ke Rumah Sakit Gunawan Mangunkusumo Ambarawa karena mengalami tusuk pada bagian punggung kanan.
Lengkapnya »
Ratusan Guru SIT Salatiga dan Kabupaten Semarang, Ikuti Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka
23 March 2023
Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Kekhasan SIT di Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga dihadiri oleh ratusan guru Sekolah Islam Terpadu (SIT) selama dua hari. Program ini diinisiasi oleh bidang Penjaminan Mutu Pendidikan JSIT Korda Semarang 2 dengan harapan bahwa seluruh guru SIT mampu mengimplementasikan...
Lengkapnya »
Harga Naik, Pedagang di Salatiga ini Pasrah, Hingga Sortir Cabai yang Mulai Busuk
23 March 2023
Pedagang cabai di Pasar Blauran Salatiga mengeluhkan kenaikan harga cabai yang meroket. Harga cabai yang kini mencapai Rp 60.000 per kilogram membuat pedagang terbebani. Kenaikan harga tersebut disebabkan oleh cuaca ekstrem yang membuat cabai banyak yang rusak. Pedagang pun harus melakukan penyortiran...
Lengkapnya »
Tertangkap Basah Bawa 1001 Butir Pil Yarindu, Warga Pabelan diamankan Polres Salatiga
23 March 2023
Satuan Reserse Narkoba (Resnarkoba) Polres Salatiga telah berhasil menangkap seorang pelaku pengedar narkoba jenis Yarindu. Pelaku berinisial GAW (20) berasal dari Dampyak, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, yang diduga mengedarkan sebanyak 1001 butir pil Yarindu.
Lengkapnya »
Agar Selalu Sehat, Warga Binaan Rutan Salatiga Cek Kesehatan Bakteri Tahan Asam Deteksi Tuberkulosis
23 March 2023
Ratusan Napi atau warga binaan pemasyarakatan Klas II B Salatiga menjalani pemeriksaan kesehatan berkaitan dengan Bakteri Tahan Asam (BTA) untuk mendeteksi penyakit Tuberkulosis. Kepala Rutan Salatiga, Andri Lesmano, menyatakan bahwa pemeriksaan kesehatan ini adalah bentuk pelayanan kesehatan dan pemenuhan...
Lengkapnya »

CAPTURE NETIZEN