RASIKAFM.COM

šŸ“† 30 June 2022 šŸ‡®šŸ‡© šŸ•“ 04:32

Pidato Lengkap Jokowi dalam KTT Perubahan Iklim COP26 di Glasgow Skotlandia

Presiden Joko Widodo hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemimpin Dunia tentang PerubahanĀ IklimĀ COP26, yang digelar di Glasgow, Skotlandia, Senin, 1 November 2021. Dalam kesempatan itu, Jokowi nampak hadir dengan mengenakan jas hitam dan dasi merah. Ia disambut langsung oleh Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres.

JokowiĀ memberikan pidato di acara itu terkait komitmen Indonesia dalam perubahan iklim di dunia. Dalam YouTube Sekretariat Presiden, pidato Jokowi itu berdurasi sekitar 4 menit. Berikut pidato lengkap Presiden Jokowi tersebut:

“Perubahan iklim adalah ancaman besar bagi kemakmuran dan pembangunan global. Solidaritas, kemitraan, kerjasama, kolaborasi global, merupakan kunci. Dengan potensi alam yang begitu besar, Indonesia terus bekontribusi dalam penanganan perubahan iklim. Laju deforestasi turun signifikan, terendah dalam 20 tahun terakhir. Kebakaran hutan juga turun 82 persen di tahun 2020.

Indonesia juga telah memulai rehabilitasi hutan mangrove seluas 600 ribu hektare di 2024, terluas di dunia. Indonesia juga telah merehabilitasi 3 juta lahan kritis antara tahun 2010 sampai 2019. Sektor yang semula menyumbang 60 persen emisi Indonesia akan mencapaiĀ carbon net sink, selambatnya tahun 2030.

Tetapi hal itu tak cukup. Kami terutama negara yang mempunyai lahan luas yang hijau dan berpotensi dihijaukan, serta negara yang memiliki laut luas yang potensial menyumbang karbon, membutuhkan dukungan dan kontribusi dari internasional, dari negara-negara maju. Indonesia akan terus memobilisasi pembiayaan iklim dan pembiayaan inovatif serta pembiayaan campuran, obligasi hijau, dan sukuk hijau.

Penyediaan pendanaan iklim dengan pendanaan negara maju merupakanĀ game changerĀ dalam aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di negara-negara berkembang. Indonesia akan dapat bekontribusi lebih cepat bagi netĀ zero emissionsĀ dunia.

Pertanyaannya, seberapa besar kontribusi negara maju untuk kami? Transfer teknologi apa yang bisa diberikan? Ini butuh aksi, butuh implementasi secepatnya. Selain ituĀ carbon marketĀ danĀ carbon priceĀ harus menjadi bagian dari isu perubahan iklim. Ekosistem ekonomi karbon yang transparan, berintegritas, inklusif, dan adil harus diciptakan.

Sebagai penutup di KTT ini, atas nama Forum Negara-negara Kepulauan dan Pulau Kecil (AIS), Indonesia merasa terhormat bisa mensirkulasikan pernyataan bersama para pemimpin AIS Forum. Sudah jadi komitmen AIS Forum untuk terus memajukan kerjasama kelautan dan aksiĀ iklimĀ di UNFCCC. Terima kasih.”

TagsšŸ·ļø

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan

šŸ“Œ Baca Juga:

šŸ“Œ Baca Juga:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

šŸ“ŒKABAR TERBARU

šŸ“ŒKABAR TERBARU

Jelang Idul Adha, Belasan PSK Diamankan Satpol PP Semarang

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang mengamankan belasan pekerja seks komersial (PSK) pada operasi cipta kondisi menjelang Idul Adha Selasa (28/6/2022) malam. 17 PSK yang ditangkap itu juga karena adanya aduan dari masyarakat.

89 Calhaj Kloter 37 Asal Salatiga Diberangkatkan

Puluhan jemaah calon haji asal Kota Salatiga diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali, (28/6/2022). Pemberangkatan jemaah yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 37, didampingi Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng Noegroho Rachmadi.

šŸ“Œ INFOGRAFIS šŸ“ø

šŸ“Œ INFOGRAFIS šŸ“ø

šŸ“Œ KABAR PERISTIWA

šŸ“Œ KABAR PERISTIWA

šŸ“Œ KABAR OLAH RAGA

šŸ“Œ KABAR OLAH RAGA

šŸ“ŒRASIKA FEATURE

šŸ“ŒRASIKA FEATURE

šŸ“ŒKABAR POPULER

šŸ“ŒKABAR POPULER

kabar-pln.jpg