Tak Kuat Menanjak, Tronton Terguling di Tanjakan Mengkelang Bawen

By | 02/21/2020
Petugas tengah mengevaluasi truk tronton bermuatan lembaran kayu yang terguling di tanjakan Mangkelang, Bawen, Jumat

Petugas tengah mengevakuasi truk tronton bermuatan lembaran kayu yang terguling di tanjakan Mangkelang, Bawen, Jumat (21/2/2020). (foto: Satlantas Polres Semarang)

UNGARAN – Sebuah truk tronton dengan nomor polisi N 9085 US terguling di kawasan Tanjakan Mengkelang, Jalan Bawen-Salatiga, Desa Asinan Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jumat (21/2/2020) dini hari. Kecelakaan tunggal itu membuat jalur Semarang – Solo tersendat.

Kanit Laka Satlantas Polres Semarang, Ipda Wardoyo, menuturkan kecelakaan tunggal tersebut terjadi pukul 2 dini hari. Kronologinya bermula saat truk yang dikemudikan Dimas Anggara (23) warga Probolinggo, Jawa Timur melaju dari arah Salatiga menuju ke Bawen.

Setibanya di kawasan Tanjakan Mengkelang, Bawen, truk tidak kuat menanjak.“Karena tidak kuat, truk berjalan mundur, sehingga terguling,” jelas Ipda Wardoyo.

Menurutnya pada saat kecelakaan itu terjadi, kondisi jalanan relatif sepi. Sehingga truk tersebut tidak bertabrakan dengan kendaraan lain. Meski demikian truk yang terguling menyebabkan kemacetan di ruas jalan utama Semarang – Solo.

“Evakuasi dilakukan saat ini karena posisi terguling membuat jalanan tertutup sehingga ada kemacetan. Untuk sopirnya selamat, hanya shock ringan saja. Kerugian material sekitar Rp2 juta,” jelasnya.

Dia pun meminta pengguna kendaraan bermotor berhati-hati serta meningkatkan kewaspadaan saat berada di jalan raya.

Sementara proses evakuasi truk bermuatan lembaran kayu tersebut masih terus dilakukan hingga Jumat siang. Arus lalu lintas sempat diberlakukan contraflow untuk mengurai ketersendatan. “Dari arah selatan (Salatiga) arus tertutup muatan truk yang tumpah ke jalan, sehingga kami lakukan contraflow agar arus terurai dan memudahkan proses evakuasi”, pungkasnya.

(win)

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *