RASIKAFM.COM

๐Ÿ“† 25 September 2022 ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ ๐Ÿ•“ 7:30 pm

Puncak Hujan Februari – Maret, BPBD Kabupaten Semarang Siagakan Posko Bencana 24 Jam

Bupati-Semarang-didampingi-Kalakhar-BPBD-Kabupaten-Semarang-saat-mengecek-peralatan-penanggulangan-bencana-usai-apel-siaga-bencana-belum-lama-ini

Bupati Semarang didampingi Kalakhar BPBD Kabupaten Semarang saat mengecek peralatan penanggulangan bencana usai apel siaga bencana belum lama ini. (foto: win)

UNGARAN – Sesuai informasi yang didapat dari BMKG, puncak musim hujan diprediksi akan berlangsung pada Februari hingga Maret 2020. Sejalan dengan itu, wilayah Kabupaten Semarang memiliki potensi bencana alam yang cukup tinggi, terutama tanah longsor dan angin puting beliung. Meski bencana tersebut tidak diharapkan, BPBD Kabupaten Semarang menghimbau semuanya tetap siap siaga dan selalu waspada karena sewaktu-waktu hal itu bisa terjadi.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kabupaten Semarang, Heru Subroto menuturkan, pihaknya telah menyiapkan posko siaga 24 jam lengkap dengan personel dan sarana prasarana penunjang. Berbicara wilayah kecamatan yang berpotensi terjadi bencana ketika musim hujan, atau ancaman tanah longsor dan banjir meliputi Kecamatan Banyubiru, Sumowono, Bandungan, dan Kecamatan Ungaran Timur.

โ€œPartisipasi dari OPD yang kita harapkan, sambil berjalan ketika ada bencana akan kami koordinasikan. Hingga pertengahan Februari 2020, ada lebih dari 30 kejadian bencana didominasi tanah longsor dan angin ribut,โ€ ungkapnya.

Berkaitan dengan peningkatan kapasitas personel Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Semarang, pihaknya setiap tahun terus mengirimkan delegasi untuk mengikuti pelatihan. Namun demikian, ia menekankan, kemampuan yang sama mestinya harus dimiliki oleh personel di setiap OPD. โ€œPerlu penegasan, bahwa penanggulangan bencana alam bukan hanya tugas pemerintah daerah, TNI, Polri, dan SAR melainkan kita semua harus sadar bahwa tanggap bencana merupakan panggilan kemanusiaan, yang menjadi tanggungjawab bersama,โ€ ungkapnya.

Saat ini di Kabupaten Semarang banyak potensi relawan yang tersebar di seluruh wilayah. Semua informasi, sudah terkoordinir melalui layanan pesan whatsapp BPBD sehingga satu sama lain bisa saling memantau dan berkoordinasi ketika di suatu tempat terjadi bencana. โ€œBisa melalui latihan, simulasi penanganan bencana bersama atau gabungan. Sehingga mereka atau tiap OPD bakal paham tugasnya apa, misalnya tugas klaster kesehatan, pendidikan, dan klaster sosial harus berbuat apa,โ€ tandasnya.

(win)

Tags๐Ÿท๏ธ

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan

๐Ÿ“Œ Baca Juga:

๐Ÿ“Œ Baca Juga:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

๐Ÿ“ŒKABAR TERBARU

๐Ÿ“ŒKABAR TERBARU

Laka Maut Tol Bawen, Elf Hantam Truk Fuso 5 Orang Tewas

Kecelakaan maut kembali terjadi di ruas tol. Kali ini melibatkan dua unit kendaraan yakni Isuzu Elf berpelat N 7023 YJ dan truk fuso BK 8407 SE di ruas tol Bawen arah ke Semarang, tepatnya di KM 438.500 pada Sabtu (24/9/2022)

Selamat, UKSW jadi PTS Terbaik versi AMSI

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) akhirnya berhasil menjadi pemenang untuk kategori Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam ajang Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jateng Digital Awards 2022.

Sekjen Hasto Konfirmasi Nama Hendi Masuk Usulan PDIP Untuk Pilgub DKI

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengonfirmasi perihal Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi masuk sebagai nama yang akan diusulkan partainya untuk Pilgub DKI 2024. Hal itu disampaikan oleh Hasto di sesi pemberian keterangan pers dalam kegiatan pertemuan kepala daerah PDI Perjuangan, Kamis (22/9).

๐Ÿ“Œ INFOGRAFIS ๐Ÿ“ธ

๐Ÿ“Œ INFOGRAFIS ๐Ÿ“ธ

๐Ÿ“Œ KABAR PERISTIWA

๐Ÿ“Œ KABAR PERISTIWA

๐Ÿ“Œ KABAR OLAH RAGA

๐Ÿ“Œ KABAR OLAH RAGA

๐Ÿ“ŒRASIKA FEATURE

๐Ÿ“ŒRASIKA FEATURE

kabar-pln.jpg