HOME

Tak Kenakan Masker, Warga Kabupaten Semarang Bisa Kena Denda

Tak Kenakan Masker, Warga Kabupaten Semarang Bisa Kena Denda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on google
Share on pinterest

Polres Semarang melaksanakan Operasi Cegah Covid-19 sebagai upaya sosialisasi dan penegakan hukum protokol kesehatan di Kabupaten Semarang beberapa waktu lalu. (Foto/IST)

UNGARAN – Bupati Semarang telah mengeluarkan Perbup Nomor 65 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Dalam Perbup tersebut diatur mengenai sosialisasi dan sanksi bagi warga Kabupaten Semarang yang melanggar protokol kesehatan.

Bupati Semarang Mundjirin ditemui usai rapat paripurna di DPRD Kabupaten Semarang, Rabu (26/8/2020) menjelaskan sosialisasi Perbup sudah dilakukan. Dalam peraturan tersebut, sanksi yang dicantumkan bagi para pelanggar protokol kesehatan perorangan mulai dari teguran lisan dan tertulis, kerja sosial, hukuman fisik hingga denda. Sementara bagi perusahaan, sanksi maksimal yang dikenakan adalah pencabutan izin usaha.

Mengenai besaran denda, dijelaskan Mundjirin untuk perorangan maksimal Rp10 ribu dan perusahaan Rp150 ribu. Meski demikian sanksi denda dan pencabutan usaha adalah opsi terakhir jika tidak mengindahkan teguran. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan TNI, Polri dan Satpol PP untuk mengadakan patroli penegakan hukum protokol kesehatan setiap tiga hari sekali di tempat keramaian, pasar dan lokasi wisata.




Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono menjelaskan, kegiatan Operasi Cegah Covid akan dilakukan secara rutin dalam rangka memberikan rasa perhatian untuk mencegah penularan Covid 19 di Kabupaten Semarang dan menyadarkan masyarakat pentingnya menaati protokol kesehatan. Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat pentingnya memakai masker dengan menjadikan masker sebagai kebutuhan, budaya dan prioritas. (win)

SHARE

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
KABAR JAWA TENGAH
KABAR NASIONAL
KABAR INTERNASIONAL

KABAR TERKAIT
KABAR TERBARU
10 KABAR POPULER
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp