RASIKAFM.COM

๐Ÿ“† 25 September 2022 ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ ๐Ÿ•“ 11:44 am

Pandemi Kian Terkendali, Kunjungan Wisata di Kabupaten Semarang Naik 80 Persen

UNGARAN – Daya Tarik Wisata (DTW) di Kabupaten Semarang perlahan menggeliat seiring kian terkendalinya pandemi Covid-19. Sejumlah DTW yang dikelola Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang menunjukkan adanya kenaikan jumlah wisatawan.

Seperti yang terlihat di DTW Candi Gedong Songo di Kecamatan Bandungan, Bukit Cinta dan Muncul Waterpark di Kecamatan Banyubiru, Pemandian Senjoyo di Kecamatan Tengaran, serta Museum Isdiman dan Monumen Palagan Ambarawa di Kecamatan Ambarawa. Secara umum terdapat kenaikan jumlah kunjungan yang signifikan di DTW tersebut terutama saat akhir pekan.

Hal itu diamini oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Heru Subroto. Menurutnya, peningkatan jumlah pengunjung rata- rata mencapai 80 persen dibandingkan dengan kunjungan wisatawan pada tahun 2021 lalu, di mana pandemi Covid-19 mengharuskan pemerintah menerapkan PPKM.

“Tentu hal ini tak lepas dari konsistennya upaya pengendalian Covid-19 di Kabupaten Semarang. Karena saat ini Kabupaten Semarang PPKM Level 1 dan ketentuan pengetatan jumlah pengunjung sudah dilonggarkan menjadi 100 persen dari kapasitas,” ujarnya di Ungaran, Jumat (23/9/2022).

Di luar DTW yang dikelola Pemkab Semarang, sejumlah DTW di Kabupaten Semarang yang dikelola swasta juga terus meningkat kunjungannya.

โ€œSeperti Dusun Semilir, Umbul Sidomukti, dan lainnya,โ€ jelasnya.

Meski pandemi relatif terkendali, tambah Heru, wisatawan yang datang tetap harus menerapkan protokol kesehatan. Termasuk mensyaratkan vaksin booster bagi pengunjung.

Ia berharap, tren kunjungan yang terus positif ini akan mampu memenuhi target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata. Aplagi sejak Januari hingga Agustus 2022, capaian pendapatan dari target perubahan Tahun Anggaran 2022 sudah mencapai sekitar Rp 9 miliar dari target sebesar Rp 12 miliar.

โ€œInsya Allah target tersebut akan dapat terpenuhi menjelang akhir tahun nanti,โ€ tutupnya. (win)

Tags๐Ÿท๏ธ

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan

๐Ÿ“Œ Baca Juga:

๐Ÿ“Œ Baca Juga:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

๐Ÿ“ŒKABAR TERBARU

๐Ÿ“ŒKABAR TERBARU

Laka Maut Tol Bawen, Elf Hantam Truk Fuso 5 Orang Tewas

Kecelakaan maut kembali terjadi di ruas tol. Kali ini melibatkan dua unit kendaraan yakni Isuzu Elf berpelat N 7023 YJ dan truk fuso BK 8407 SE di ruas tol Bawen arah ke Semarang, tepatnya di KM 438.500 pada Sabtu (24/9/2022)

Selamat, UKSW jadi PTS Terbaik versi AMSI

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) akhirnya berhasil menjadi pemenang untuk kategori Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam ajang Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jateng Digital Awards 2022.

Sekjen Hasto Konfirmasi Nama Hendi Masuk Usulan PDIP Untuk Pilgub DKI

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengonfirmasi perihal Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi masuk sebagai nama yang akan diusulkan partainya untuk Pilgub DKI 2024. Hal itu disampaikan oleh Hasto di sesi pemberian keterangan pers dalam kegiatan pertemuan kepala daerah PDI Perjuangan, Kamis (22/9).

๐Ÿ“Œ INFOGRAFIS ๐Ÿ“ธ

๐Ÿ“Œ INFOGRAFIS ๐Ÿ“ธ

๐Ÿ“Œ KABAR PERISTIWA

๐Ÿ“Œ KABAR PERISTIWA

๐Ÿ“Œ KABAR OLAH RAGA

๐Ÿ“Œ KABAR OLAH RAGA

๐Ÿ“ŒRASIKA FEATURE

๐Ÿ“ŒRASIKA FEATURE

kabar-pln.jpg