HOME

Pastikan Mutu Sembako JPS Pemdes Kadirejo Gandeng Bumdes Jaya Mandiri Dalam Rangka Penyaluran Bantuan

Pastikan Mutu Sembako JPS Pemdes Kadirejo Gandeng Bumdes Jaya Mandiri Dalam Rangka Penyaluran Bantuan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on google
Share on pinterest

Kades Kadirejo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang Riyadi saat memeriksa beras yang akan disalurkan kepada warga penerima bantuan jaring pengaman sosial COVID-19, Sabtu (12/12/2020). Foto/arief syarifudin

RASIKAFM – Sedikitnya 270 kepala keluarga di desa Kadirejo Pabelan menerima manfaat program penyaluran paket sembako tahap ke 6 dari Propinsi Jateng. Dalam penyaluran kali ini Pemdes Kadirejo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang memberdayakan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ada di desa tersebut dalam penyaluran bantuan jaring pengaman sosial (JPS) dari Provinsi Jawa Tengah. Bahan kebutuhan pokok masyarakat untuk bantuan sosial tersebut dibeli dari pelaku UMKM melalui Bumdes Jaya Mandiri.

Langkah ini dilakukan untuk mengangkat UMKM yang saat ini sedang lesu dan menggeliatkan roda perekonomian di Desa Kadirejo yang terpuruk akibat pandemi COVID-19. “Selain untuk membantu warga terdampak pandemi COVID-19, bantuan sosial dari Pemerintah Provinsi Jateng ini, juga kami manfaatkan untuk mengangkat UMKM. Jadi sebagian bahan untuk bantuan seperti beras, lauk pauk dan kardus untuk bungkus, kami beli dari warga. Lauk pauk yang produksi warga antara lain bandeng presto, keripik tumpi dan lainnya,” kata Kades Kadirejo, Riyadi, Sabtu (12/12/2020).

Dia mengatakan, sejak pandemi COVID-19, sektor UMKM lesu. Ini berpengaruh pada perekonomian warga. “Alhamdulillah, ada bantuan jaring pengaman sosial. Sehingga warga bisa terbantu sekaligus bisa untuk mengangkat UMKM yang sedang terpuruk,” ujarnya.




Dia menjelaskan, jumlah penerima bantuan jaring pengaman sosial dampak pandemi COVID-19 dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di Desa Kadirejo sebanyak 270 keluarga penerima manfaat. Masing-masing keluarga penerima manfaat menerima bantuan sosial dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebanyak enam kali.

“Bantuan diberikan dalam bentuk paket sembako senilai Rp200.000 per paket. Bantuan yang disalurkan pada hari ini, merupakan bantuan yang ke enam. Penyaluran bantuan di kelola oleh Bumdes Jaya Mandiri Kadirejo,” terangnya.

Dia berharap, tahun depan pemerintah masih menggelontorkan bantuan sosial bagi warga yang terdampak pandemi COVID-19. Sebab sampai saat ini, pandemi COVID-19 belum berakhir dan dimungkinkan dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan masih dirasakan oleh warga.

“Ya kami berharap, sebelum perekonomian warga pulih, masih ada bantuan jaring pengaman sosial dari pemerintah,” ucapnya

Sementara itu camat Pabelan Habib Sholeh yang hadir saat penyerahan JPS sembako propinsi dibalai desa Kadirejo mengaku bangga karena pihak desa bisa memberdayakan Bumdesnya untuk penyediaan barang yang akan dibagi kepada warganya. “harapan saya sembako yang dibagikan merupakan produk UMKM dan melibatkan Bumdes sehingga bisa memberdayakan masyarakat” tutur Habib. (rief)

SHARE

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
KABAR JAWA TENGAH
KABAR NASIONAL
KABAR INTERNASIONAL

KABAR TERKAIT
KABAR TERBARU
10 KABAR POPULER
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp