RASIKAFM.COM

📆 25 June 2022 🇮🇩 🕓 5:41 am

Sempat Ditutup 5 Hari, Kini Pasar Pagi Salatiga Dibuka Lagi, Pedagang Wajib Pakai Face Shield

SALATIGA – Setelah libur beberapa hari, Pasar Pagi Salatiga kembali dibuka dan beroperasi . Selanjutnya, kegiatan di Pasar Pagi akan dilakukan penataan dan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat. selain menerapkan protokol kesehatan seperti phsycal distancing dan social distancing pedagang juga diwajibkan memakai pelindung wajah (face shield).

 

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Salatiga, Kusumo Aji, mengatakan protokol kesehatan yang diterapkan di Pasar Pagi itu antara lain pembatasan jarak dan penggunaan masker. Selain itu, pihaknya juga mewajibkan pedagang menggunakan face shield atau pelindung muka.

“Face shield untuk pedagang telah kita sediakan dan sudah didistribusikan sekitar 800 unit. Face shield itu wajib dipakai saat melayani pembeli. Kalau tidak menaati, kita larang berjualan,” ujar Aji saat dihubungi wartawan Kamis (28/5/2020).

Selain pedagang, protokol kesehatan juga diterapkan pada para pengunjung. Setiap pengunjung yang datang ke Pasar Pagi harus mengenakan masker dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti cuci tangan.

“Kita juga siapkan petugas dari Satpol PP untuk berjaga di area pasar. Kalau ada pengunjung maupun pedagang yang melanggar, petugas akan langsung meminta pulang. Itu protokol wajib dipatuhi, dalam rangka mencegah persebaran virus corona,” tutur Aji.

Selain mewajibkan pendagang dan pengunjung menerapkan protokol kesehatan, Pemkot Salatiga rencana juga akan menggelar rapid test di Pasar Pagi, Jumat nanti. Jika ditemukan adanya pedagang reaktif dalam tes rapid tersebut, Pemkot Salatiga pun akan langsung melakukan penanganan seperti sterilisasi area.

“Kita sudah berkomunikasi dengan DKK [Dinas Kesehatan Kota Salatiga] untuk menggelar rapid test besok,” imbuh Aji.

Physical Distancing di Pasar

Pasar Pagi Salatiga sebelumnya sempat menyita perhatian di media sosial. Hal itu menyusul penerapan pembatasan jarak di pasar tersebut yang terbilang berhasil. Penerapan pembatasan jarak di Pasar Pagi Salatiga itu bahkan mendapat pujian dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena dianggap berhasil menerapkan physical distancing dalam mengantisipasi penularan virus corona atau Covid-19.

Meski demikian, pasar tersebut harus ditutup sementara selama lima hari, mulai 24-28 Mei 2020. Penutupan itu menyusul ditemukannya satu pedagang yang positif Covid-19. Pedagang tersebut merupakan perempuan berusia 60 tahun, warga Kabupaten Semarang.

“Sebenarnya kita tutup sementara bukan karena ada yang positif Covid-19, tapi untuk rehat sejenak. Kan, pedagang maupun petugas butuh istirahat sejenak. Apalagi bertepatan dengan momen Lebaran,” kilah Aji.

Tags🏷️

Bagikan

📌 Baca Juga:

📌 Baca Juga:

📌KABAR TERBARU

📌KABAR TERBARU

Cegah PMK Meluas, Dispantan Mulai Vaksinasi Sapi dan Kerbau

Dispantan kota Salatiga mulai melakukan Vaksinasi hewan ternak sapi dan kerbau Jumat (24/6/2022). Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispantan) Kota Salatiga, Henny Mulyani mengatakan Kota Salatiga termasuk satu dari depalan Kota/Kabupaten yang mendapat vaksin darurat.

Jateng Dapat 75.500 Dosis Tambahan Vaksin PMK

Setelah sebelumnya menerima 1.500 dosis vaksin PMK, Provinsi Jawa Tengah kembali mendapatkan alokasi vaksin untuk penyakit kuku dan mulut, Kamis (23/6/2022). Sebanyak 75.500 dosis vaksin PMK kini disimpan pada fasilitas cold storage Disnakeswan, untuk kemudian didistribusikan ke 35 wilayah di Jateng.

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 INFOGRAFIS 📸

Infogenangan 16/06/2022 🕓12.30

Laporan Kawan Rasika memantau genangan air sudah mulai terlihat di sekitar Dermaga Samudera 1 area pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Video diatas diambil sekitar pukul 12.00

UpdateLalin 15/06/2022 🕓07.30

Informasi perbaikan jalan di jalur pantura ruas Juwana – Rembang tepatnya di Batangan kembali berlangsung. Pagi ini terlihat beberapa alat berat di lokasi, ada lajur

UpdateLalin 11/06/2022 🕓09.35

Dilakukan pengaspalan jalan lokasi sebelum batas kota Ungaran, Mijen, arah Bawen, memakan lajur sebelah kiri. Lalu lintas menyempit mulai sekitar depan UNW.

RasikaUpdate 07/06/2022 🕓10.50

Selain dilaporkan adanya genangan air di Pantura Genuk arah Semarang, air juga terpantau di Jl. Gebanganom Raya dan Jl. Padi Raya. Air meluap imbas hujan

UpdateLalin 06/06/2022 🕓13.15

Lalu lintas merayap di Gombel Lama, Semarang, imbas pengaspalan jalan lokasi di titik perbaikan gorong-gorong sebelum underpass Jatingaleh.

UpdateLalin 03/06/2022 🕓12.40

Dilaporkan di Karangawen juga dilaporkan perbaikan jalan memakan satu jalur. Informasi jalan dikeruk untuk kemudian dilakukan pengecoran.

Wajah Baru Stadion Jatidiri Semarang

Memasuki tahap akhir renovasi, sudah terlihat pada atap tribun barat dan lampu stadion yang sudah terpasang. Hingga kondisi rumput lapangan yang sudah bagus.

UpdateLalin 07/01/2022 🕓16.10

Tiga genangan air bisa ditemui di jalur Kudus menuju Pati: yaitu di Pura, Terban, dan Gondoharum. Genangan di Gondoharum jangkauannya sekitar 20 meter, dan tinggi

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌RASIKA FEATURE

📌RASIKA FEATURE

📌KABAR POPULER

📌KABAR POPULER

Sambut-Idul-Adha,-Digdaya-Berikan-Belasan-Ekor-Kambing
Sambut Idul Adha, Digdaya Berikan Belasan Ekor Kambing
AS-Warga-Ledok,-Pelaku-Pembunuhan-Penjual-Kopi-di-Senjoyo-Tertangkap
AS Warga Ledok, Pelaku Pembunuhan Penjual Kopi di Senjoyo Tertangkap
Puluhan-Bangkai-Kambing-Ditemukan-di-Aliran-Kali-Serang-Susukan,-Indikasi-PMK-2
Puluhan Bangkai Kambing Ditemukan di Aliran Kali Serang Susukan, Indikasi PMK?
Wartawan-peliput-Polres-Salatiga-dan-PJU-Polres-berfoto-sesaat-sebelum-pertandingan-persahabatan
Kemeriahan HUT Bhayangkara, Wartawan Ungguli Polres Salatiga Skor 1-0
Mini-INC-melakukan-Charity-Tour-De-Jogja-dan-Barbeque-an-di-Kampung-Kopi-Banaran
Mini INC melakukan Charity Tour De Jogja dan Barbeque-an di Kampung Kopi Banaran
Kabidhumas-Polda-Jateng-Tanggapi-Viral-Unggahan-Foto-Tentang-Warga-Sukoharjo-Ditilang-Pakai-ETLE-2
Kabidhumas Polda Jateng Tanggapi Viral Unggahan Foto Tentang Warga Sukoharjo Ditilang Pakai ETLE
Petugas-menyemprot-kandang-sapi-komunal-milik-CV-Bangkit-Sukses-Mandiri-di-kawasan-Gogik,-Ungaran-Barat-menggunakan-cairan-disinfektan-sebagai-upaya-antisipasi-terhadap-PMK-pada-hewan-ternak
Jateng Surplus Hewan Kurban
ganjar-20-6
Waspadai Kenaikan Kasus Covid-19, Ganjar; Kalau Di Keramaian Pakai Masker
PJU-Polres-Salatiga-Kalahkah-Wartawan-2-1-Dalam-Lomba-Tarik-Tambang
PJU Polres Salatiga Kalahkah Wartawan 2-1 Dalam Lomba Tarik Tambang
PP-Salatiga-Gelar-Seminar-Nasional-Kepemudaan,-Harapkan-Anggotanya-Bisa-Bermanfaat-Bagi-Sesama
PP Salatiga Gelar Seminar Nasional Kepemudaan, Harapkan Anggotanya Bisa Bermanfaat Bagi Sesama
kabar-pln
error: