RASIKAFM.COM

📆 25 September 2022 🇮🇩 🕓 7:08 pm

Pasca Banjir Ratusan KK di Candirejo Masih Butuh Bantuan

Vita perwakilan Digdaya secara simbolis memberikan bantuan paket beras kepada ketua TP PKK desa Candirejo Anna Hidayati senin 27 april 2020

AMBARAWA – Banjir yang melanda dua Kecamatan di wilayah Kabupaten Semarang, Jumat (24/4/2020) dini hari lalu masih menyisakan kenanggan pahit dan trauma bagi ratusan warga yang terkena musibah.
ditengah warga melawan pandemi Covid 19 ditambah saat ini banyak warga yang siaga karena kondisi keamanan, akibat marak kasus pencurian, warga tiba tiba dikejutkan musibah Banjir akibat meluapnya Rawa Pening.

 

Derasnya aliran Air yang datang menyebabkan ratusan rumah terendam dan mengalami kerusakan. Berdasarkan catatan Sedikitnya tiga desa di Kecamatan Tuntang yakni Candirejo, Sraten, dan Rowosari terendam. Sedangkan di Kecamatan Banyubiru paling parah terjadi di Desa Ngrapah.

“saya Ngeri kalau ingat kejadian banjir malam itu, air tiba-tiba datang dengan deras. Kami tidak siap membawa barang karena air sudah duluan masuk ke dalam rumah, bersyukur kita semua selamat,” ujar Siswanto warga Sraten kepada rasikafm.com

 

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=layffDghTfc[/embedyt]

Sis menambahkan penyebab banjir di wilayahnya akibat tanggul sungai Siblado di perbatasan Desa Jombor jebol cukup panjang. Debit air yang tinggi dan deras dengan cepat masuk ke perkampungan. Penyebab tanggung jebol, diperkirakan karena sungai tidak mampu menampung luapan air hujan. Air sebagian besar berasal dari kawasan Jalan Lingkar Selatan (JLS) Salatiga. Di samping akibat sedimentasi sungai yang cukup tinggi.

Sementara itu pantauan Rasika FM Senin 27 April 2020 didesa Candirejo Tuntang setidaknya terdapat 352 KK yang terdampak banjir cukup parah, bahkan dikampung kumpulrejo, dan dusun klego paling parah terendam air hingga mencapai 1 meter.

Ketua TP PKK desa Candirejo Anna Hidayati mengakui pasca banjir warganya sangat memerlukan bantuan makanan, “beruntung kami sempat mendapatkan bantuan dari BPBD berupa makanan, namun kini kami juga mengharapkan pemberian alat masak seperti panci dan kompor karena banyak yang hilang akibat hanyut terbawa banjir” ujar istri dari kepala desa Candirejo ini.

Anna menambahkan untuk mempercepat pembersihan lingkungan Pihak desa sempat meminta bantuan truck dari Kotamadya Salatiga.

Saat ini sedikitnya 120 KK terkena dampak Banjir di dusun Kumpulrejo Candirejo, didusun itu ketinggian air bahkan mencapai lebih dari 1 meter, masjid juga ikut terendam “Barang barang warga seperti sepeda, TV dan motor ikut terendam dan rusak, beruntung tidak ada korban jiwa” terang Muhamad Arifin kadus Kumpulrejo.

Sementara itu untuk meringgankan beban warga akibat banjir jumat lalu CV Digdaya memberikan 150 paket Beras kepada warga di dusun Kumpulrejo

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=KM_G70NYGDA[/embedyt]

perwakilan Digdaya Vita Fitrianingtyas menjelaskan pihaknya sangat berempati dengan musibah banjir kali ini apalagi datangnya pas Ramadhan.

“semoga apa yang kami berikan bisa membantu beban warga yang sedang terkena musibah” ungkap Vita.

Dalam pemberian bantuan kali ini sedikitnya 150 paket berupa beras @5 kg diberikan langsung kepada warga terdampak banjir (rief)

Tags🏷️

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan

📌 Baca Juga:

📌 Baca Juga:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

📌KABAR TERBARU

📌KABAR TERBARU

Laka Maut Tol Bawen, Elf Hantam Truk Fuso 5 Orang Tewas

Kecelakaan maut kembali terjadi di ruas tol. Kali ini melibatkan dua unit kendaraan yakni Isuzu Elf berpelat N 7023 YJ dan truk fuso BK 8407 SE di ruas tol Bawen arah ke Semarang, tepatnya di KM 438.500 pada Sabtu (24/9/2022)

Selamat, UKSW jadi PTS Terbaik versi AMSI

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) akhirnya berhasil menjadi pemenang untuk kategori Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam ajang Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jateng Digital Awards 2022.

Sekjen Hasto Konfirmasi Nama Hendi Masuk Usulan PDIP Untuk Pilgub DKI

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengonfirmasi perihal Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi masuk sebagai nama yang akan diusulkan partainya untuk Pilgub DKI 2024. Hal itu disampaikan oleh Hasto di sesi pemberian keterangan pers dalam kegiatan pertemuan kepala daerah PDI Perjuangan, Kamis (22/9).

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌RASIKA FEATURE

📌RASIKA FEATURE

kabar-pln.jpg