RASIKAFM.COM

๐Ÿ“† 05/12/2022 ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ ๐Ÿ•“ 18:43

Renovasi Makam, Warga Baran Kauman Temukan Reruntuhan Bangunan Kuno

Seorang warga tengah menunjukkan batuan kuno yang diduga merupakan struktur bangunan di era klasik tua di komplek makam Ki Bagus Gunung, Baran Kauman, Ambarawa, Kabupaten Semarang. (win)

UNGARAN – Reruntuhan struktur bangunan kuno ditemukan oleh warga Baran Kauman, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang di komplek makam Ki Bagus Gunung. Batuan kuno yang diduga menjadi bagian dari sebuah bangunan itu ditemukan saat warga membongkar makam.

 

Tri Subekso Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Semarang saat di lokasi penemuan menjelaskan, batuan tersebut diprediksi berasal dari abad 8 hingga 10 masehi jika dilihat dari corak dan ragam hiasnya. Tri mengatakan ornamen arkeologi tersebut termasuk dari zaman periode klasik tua.

Dari literatur catatan zaman Belanda tentang kepurbakalaan residen Semarang, ada temuan benda purbakala itu sudah ada ditulis tahun 1914 merujuk dari catatan tahun 1890-an. Lebih lanjut, temuan batuan kuno tersebut akan menjadi informasi yang menarik untuk literasi kepurbakalaan Kabupaten Semarang.

Sementara salah seorang warga, Turmudi mengatakan total ada 13 batu yang berhasil diangkat dari kedalaman sekira 25 cm. Sebelum penemuan yang sekarang ini, sudah ada tujuh batu yang ditemukan warga. Kawasan makam kuno Ki Bagus Gunung ini memang dikeramatkan oleh warga, sehingga kerap digunakan untuk berziarah orang dari berbagai daerah. (win)

Tags๐Ÿท๏ธ

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan

๐Ÿ“Œ Baca Juga:

๐Ÿ“Œ Baca Juga:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

๐Ÿ“ŒKABAR TERBARU

๐Ÿ“ŒKABAR TERBARU

Satu Bus Rombongan Semarang-Magetan Tiba di Manyaran

Satu dari dua bus rombongan Semarang-Magetan tiba di RT 5 RW 2, Kelurahan Manyaran, Kecamatan Semarang Barat, Minggu (4/12/2022). Bus 2 bernomor polisi H-1469-AG ini tiba di Jalan Gedongsongo Raya, Kelurahan Manyaran, Kecamatan Semarang Barat pukul 20.30 WIB.

๐Ÿ“Œ INFOGRAFIS ๐Ÿ“ธ

๐Ÿ“Œ INFOGRAFIS ๐Ÿ“ธ

๐Ÿ“Œ KABAR PERISTIWA

๐Ÿ“Œ KABAR PERISTIWA

๐Ÿ“Œ KABAR OLAH RAGA

๐Ÿ“Œ KABAR OLAH RAGA

๐Ÿ“ŒRASIKA FEATURE

๐Ÿ“ŒRASIKA FEATURE

kabar-pln_image
error: .