TPID Provinsi Jateng lakukan inspeksi ke sejumlah pasar tradisional dan distributor

By | 02/12/2020

SEMARANG – Tim Pengendali Inflasi Daerah -TPID Provinsi Jawa Tengah melakukan inspeksi ke sejumlah pasar tradisional dan distributor di Kota Semarang, sebagai upaya menstabilkan harga bawang putih di pasaran. Tim terdiri atas  Biro Perekonomian Setda Provinsi Jateng, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Perwakilan Bank Indonesia dan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng.

Pertama kali TIM menyambangi pedagang di penampungan Pasar Johar Semarang. Di lokasi tersebut, TPID menemukan fakta bahwa bawang putih yang awalnya dijual Rp45.000 sampai Rp50.000 per kilogram, kini harganya justru turun menjadi Rp29.000 perkg.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Jateng Mohammad Santoso mengatakan, bahwa inspeksi ini menindaklanjuti kenaikan bawang putih akibat pembatasan impor dari Tiongkok guna mengantisipasi penyebaran virus Corona. Terkait dengan stok bawang putih di pasaran, Santoso meminta masyarakat tidak khawatir mengenai hal itu, karena pengadaan impor sudah ditentukan oleh pemerintah pusat
terkait dengan kebutuhan tiap-tiap daerah.

.(red)

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *