RASIKAFM.COM

📆 12 August 2022 🇮🇩 🕓 16:34

Jelang Puasa, Ratusan Warga Lakukan Padusan dan Cuci Karpet di Senjoyo

Salah satu kegiatan rutin diumbul Senjoyo Tengaran jelang Ramadhan adalah padusan sekaligus mencuci karpet Masjid dan Mushola.

Kegiatan ini bahkan menjadi agenda rutin bagi umat muslim di Kabupaten Semarang, khususnya untuk warga yang dekat dengan Mata Air Senjoyo desa Tegalwaton kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang.

Tradisi ini biasa dimulai satu minggu sampai sehari sebelum memasuki bulan puasa.

Menurut Raharjo, salah satu warga Tingkir mengatakan kegiatan ini sudah dimulai sejak lama.

“Kegiatan ini merupakan tradisi sejak dulu jelang ramadhan,” kata Raharja Jumat pagi (1/4/2022).

Dalam kegiatan mencuci karpet, ia bekerja sama dengan remaja masjid dengan harapan agar karpet tersebut bersih sebelum digunakan sholat.

“ Jadi kami biasanya mencuci karpet Masjid agar saat memasuki bulan puasa karpet masjid bersih serta jamaahnya juga nyaman,” tambahnya.

Raharjo bersama temannya saat aksi cuci karpet di Senjoyo

Sementara itu, ia berharap tradisi seperti ini terus dan dilestarikan terutama untuk umat Muslim dimana saja.

“Ya kalau tradisi seperti ini kan baik, apalagi buat kebersihan serta menjalin kebersamaan antar anggota remaja masjid apalagi menjelang bulan ramadhan seperti ini,” tutup Raharjo.

Pantauan Rasika mulai minggu 27.3.22 sampai jumat pagi 1.4.22 ratusan warga padati Pemandian senjoyo, Selain mereka padusan (mandi basah jelang Ramadhan) juga tidak sedikit yang lakukan Cuci karpet.

Tags🏷️

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan

📌 Baca Juga:

📌 Baca Juga:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

📌KABAR TERBARU

📌KABAR TERBARU

Liga Askot Semarang 2022 Kembali Bergulir, Ratusan Match Akan Tersaji

Liga Asosiasi Kota (Askot) PSSI Kota Semarang kembali bergulir pada tahun 2022 ini dimana sebelumnya kompetisi tahunan ini sempat terhenti karena pandemi. Pembukaan kompetisi sepak bola usia muda itu dilakukan secara simbolis dengan menendang bola kick off pertama di stadion Citarum Semarang Kamis (11/8/2022) sore.

Geger! Penemuan Jasad di Sungai Sriwijaya Semarang

Warga digegerkan dengan penemuan jasad di sungai Jalan Sriwijaya, Candisari atau tepatnya di depan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Jateng (Jateng), Kamis (11/8/2022) sekira pukul 15.00 WIB.

Dampingi Jokowi, Serunya Ganjar Ajak Anak-anak Nyanyi

Muhammad Jafran Multazam, memanggil nama Ganjar Pranowo berulangkali dari gendongan ibunya saat menyaksikan Gubernur Jawa Tengah itu mendampingi Presiden Joko Widodo dalam penanaman bibit kelapa genjah di Desa Giriroto, Ngemplak, Boyolali, Kamis (11/8/2022).

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌RASIKA FEATURE

📌RASIKA FEATURE

kabar-pln.jpg
error: