RASIKAFM.COM
Edit Content
logo rasika 105.6FM
Jadwal Imsakiyah

Kombinasi Nuansa Bali dan Bunga Sakura dalam Pameran Seni dan Budaya di Tokyo

Foto: ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu

Foto: ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu

Dalam rangka peringatan 65 tahun hubungan diplomatik dan persahabatan Indonesia-Jepang diadakan Pameran Seni dan Budaya Bali di Wisma Duta Tokyo. Dalam pameran tersebut, berbagai pertunjukan seni dan budaya Bali ditampilkan, mulai dari tarian, gamelan, peragaan busana, hingga kain tenun endek yang dikombinasikan dengan gaya Jepang. Duta Besar RI untuk Jepang, Heri Akhmadi, mengharapkan Bali tetap menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat Jepang.

Pameran seni dan budaya Bali yang diadakan di Wisma Duta Tokyo pada Minggu (2/4) menampilkan nuansa Bali yang kental dan berpadu dengan keindahan bunga sakura. Acara tersebut merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Provinsi Bali dan peringatan 65 tahun hubungan diplomatik dan persahabatan antara Indonesia dan Jepang.

Dalam acara tersebut, Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi, menyatakan bahwa Bali masih menjadi tujuan wisata favorit bagi warga Jepang meskipun pemerintah telah menetapkan lima destinasi super prioritas. Ia juga menyebut bahwa Bali terus dipromosikan agar tetap menjadi top of mind masyarakat Jepang.

Dilansir dari Antara, Pertunjukan seni yang ditampilkan dalam acara tersebut meliputi tarian, gamelan Bali, peragaan busana pakaian adat pernikahan dari berbagai daerah di Bali, hingga kain tenun endek yang dikombinasikan dengan gaya khas Jepang. Acara dilangsungkan di halaman Wisma Duta Tokyo yang dihiasi dengan pohon-pohon sakura yang menjadi simbol negara Jepang.

Tidak hanya warga Indonesia, tamu asing seperti duta besar dan perwakilan negara sahabat untuk Jepang juga menghadiri dan menyaksikan acara tersebut. Tema acara tersebut, Bali, bukanlah satu-satunya tema yang akan ditampilkan dalam promosi budaya.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi menyatakan bahwa pada resepsi diplomatik nanti akan menggunakan tema Batak, sementara pada bulan September nanti, tema yang akan ditampilkan adalah Jawa Timur, Jawa Barat, Maluku, dan Sulawesi Utara. Tema-tema tersebut dipilih berdasarkan kesiapan pemerintah provinsi untuk bekerja sama dengan Jepang di berbagai sektor.

Gubernur Bali, I Wayan Koster, berharap bahwa acara tersebut dapat membantu meningkatkan kunjungan wisata Jepang ke Bali. Sebelum pandemi, terdapat 250.000 orang per tahun yang berkunjung ke Bali dan menjadi 10 besar kunjungan wisata. Namun, saat ini hanya mencapai 100.000 orang.

Salah satu tamu asing, Noah, dari Amerika Serikat mengaku terkesan dengan kain batik dan tenun yang ditampilkan dalam acara tersebut. Ia bahkan mengaku ingin membeli batik dan mengunjungi Bali suatu hari nanti. Acara tersebut membangkitkan atmosfer yang sangat bagus sehingga menimbulkan keinginan untuk mengunjungi Indonesia.

TRENDING HARI INI

BACA JUGA

KABAR TERBARU

Kegembiraan Warga Wonosobo saat Bantuan Pembangunan Jembatan Sudah Jadi
31 May 2023
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ke Desa Keseneng, Candiyasan, Wonosobo. Warga desa merasa senang dengan bantuan pembangunan jembatan yang sudah selesai. Ganjar berharap jembatan ini akan meningkatkan potensi wisata Sindoro-Sumbing di daerah tersebut.
Lengkapnya »
Menteri Kesehatan RI Apresiasi Prestasi Kota Semarang dalam Penanggulangan DBD
31 May 2023
Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, memuji gerak cepat Wali Kota Semarang dalam mengimplementasikan strategi bioteknologi dan vaksinasi. KotaSemarang, dipilih sebagai pilot project Kementerian Kesehatan dalam penanganan DBD. Selamatkan kesehatan masyarakat dengan upaya pemerintah Kota Semarang...
Lengkapnya »
Satpol PP Salatiga Sita 18 Bungkus Rokok Ilegal, Barang Bukti Dibawa Bea Cukai Semarang
31 May 2023
Tim Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Salatiga berhasil menemukan 18 bungkus rokok ilegal yang dikemas dalam kertas berwarna merah tanpa cukai. Satpol PP menemukan satu toko di Kalilondo yang menjual rokok ilegal tanpa cukai, barang bukti tersebut diserahkan kepada Bea Cukai Semarang.
Lengkapnya »
Meski Kerap di Razia, Namun Pengguna Knalpot Brong di Salatiga Masih Cukup Tinggi
31 May 2023
Pengendara sepeda motor di Kota Salatiga masih menghadapi masalah tingginya penggunaan knalpot brong atau tidak sesuai standar. Razia oleh Satlantas Polres Salatiga mengungkapkan bahwa puluhan motor dengan knalpot brong terjaring. Keluhan kebisingan dari masyarakat menjadi alasan utama dilakukan razia
Lengkapnya »
Pasca Kecelakaan Selebgram Angela Lee, Polres Salatiga Datangkan Tim TAA Polda Jateng
31 May 2023
Kasus kecelakaan yang menimpa selebgram Angela Lee pada hari Jumat, tanggal 26 Mei 2023 pukul 19.00 WIB di Jalan Tol KM 453.400 Salatiga, jalur A Kelurahan Kauman Kidul Sidorejo, Kota Salatiga, masih dalam proses penyelidikan hingga Selasa, 30 Mei 2023.
Lengkapnya »

CAPTURE NETIZEN