RASIKAFM.COM

📆 08/12/2022 🇮🇩 🕓 00:01

Pecah ! Rekor MURI Senam Prolanis Bersama BPJS Kesehatan

Ungaran (12/7/2022) – Dalam rangka memperingati HUT ke-54 BPJS Kesehatan pada 15 Juli 2022 nanti, BPJS Kesehatan menggelar Pekan Senam Prolanis bagi Peserta JKN Serentak (Pekan Semangat) di 5.400 titik. Senam Prolanis ini pun berhasil menyabet Rekor MURI sebagai pelaksanaan senam bagi peserta penyakit kronis dengan titik lokasi pelaksanaan terbanyak se-Indonesia.

Adapun di wilayah KC Ungaran (Kabupaten Semarang, Kendal dan Kota Salatiga) telah terkonfirmasi 104 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang akan berpartisipasi dalam kegiatan Pekan Semangat yang meliputi senam Prolanis, edukasi kesehatan dan pemeriksaan penunjang.

Menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ungaran, Abdul Azis, pada tahun 2021, biaya yang dihabiskan untuk penyakit katastropik mencapai Rp 17,915 triliun atau 24,11% dari total biaya pelayanan kesehatan tingkat lanjutan yang dikeluarkan BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, pihaknya berupaya menjaga masyarakat yang sehat tetap sehat melalui berbagai program promotif preventif.

Sementara bagi masyarakat yang berisiko menderita penyakit katastropik seperti diabetes melitus dan hipertensi, dapat mengelola risiko tersebut melalui Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang juga merupakan bagian dari upaya promotif preventif perorangan peserta JKN.

“Berbagai penyakit katastropik tersebut sangat bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Melalui kegiatan senam ini, kami ingin mempromosikan betapa murahnya dan mudahnya menjalankan hidup sehat. Dampak jangka panjangnya diharapkan bisa menekan jumlah penderita penyakit katastropik di Indonesia,” jelas Azis.

Foto:dok. BPJS

Abdul Azis juga menambahkan sampai dengan bulan Juni 2022, tercatat ada 402 klub Prolanis dari 231 FKTP yang bekerjasama di KC Ungaran. Beberapa FKTP telah memiliki lebih dari 1 klub Prolanis dikarenakan minat keikutsertaan Prolanis yang besar dari peserta terdaftarnya. Peserta yang telah mengikuti Prolanis sebanyak 6.772 peserta penderita Hipertensi dan 8.847 peserta penderita Diabetes Melitus.

“Peserta JKN yang tergabung di klub prolanis FKTP akan mendapatkan pelayanan antara lain konsultasi kesehatan rutin, pemeriksaan penunjang bulanan dan 6 bulanan, pelayanan obat, pemantauan status kesehatan, edukasi dan aktivitas fisik atau senam,” kata Azis.

Kegiatan Pekan Semangat diharapkan menjadi momentum bangkitnya kembali kegiatan senam Prolanis diwilayah KC Ungaran yang berhenti saat pandemi covid-19, sehingga dapat membantu menekan jumlah penderita penyakit katastropik.

Tags🏷️

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan

📌 Baca Juga:

📌 Baca Juga:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

📌KABAR TERBARU

📌KABAR TERBARU

Full Senyum, Kades dan Lurah se-Kabupaten Semarang Dapat Motor Baru

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang memberikan bantuan berupa kendaraan roda dua kepada kepala desa (kades), lurah, dan penyuluh pertanian lapangan (PPL) se-Kabupaten Semarang. Sepeda motor itu dibagikan dalam rangka mendukung kinerja terutama jika terjadi kebencanaan di wilayah masing-masing.

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌RASIKA FEATURE

📌RASIKA FEATURE

kabar-pln_image
error: .