RASIKAFM.COM
Edit Content
logo rasika 105.6FM
Jadwal Imsakiyah

Sepanjang 2019, Tindak Kejahatan di Wilayah Hukum Polres Semarang Didominasi Kasus Curanmor

Kasatreskrim-Polres-Semarang-AKP-Rifeld-Constantien-Baba,-SIK-MH
Kasatreskrim Polres Semarang AKP Rifeld Constantien Baba, SIK MH. (foto: win)

UNGARAN – Sepanjang tahun 2019 hingga memasuki minggu terakhir di bulan Februari 2020, kasus kejahatan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) masih mendominasi di wilayah hukum Polres Semarang. Pernyataan itu disampaikan oleh Kapolres Semarang melalui Kasatreskrim Polres Semarang AKP Rifeld Constantien Baba SIK, MH saat ditemui di Mapolres Semarang, Selasa (25/2/2020).

Dijelaskan oleh Kasatreskrim, dari keseluruhan kasus kejahatan yang ditangani, 72 persen adalah tindak kejahatan curanmor dengan sasaran motor matic. “Curanmor masih ada di peringkat pertama kasus yang ditangani oleh reskrim, kurang lebih ada 36 kasus dan berhasil kita ungkap 21 kasus, disusul tindak pidana penipuan dan penggelapan,” katanya.

Kasus curanmor menurut Kasatreskrim bukanlah kasus baru. Akan tetapi seiring perkembangan jaman, modus dan metode yang digunakan oleh para pelakunya pun semakin beragam. Jika dahulu pelaku hanya bermodal kunci letter T, sekarang mereka sudah bisa memodifikasi alat untuk membobol sistem keamanan yang ada pada kendaraan.

“Kasus curanmor terakhir yang berhasil kita ungkap, pelakunya dari Kabupaten Demak dan telah melancarkan aksi sebanyak 52 kali. Mereka tidak lagi pakai kunci T, melainkan memodifikasi alat menggunakan gagang sikat gigi yang ditempeli 4 biji magnet. Itu sudah cukup untuk membobol blocker magnet pada lubang kunci motor,” urainya.

Menurut Kasatreskrim tingginya angka tindak kejahatan curanmor di wilayah hukum Polres Semarang disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya sistem keamanan bawaan pabrik pada kendaraan masih belum cukup memadai, lokasi parkir yang tidak aman serta waktu yang digunakan untuk beraksi sangat cepat.

“Mereka sekali beraksi bisa kurang dari 1 menit dengan alat modifikasinya itu. Dalam semalam bisa menggasak tidak kurang dari 3 unit motor. Sasaran utamanya memang motor matic yang diparkir di lokasi yang tidak aman, misalnya ruangan terbuka. Kemudian aksi dilakukan pada jam istirahat antara pukul 00.00 hingga 03.00 dini hari”, ungkapnya.

Oleh karena itu, dia menghimbau agar masyarakat senantiasa mawas diri dan waspada akan tindak kejahatan curanmor ini. “Pastikan kendaraan diparkir di lokasi tertutup, pasang kunci pengaman ganda dan jika hendak bepergian usahakan rumah tidak kosong”, pungkasnya.

(win)

Tag

TRENDING HARI INI

BACA JUGA

KABAR TERBARU

Pukau Penonton, Satgas FPU Indonesia Tampil Berpakaian Adat di Peacekeeper Day
03 June 2023
Satuan Formed Police Unit (FPU) Indonesia meraih penghargaan dari Special Representative of the Secretary-General (SRSG) Mme. Valentine Rugwabiza atas kontribusi budaya dalam acara Peacekeeper Day. Diketahui, FPU Indonesia bertugas di misi perdamaian PBB di Afrika Tengah. FPU Indonesia menampilkan...
Lengkapnya »
Cek Berita Viral, Danramil 04 Bringin Datangi Langsung Rumah Anak SD Korban Bully
03 June 2023
.Guna Mengklarifikasi data real keadaan Muhammad Firmansyah, yang viral beberapa hari ini dimedsos akibat dibully temanya, hingga kemudian pindah ke SLB Doplang, Danramil 04 Bringin bersama jajaran, Babinsa Pakis, Babinkamtibmas, Kadus doplang dan Ketua RT Doplang, melakukan cek langsung kerumah Suwadi...
Lengkapnya »
Penuhi Slot Pemain Asing Asean, PSIS Datangkan Paulo Gali Freitas dari Timor Leste
03 June 2023
PSIS Semarang telah merekrut pemain asal Timor Leste, Paulo Gali Freitas, untuk mengisi satu posisi pemain asing dari ASEAN. Paulo Gali, yang sebelumnya telah memberikan kesulitan bagi Timnas Indonesia dalam ajang FIFA Matchday, diresmikan kontraknya setelah melalui berbagai tes, termasuk tes medis dan...
Lengkapnya »
Menilik Akivitas Penyembelihan di RPH Salatiga, Pasca Pendampingan Pemprov Jateng
03 June 2023
RPH Salatiga di Jalan Imam Bonjol Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga merupakan salah satu RPH di Jawa Tengah yang menerima pendampingan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Dengan adanya pendampingan ini, pelayanan RPH kepada masyarakat menjadi lebih optimal dan berkualitas.
Lengkapnya »
Wali Kota Semarang Komitmen Dorong Investasi dan Pembukaan Usaha di Kota Semarang
03 June 2023
Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, menunjukkan komitmennya dalam mendorong para pengusaha untuk menanamkan investasi dan membuka usaha. Dalam upaya ini, Wali Kota Semarang telah mengeluarkan instruksi kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu untuk mempermudah...
Lengkapnya »

CAPTURE NETIZEN