RASIKAFM.COM

📆 13 August 2022 🇮🇩 🕓 10:47

Sitalang River Tubing Tawarkan Sensasi Permainan Air di Agrowisata Sidorejo

Keberadaan Agrowisata Sitalang Kelurahan Kauman Kidul Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga memiliki andalan baru untuk menggaet wisatawan. Saat ini, para pengunjung bisa menikmati Sitalang River Tubing dengan melintasi aliran sungai dan irigasi.

Sitalang River Tubing yang dikelola karang taruna dengan melibatkan para pemuda desa. Anggota karang taruna Kauman Kidul, Joseph Arimatea mengatakan, wahana tersebut mulai dikembangkan sejak 2019. “Itu saat awal merintis dan memersiapkan river tubing ini, selain persiapan jalur juga sumber daya manusianya,” jelasnya, minggu (3/7/2022).

Namun kemudian, pandemi Covid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia. “Karena aturan pembatasan, Sitalang River Tubing ini sempat vakum. Kembali hidup setelah lebaran tahun ini seiring aturan kelonggaran yang diterapkan pemerintah,” kata Joseph.

Tak butuh waktu lama, Sitalang River Tubing menjadi primadona tujuan wisata baru. “Selain menjadi satu-satunya di Salatiga, ada sensasi berbeda saat menaiki ban dan bermain air disini,” ungkapnya.

Pantauan Rasika FM, butuh waktu sekitar satu jam, dari start di Bendungan Sucen hingga finish di Sitalang. “Total long trip sekitar dua kilometer, ini menariknya. Satu kilometer pertama peserta akan merasakan arus Sungai Sucen yang masih banyak batu berserakan dalam berbagai ukuran. Meski begitu, ini aman karena kedalam air berkisar setengah meter dan yang terdalam sedada orang dewasa,” jelasnya.

Setelah menempuh satu kilometer, peserta akan sampai di rest area. “Mereka beristirahat sejenak, minum dan makan makanan tradisional sembari memulihkan tenaga,” imbuhnya.

Setelah mencoba adrenalin di aliran Sungai Sucen, jalur beralih ke aliran irigasi Ajigetas yang disebut Kali Aji. “Ini lebih soft, sehingga peserta bisa maksimal menikmati pemandangan alam. Mulai dari persawahan hingga sungai, full alam tanpa ada permukiman,” kata Joseph.

Wawancara Rasika:
– Dian Permatasari dari SD Negeri Randuacir 01
– Joseph Arimatea penggelola wisata

Setelah melintasi sungai, peserta bisa menikmati local food dan tradisional snack. “Ini juga bagian untuk memberdayakan ekonomi masyarakat sekitar. Total biaya hanya Rp 75.000 per orang, minimal lima orang untuk setiap trip di Sitalang River Tubing,” jelasnya.

Dian Permatasari dari SD Negeri Randuacir 01 Kota Salatiga mengatakan pengalaman mencoba Sitalang River Tubing sangat luar biasa. “Tidak menyangka di Salatiga ada wahana wisata yang bagus dan tidak perlu jauh-jauh untuk merasakan sensasi yang mantap. Ini seru tapi tidak menakutkan,” ujarnya.

Tags🏷️

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan

📌 Baca Juga:

📌 Baca Juga:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

📌KABAR TERBARU

📌KABAR TERBARU

Ganjar Instruksikan Wakil Bupati Pemalang Ambil Alih Pemerintahan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan kepada Wakil Bupati Pemalang Mansyur Hidayat untuk segera mengambil alih pemerintahan. Menyusul kabar Bupati Pemalang MAW yang diduga terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Liga Askot Semarang 2022 Kembali Bergulir, Ratusan Match Akan Tersaji

Liga Asosiasi Kota (Askot) PSSI Kota Semarang kembali bergulir pada tahun 2022 ini dimana sebelumnya kompetisi tahunan ini sempat terhenti karena pandemi. Pembukaan kompetisi sepak bola usia muda itu dilakukan secara simbolis dengan menendang bola kick off pertama di stadion Citarum Semarang Kamis (11/8/2022) sore.

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌RASIKA FEATURE

📌RASIKA FEATURE

kabar-pln.jpg
error: