RASIKAFM.COM

📆 29 June 2022 🇮🇩 🕓 14:18

Tracing Klaster Pasar Kobong, Puluhan Pedagang Pasar Babadan Jalani Rapid Test

Caption foto: Seorang pedagang di Pasar Babadan, Ungaran, Kabupaten Semarang tengah diambil sampel darahnya oleh petugas dalam Rapid Diagnostic Test (RDT), Kamis (4/6/2020). (foto: win)

UNGARAN – Puluhan pedagang yang ada di Pasar Babadan, Ungaran, Kabupaten Semarang menjalani rapid test, Kamis (4/6/2020) pagi. Mereka yang menjalani rapid test diutamakan tengkulak yang diduga mengambil (kulakan) ikan dari Pasar Kobong, Kota Semarang.

 

Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Semarang, dr. Hasti Wulandari mengatakan, dalam beberapa minggu ke depan pihaknya akan menggelar Rapid Diagnostic Test (RDT) Covid-19 serentak di 7 pasar tradisional yang ada di Kabupaten Semarang, yakni Pasar Babadan, Karangjati, Harjosari, Bringin, Projo, Kembangsari dan Suruh.

Sasarannya adalah pedagang atau tengkulak yang berasal dari luar kota yang berjualan di pasar ataupun pedagang lokal yang berjualan di luar daerah karena diduga banyak kasus postif Covid-19 berasal dari klaster pasar seperti Pasar Rejomulyo (Pasar Kobong) Kota Semarang.

Khusus untuk memutus rantai penyebaran klaster Pasar Kobong, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh puskesmas untuk jemput bola rapid test. Sementara dari hasil RDT terhadap 40 pedagang di Pasar Babadan, semuanya non reaktif.

Lurah Pasar Babadan Gatot Suwignyo, menjelaskan total jumlah pedagang ada 1.001 pedagang yang memiliki kios, 140 pedagang pasar pagi dan 15 pedagang kuliner pasar malam. Dari jumlah tersebut diambil sampel sebanyak 40 pedagang ikan yang diduga mengambil ikan dari Pasar Kobong.

Pihaknya juga telah menerapkan protokol kesehatan di area pasar, bahkan tidak segan-segan pengunjung dan penjual yang tidak mengenakan masker disuruh pulang. (win)

Tags🏷️

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan

📌 Baca Juga:

📌 Baca Juga:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

📌KABAR TERBARU

📌KABAR TERBARU

Jelang Idul Adha, Belasan PSK Diamankan Satpol PP Semarang

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang mengamankan belasan pekerja seks komersial (PSK) pada operasi cipta kondisi menjelang Idul Adha Selasa (28/6/2022) malam. 17 PSK yang ditangkap itu juga karena adanya aduan dari masyarakat.

89 Calhaj Kloter 37 Asal Salatiga Diberangkatkan

Puluhan jemaah calon haji asal Kota Salatiga diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali, (28/6/2022). Pemberangkatan jemaah yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 37, didampingi Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng Noegroho Rachmadi.

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌RASIKA FEATURE

📌RASIKA FEATURE

📌KABAR POPULER

📌KABAR POPULER

kabar-pln.jpg