PVMBG uji tanah di Karanganyar

By | 02/11/2020

KARANGANYAR – Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG), telah menyampaikan hasil uji tanah kepada Pemkab Karanganyar melalui BPBD.

Sebelumnya,tim dari PVMBG telah melakukan uji tanah di tiga lokasi yang rawan pergerakan tanah.Tiga lokasi tersebut yakni Dusun Dederan Desa Nglegok dan Dusun Potrojalu Desa Girimulyo Kecamatan Ngargoyoso serta Dusun Guntur Desa Menjing Kecamatan Jenawi. Untuk wilayah Dusun Dederan Desa Nglegok, PVMBG menyarankan untuk membuat jarak antara bangunan dengan lereng yang tergerus dilengkapi penguat.

Pondasi penguat harus mencapai dasar dan memiliki daya dukung kuat guna menahan bangunan. Selain itu antisipasi longsor susulan, PVMBG menyarankan untuk melandaikan lereng yang longsor.Mengarahkan aliran air permukaan menjauh dari lahan yang retak dan membuat dinding penahan tebing.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Karanganyar, Bambang Djatmiko mengatakan, pihaknya telah mempelajari dan menerima hasil uji tanah yang dilakukan PVMBG di tiga lokasi beberapa waktu lalu.Akan tetapi tindakan untuk penanganan adanya pergerakan tanah di tiga lokasi tersebut belum bisa dilakukan. Pasalnya hasil tersebut harus disampikan kepada Bupati BNPB dan BPBD Jateng terlebih dahulu.

.(red)

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *