RASIKAFM.COM
Edit Content
logo rasika 105.6FM
Jadwal Imsakiyah

Upaya Rubah Zona Hijau, Pemkab Jepara Optimalkan “Jogo Tonggo”

Ambil Secukupnya

JEPARA – Pemerintah Kabupaten Jepara, berupaya menekan penyebaran COVID-19 dengan mengoptimalkan program “Jogo Tonggo” agar bisa masuk kategori zona hijau atau risiko penularan rendah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara Mudrikatun mengatakan, Kasus positif COVID-19 di Jepara saat ini memang masih tinggi, namun pihaknya optimistis bisa ditekan hingga nantinya Jepara bisa menjadi zona hijau. Untuk status zona Jepara saat ini yang menentukan dari Pemprov Jateng.

Mudrikatun mengaku tingkat kesadaran masyarakat di Jepara untuk mematuhi protokol kesehatan saat ini memang masih rendah, sehingga untuk menyadarkan mereka, salah satu upayanya mengoptimalkan peran satgas “Jogo Tonggo”. Satgas ini jauh lebih efektif karena berhadapan langsung dengan masyarakat, sehingga bisa memberikan edukasi tentang pentingnya membiasakan perilaku hidup sehat serta mematuhi protokol kesehatan.

Pihaknya berharap masing-masing satgas mengambil peran untuk memetakan, mengawasi, dan melaksanakan protokol kesehatan di lingkungan masing-masing. Upaya lain meningkatkan kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan, yakni dengan memberikan sanksi sosial terhadap warga yang ketahuan tidak memakai masker, berupa menyapu atau tindakan lain yang tidak bersifat menghakimi.

TRENDING HARI INI

BACA JUGA

CAPTURE NETIZEN

KABAR POPULER