HOME

Terkendala Kuota Internet, Pelajar Susukan Ungaran Timur Manfaatkan WiFi Gratis Rumah Aspirasi Ketua DPRD Jateng

Terkendala Kuota Internet, Pelajar Susukan Ungaran Timur Manfaatkan WiFi Gratis Rumah Aspirasi Ketua DPRD Jateng

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on google
Share on pinterest
Pelajar di lingkungan Susukan, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang memanfaatkan WiFi gratis di rumah aspirasi Ketua DPRD Jateng untuk belajar daring

Pelajar di lingkungan Susukan, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang memanfaatkan WiFi gratis di rumah aspirasi Ketua DPRD Jateng untuk belajar daring, Selasa (4/8/2020). (win)

UNGARAN – Syifa Murhaini Naafillah (14), pelajar kelas VIII SMPN 3 Ungaran mengaku mengalami kesulitan saat mengikuti pembelajaran secara daring selama masa pandemi. Selain masalah sinyal, dia bersama pelajar lain di lingkungan Susukan, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang merasa terbebani jika harus membeli kuota internet.

Baca Juga :

“Kalau sinyal provider saya kadang bagus kadang enggak, agak susah jadinya. Itu kadang yang bikin saya ketinggalan beberapa materi pelajaran,” ungkapnya usai belajar daring di rumah aspirasi Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto, Susukan, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Selasa (4/8/2020).

Dia mengakui, untuk pembelajaran daring paling tidak harus menyiapkan kuota sebanyak 20gb (giga byte) dalam satu bulan seharga Rp60 ribu. Belum lagi masalah sinyal yang tidak selalu kuat. Untuk menyiasati masalah itu, dia bersama pelajar lain akhirnya meminta ijin menggunakan WiFi untuk belajar daring di rumah pribadi Ketua DPRD Jateng, yang berlokasi tak jauh dari rumah aspirasi.

Baca Juga :




“Awalnya saya ke rumahnya Pak Bambang dan ijin numpang WiFi untuk belajar. Sama istri beliau terus dikasih passwordnya, lalu kami belajar bareng di teras rumah hampir setiap pagi,” jelasnya.

Sejak ada fasilitas WiFi gratis di rumah aspirasi, dia bersama pelajar lain kini tak perlu lagi menumpang belajar di teras rumah pribadi Ketua DPRD Jateng, melainkan cukup datang ke rumah aspirasi dan memanfaatkan fasilitas yang ada di sana.

“Di sini (rumah aspirasi) sinyalnya bagus, tidak harus beli kuota juga. Apalagi ada banyak teman, jadi belajarnya lebih enak,” katanya.

Saat dihubungi melalui ponselnya, Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto mengakui ide pemasangan WiFi gratis di rumah aspirasi itu bermula saat ada pelajar yang belajar di teras rumah pribadinya.

“Istri saya cerita kalau hampir setiap pagi ada empat atau lima anak datang ke rumah, bilang numpang WiFi untuk belajar. Nah dari situ, sejak tanggal 28 Juli kemarin saya inisiatif pasang WiFi gratis di rumah aspirasi,” ujarnya.

Dikatakan Bambang, beberapa orang tua siswa mengeluh selama pelaksanaan pembelajaran daring. Selain mereka kurang cakap untuk berperan sebagai guru di rumah, kendala lain adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli paket internet.

“Tidak semua siswa punya hp untuk belajar online, ada yang pinjam bapaknya, belum lagi biaya untuk beli kuota. Nah hal-hal semacam itu yang perlu dipikirkan bersama. Harapannya dengan WiFi gratis ini, anak-anak bisa memanfaatkannya terutama mereka yang kurang mampu. Di rumah aspirasi tempatnya relatif luas, sehingga bisa digunakan 20 orang lebih. Tentunya harus tetap mematuhi protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker, cuci tangan,” urainya.

Politikus PDI P itu juga berharap agar segera ada solusi terkait pembelajaran daring tersebut. Dikhawatirkan jika terlalu lama bisa memicu kejenuhan para siswa.

“Saya rasa harus segera dicarikan solusi terbaik. Kalau harus belajar online terus sampai Desember anak-anak pasti bosan, nanti larinya mereka malah dolan (main). Mungkin bisa dilaksanakan belajar tatap muka di sekolah tapi dibikin bergilir. Misal satu kelas kapasitas 40 murid, dibagi 2 shift dalam satu hari atau bagaimana, yang penting anak-anak tidak jenuh belajar online terus,” pungkasnya. (win)

SHARE

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
KABAR JAWA TENGAH
KABAR NASIONAL
KABAR INTERNASIONAL

KABAR TERKAIT
KABAR TERBARU
10 KABAR POPULER
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp