RASIKAFM.COM

๐Ÿ“† 29 June 2022 ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ ๐Ÿ•“ 22:37

Penurunan Muka Tanah di Pesisir Pekalongan Capai 20 Cm Pertahun

Rob Pekalongan, Foto:/IST

PEKALONGAN – Faktor utama pemicu rob, di wilayah pesisir Pekalongan yakni landsubsidence atau penurunan muka tanah. Dimana penurunan muka tanah di pesisir Pekalongan cukup tinggi, yakni sekitar 20 cm pertahun. Hal ini disebabkan oleh pengambilan air muka tanah yang tidak terkendali. Di sisi lain, akademisi menilai pembangunan tanggul penahan rob bukan solusi utama untuk mengatasi rob di pesisir Pekalongan.

 

Heri Andreas, peneliti dari ITB menjelaskan, penurunan muka tanah yang terjadi di Pekalongan diperkirakan yang terbesar, karena adanya pembangunan hotel, rumah sakit, dan kantor yang masih menggunakan sumur bor dan pamsimas.

Andreas memaparkan, pada tahun 2020 ini sekitar 7.771 rumah terdampak banjir rob, dan diperkirakan 29.808 rumah akan terdampak pada dekade mendatang. Potensi kerugian ekonomi saat ini diperkirakan mencapai Rp3,7 triliun, dan diperkirakan dapat mencapai Rp8,5 triliun pada dekade mendatang. Menurutnya, untuk mengatasi rob pembangunan tanggul bukanlah solusi utama. Namun pengambilan air muka tanah harus dikendalikan. Serta upaya alternatif lainnya adalah dengan merelokasi warga ke tempat yang aman.

Tags๐Ÿท๏ธ

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan

๐Ÿ“Œ Baca Juga:

๐Ÿ“Œ Baca Juga:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

๐Ÿ“ŒKABAR TERBARU

๐Ÿ“ŒKABAR TERBARU

Jelang Idul Adha, Belasan PSK Diamankan Satpol PP Semarang

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang mengamankan belasan pekerja seks komersial (PSK) pada operasi cipta kondisi menjelang Idul Adha Selasa (28/6/2022) malam. 17 PSK yang ditangkap itu juga karena adanya aduan dari masyarakat.

89 Calhaj Kloter 37 Asal Salatiga Diberangkatkan

Puluhan jemaah calon haji asal Kota Salatiga diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali, (28/6/2022). Pemberangkatan jemaah yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 37, didampingi Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng Noegroho Rachmadi.

๐Ÿ“Œ INFOGRAFIS ๐Ÿ“ธ

๐Ÿ“Œ INFOGRAFIS ๐Ÿ“ธ

๐Ÿ“Œ KABAR PERISTIWA

๐Ÿ“Œ KABAR PERISTIWA

๐Ÿ“Œ KABAR OLAH RAGA

๐Ÿ“Œ KABAR OLAH RAGA

๐Ÿ“ŒRASIKA FEATURE

๐Ÿ“ŒRASIKA FEATURE

๐Ÿ“ŒKABAR POPULER

๐Ÿ“ŒKABAR POPULER

kabar-pln.jpg