RASIKAFM.COM

📆 27 June 2022 🇮🇩 🕓 6:07 am

Persiapan New Normal, Ponpes Edi Mancoro Siapkan Ruang Karantina Mandiri

Ratusan santri dari berbagai pondok pesantren tiba di Stadion Pandanaran, Wujil, Kabupaten Semarang, beberapa waktu lalu. (Dok. Diskominfo Kabupaten Semarang)

UNGARAN – Berbagai sektor di Kabupaten Semarang tengah menyiapkan langkah-langkah dalam rangka menuju fase Normal Baru. Mulai dari sektor ekonomi, pariwisata, peribadatan hingga pendidikan, baik formal maupun lingkungan pondok pesantren.

 

“Kami normatif saja, tetap sesuai protokol kesehatan. Santri yang ingin kembali ke pondok harus membawa surat keterangan sehat, dicek suhu badannya dan sebagainya,” ungkap KH. Muhammad Hanif, pengasuh pondok pesantren (ponpes) Edi Mancoro, Desa Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang saat dihubungi, Selasa (9/6/2020).

Dijelaskan oleh Gus Hanif (sapaan akrab KH. Muhammad Hanif), selain menerapkan protokol kesehatan, santri yang ingin kembali ke pondok juga diwajibkan diantar oleh wali santri menggunakan kendaraan pribadi.

“Santri wajib diantar orang tuanya tidak dengan kendaraan umum. Sampai sini (ponpes) juga dicek suhu tubuhnya, mandi, ganti pakaian dan segera jalani isolasi mandiri selama 10 sampai 14 hari,” ungkapnya.

Khusus bagi santri yang kemarin dipulangkan akibat pandemi Covid-19, pihaknya juga telah menyiapkan ruang karantina mandiri.

“Total ada 330 santri, tapi kemarin yang pulang sekitar 300-an. Sisanya tetap tinggal di pondok. Bagi mereka yang kemarin pulang dan ingin kembali ke pondok, kami wajibkan karantina mandiri. Ada 8 ruang yang kami siapkan dan maksimal diisi 3 orang saja,” urainya.

Saat ini, lanjut Gus Hanif, ratusan santri tersebut telah kembali ke ponpes per tanggal 8 Juni 2020 secara bertahap. Hal itu agar ruang karantina yang disiapkan mencukupi saat ditempati santri yang menjalani isolasi mandiri.

“Secara bertahap para santri telah kembali ke pondok sejak tanggal 8 Juni kemarin. Misalnya tahap pertama kemarin 25 santri, berikutnya 25 lagi, begitu seterusnya sampai lengkap. Maksudnya agar kamar isolasi mencukupi,” terangnya.

Meski demikian, santri yang berasal dari luar Jawa Tengah belum dibolehkan kembali ke lingkungan ponpes. Terutama mereka yang berasal dari zona merah.

“Santri kami berasal dari banyak daerah. Ada yang dari luar Jawa seperti Jambi, Palembang, Bangka Belitung. Jawa Timur, Jabodetabek juga banyak. Khusus mereka yang dari luar Jateng belum boleh kembali ke pondok dulu. Terlebih dari luar Jawa karena pasti menggunakan transportasi umum, pesawat misalnya”, jelasnya.

Lebih lanjut ditambahkan oleh Gus Hanif, ke depan pihaknya akan mengevaluasi secara bertahap terkait penerapan fase Normal Baru di lingkungan ponpes Edi Mancoro. Saat ini, beberapa kegiatan sudah berjalan, seperti setoran hafalan Alquran.

“Tentunya kami akan evuasi bertahap tentang bagaimana teknis kegiatan yang ada di lingkungan pondok. Misalnya pelaksanaan kajian. Untuk saat ini kegiatan yang sudah berjalan seperti biasa adalah setoran hafalan quran (sorogan) dengan tatap muka langsung. Itu relatif aman karena santri tidak terlalu banyak dan jaraknya tidak berdekatan,” tandasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang, Gunawan Wibisono menjelaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan berkoordinasi dengan seluruh pengurus pondok pesantren di Kabupaten Semarang terkait persiapan Normal Baru tersebut.

“Tentunya kami akan menerapkan protokol kesehatan yang sama di lingkungan ponpes. Selanjutnya Dinas Kesehatan melalui puskesmas setempat juga akan melakukan supervisi di lingkungan pondok tentang bagaimana kesiapannya,” ungkapnya. (win)

Tags🏷️

Bagikan

📌 Baca Juga:

📌 Baca Juga:

📌KABAR TERBARU

📌KABAR TERBARU

Gelar Wisuda Luring, UKSW Lepas 559 Lulusan

Setelah genap dua tahun gelaran wisuda Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) diselenggarakan secara online (daring) akibat pandemi Covid-19, Sabtu (25/06/2022) upacara wisuda UKSW kembali diselenggarakan secara onsite (luring).

Zona Hijau, Dua Wilayah Kabupaten Semarang Jadi Prioritas Vaksinasi PMK

Dua wilayah kecamatan di Kabupaten Semarang yakni Ungaran Timur dan Jambu masuk ke dalam zona hijau penyebaran kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Artinya, kedua wilayah tersebut menjadi prioritas vaksinasi PMK yang akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

Nol Kasus Covid, Tengaran Gelar Senam Bersama

Seiring meredanya pandemi Covid-19 di Kabupaten Semarang. Kegiatan-kegiatan yang melibatkan orang banyak kembali di gelar. Salah satunya agenda rutin senam bersama yang diinisiasi oleh pemerintah Kecamatan Tengaran. Kegiatan senam bersama ini bukan untuk pertama kalinya dilaksanakan.

Cegah PMK Meluas, Dispantan Mulai Vaksinasi Sapi dan Kerbau

Dispantan kota Salatiga mulai melakukan Vaksinasi hewan ternak sapi dan kerbau Jumat (24/6/2022). Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispantan) Kota Salatiga, Henny Mulyani mengatakan Kota Salatiga termasuk satu dari depalan Kota/Kabupaten yang mendapat vaksin darurat.

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 INFOGRAFIS 📸

Infogenangan 16/06/2022 🕓12.30

Laporan Kawan Rasika memantau genangan air sudah mulai terlihat di sekitar Dermaga Samudera 1 area pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Video diatas diambil sekitar pukul 12.00

UpdateLalin 15/06/2022 🕓07.30

Informasi perbaikan jalan di jalur pantura ruas Juwana – Rembang tepatnya di Batangan kembali berlangsung. Pagi ini terlihat beberapa alat berat di lokasi, ada lajur

UpdateLalin 11/06/2022 🕓09.35

Dilakukan pengaspalan jalan lokasi sebelum batas kota Ungaran, Mijen, arah Bawen, memakan lajur sebelah kiri. Lalu lintas menyempit mulai sekitar depan UNW.

RasikaUpdate 07/06/2022 🕓10.50

Selain dilaporkan adanya genangan air di Pantura Genuk arah Semarang, air juga terpantau di Jl. Gebanganom Raya dan Jl. Padi Raya. Air meluap imbas hujan

UpdateLalin 06/06/2022 🕓13.15

Lalu lintas merayap di Gombel Lama, Semarang, imbas pengaspalan jalan lokasi di titik perbaikan gorong-gorong sebelum underpass Jatingaleh.

UpdateLalin 03/06/2022 🕓12.40

Dilaporkan di Karangawen juga dilaporkan perbaikan jalan memakan satu jalur. Informasi jalan dikeruk untuk kemudian dilakukan pengecoran.

Wajah Baru Stadion Jatidiri Semarang

Memasuki tahap akhir renovasi, sudah terlihat pada atap tribun barat dan lampu stadion yang sudah terpasang. Hingga kondisi rumput lapangan yang sudah bagus.

UpdateLalin 07/01/2022 🕓16.10

Tiga genangan air bisa ditemui di jalur Kudus menuju Pati: yaitu di Pura, Terban, dan Gondoharum. Genangan di Gondoharum jangkauannya sekitar 20 meter, dan tinggi

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌RASIKA FEATURE

📌RASIKA FEATURE

📌KABAR POPULER

📌KABAR POPULER

Sambut-Idul-Adha,-Digdaya-Berikan-Belasan-Ekor-Kambing
Sambut Idul Adha, Digdaya Berikan Belasan Ekor Kambing
Puluhan-Bangkai-Kambing-Ditemukan-di-Aliran-Kali-Serang-Susukan,-Indikasi-PMK-2
Puluhan Bangkai Kambing Ditemukan di Aliran Kali Serang Susukan, Indikasi PMK?
Camat-Tengaran,-bersama-Jito-Pramujito-dan-Kades-Patemon-serta-tamu-undangan-lain-saat-acara-Senam-Bersama
Nol Kasus Covid, Tengaran Gelar Senam Bersama
Dirlantas-Polda-Jateng,-Kombes-Pol-Agus-Suryo-Nugroho
5 Hari Berjalan, Polda Jateng Catat Ribuan Pelanggaran Saat Ops Patuh Candi 2022 Lewat ETLE
Wartawan-peliput-Polres-Salatiga-dan-PJU-Polres-berfoto-sesaat-sebelum-pertandingan-persahabatan
Kemeriahan HUT Bhayangkara, Wartawan Ungguli Polres Salatiga Skor 1-0
Kabidhumas-Polda-Jateng-Tanggapi-Viral-Unggahan-Foto-Tentang-Warga-Sukoharjo-Ditilang-Pakai-ETLE-2
Kabidhumas Polda Jateng Tanggapi Viral Unggahan Foto Tentang Warga Sukoharjo Ditilang Pakai ETLE
ganjar-20-6
Waspadai Kenaikan Kasus Covid-19, Ganjar; Kalau Di Keramaian Pakai Masker
AS-Warga-Ledok,-Pelaku-Pembunuhan-Penjual-Kopi-di-Senjoyo-Tertangkap
AS Warga Ledok, Pelaku Pembunuhan Penjual Kopi di Senjoyo Tertangkap
Petugas-menyemprot-kandang-sapi-komunal-milik-CV-Bangkit-Sukses-Mandiri-di-kawasan-Gogik,-Ungaran-Barat-menggunakan-cairan-disinfektan-sebagai-upaya-antisipasi-terhadap-PMK-pada-hewan-ternak
Jateng Surplus Hewan Kurban
Kapolres-Semarang-AKBP-Yovan-Fatika
Bangkai Kambing Dibuang di Sungai Serang, Polisi Dapatkan Petunjuk Penting
kabar-pln
error: