RASIKAFM.COM

📆 12 August 2022 🇮🇩 🕓 16:15

Satlantas Salatiga, Kini Mulai Jaring Pelanggar Lalin Melalui Sistem ETLE

Pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2022 dijajaran Polres Salatiga berbeda dari yang lain. Dari pantauan rasikafm.com di lapangan, dalam operasi Patuh Candi ini tidak melakukan razia di jalan secara langsung, melainkan anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Salatiga berkeliling memakai motor dan memfoto pengendara yang melanggar aturan.

Kepada media, Kasat Lantas Polres Salatiga, AKP Betty Nugroho menjelaskan anggotanya bukan hanya berpatroli, namun mereka juga melaksanakan penindakan hukum.

“Kami menyiapkan beberapa anggota untuk memfoto para pelanggar saat pelaksanaan patroli,” kata Betty Rabu (15/6/2022). Siang.

Betty menambahkan dalam pelaksanaan operasi anggotanya dibekali dengan surat perintah.

Menurutnya dengan adanya sistem penilangan dengan ETLE tersebut petugas dapat meminimalisir kontak langsung dengan pengendara, apalagi masih dalam situasi pandemi.

Ia menambahkan Handphone yang dipakai anggota untuk memfoto merupakan HP khusus

“Tidak semua handphone anggota polisi dapat melaksanakan penindakan tersebut, masyarakat banyak yang kurang paham tentang penilangan dengan memfoto para pelanggar atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Sehingga kedepan kami perlu adakan sosialisasi” ungkap Kasatlantas,

– Kasatlatas Salatiga AKP Betty saat diwawancarai Rasika
– Anggota saat penindakan lalin

Menurut Betty setelah petugas memfoto para pelanggar, foto tersebut akan terhubung dengan database bagian urusan tilang,

Kemudian pihaknya menggeluarkan surat konfirmasi, yang dikirim langsung tanpa sepengetahuan pelanggar.

Kasat menambahkan dalam surat tersebut dijelaskan nomor polisi para pelanggar lalu lintas, jam pelanggaran serta tkp.

AKP Betty menegaskan sasaran penilangan hanya kepada para pelanggar yang kasat mata, seperti tujuh point penekanan untuk penindakan hukum terkait dengan pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2022, yakni tidak memakai sabuk pengaman atau safety belt, tidak memakai helm, berbonceng tiga, pengendara di bawah umur, melebihi batas kecepatan, pengendara terpengaruh alkohol dan berkendara melawan arus.

Tags🏷️

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan

📌 Baca Juga:

📌 Baca Juga:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

📌KABAR TERBARU

📌KABAR TERBARU

Liga Askot Semarang 2022 Kembali Bergulir, Ratusan Match Akan Tersaji

Liga Asosiasi Kota (Askot) PSSI Kota Semarang kembali bergulir pada tahun 2022 ini dimana sebelumnya kompetisi tahunan ini sempat terhenti karena pandemi. Pembukaan kompetisi sepak bola usia muda itu dilakukan secara simbolis dengan menendang bola kick off pertama di stadion Citarum Semarang Kamis (11/8/2022) sore.

Geger! Penemuan Jasad di Sungai Sriwijaya Semarang

Warga digegerkan dengan penemuan jasad di sungai Jalan Sriwijaya, Candisari atau tepatnya di depan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Jateng (Jateng), Kamis (11/8/2022) sekira pukul 15.00 WIB.

Dampingi Jokowi, Serunya Ganjar Ajak Anak-anak Nyanyi

Muhammad Jafran Multazam, memanggil nama Ganjar Pranowo berulangkali dari gendongan ibunya saat menyaksikan Gubernur Jawa Tengah itu mendampingi Presiden Joko Widodo dalam penanaman bibit kelapa genjah di Desa Giriroto, Ngemplak, Boyolali, Kamis (11/8/2022).

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌RASIKA FEATURE

📌RASIKA FEATURE

kabar-pln.jpg
error: