RASIKAFM.COM

📆 30 June 2022 🇮🇩 🕓 04:41

Sulit Akses Internet, Riyadi Hadirkan Pusaka

Riyadi, Kades Kadirejo Pabelan menunjukkan alat yang digunakan untuk mengelola pulsa Kadirejo (Pusaka), Jumat (26/6/2020). (istimewa)

UNGARAN – Desa Kadirejo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang yang terletak di antara perbukitan menyulitkan warga untuk mengakses internet. Seringkali mereka harus keluar desa jika membutuhkan akses internet. Kondisi itu telah berlangsung selama bertahun-tahun hingga Kepala Desa setempat, Riyadi berpikir mencari jalan keluar atas persoalan tersebut. Akhirnya tercetuslah ide untuk menggagas Pusaka atau Pulsa Kadirejo.

 

Dengan menggandeng vendor dari Semarang dan dikerjakan sejak Februari 2020, Pusaka mulai digunakan pada hari pertama lebaran lalu. Hingga saat ini 400 keluarga dari 1.000 keluarga di Desa Kadirejo telah menggunakan Pusaka. Tak hanya itu, warga di sekitar Desa Kadirejo yakni dari Semowo, Padaan, dan Giling pun juga memanfaatkan fasilitas internet ini.

Riyadi menambahkan, Pusaka adalah sistem jaringan pertama di Indonesia yang dikelola BUMDes dan pembeliannya menggunakan voucher. Saat ini warga masih bisa mengakses Pusaka secara gratis dan akan mulai berbayar pada bulan Agustus. Harga vouchernya mulai Rp 2.000 untuk pemakaian tiga jam, Rp 5.000 untuk sehari, Rp 10.000 seminggu, dan Rp 50.000 untuk pemakaian satu bulan. (win)

Tags🏷️

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan

📌 Baca Juga:

📌 Baca Juga:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

📌KABAR TERBARU

📌KABAR TERBARU

Jelang Idul Adha, Belasan PSK Diamankan Satpol PP Semarang

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang mengamankan belasan pekerja seks komersial (PSK) pada operasi cipta kondisi menjelang Idul Adha Selasa (28/6/2022) malam. 17 PSK yang ditangkap itu juga karena adanya aduan dari masyarakat.

89 Calhaj Kloter 37 Asal Salatiga Diberangkatkan

Puluhan jemaah calon haji asal Kota Salatiga diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali, (28/6/2022). Pemberangkatan jemaah yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 37, didampingi Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng Noegroho Rachmadi.

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌RASIKA FEATURE

📌RASIKA FEATURE

📌KABAR POPULER

📌KABAR POPULER

kabar-pln.jpg