Edit

RADIO STREAMING RASIKA105.6 FM

📌 Kabar Rasika

Ikuti Kami :

📆 17 January, 2022 🇮🇩 🕓 04:59

Berawal Dari Iseng Upload Foto Selfie Di NFT, Sultan Gozhali Kini Jadi Sultan Sebenarnya

SEMARANG – Nama Ghozali Everyday saat ini menjadi fenomena karena membuat jagat maya merinding dengan penjualan foto selfienya di non-fungible token (NFT) mencapai miliaran rupiah.

Nama sebenarnya adalah Sultan Gustaf AL Ghozali, saat ini ia adalah mahasiswa semester 7 Fakultas Ilmu Komputer Prodi Animasi D-4 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. Putra kedua dari tiga bersaudara pasangan Erna Setyawati dan Heru Kamdani itu kini menjadi Sultan sebenarnya.

Sebab, hanya bermodal foto selfie, dia bisa meraup miliaran rupiah lewat NFT. Pantauan pada Kamis (13/1/2022), koleksi NFT Ghozali Everyday termurah dijual seharga 0,28 ETH atau kisaran Rp 13,5 juta. Dengan total 933 koleksi, maka bisnis NFT milik Ghozali bernilai hampir Rp 12,6 miliar.

“Awal-awal itu dipromosiin oleh komunitas NFT Indonesia. Terus orang luar negeri jadi ikutan beli bahkan chef Arnold juga beli. Belinya bahkan sampe 25 gitu, foto wajah saya, haha,” kata Ghozali sembari tertawa ketika ditemui di kampusnya, Kamis (13/1/2022).

“Itu nilai dari keseluruhan yang beli itu ada yang bilang sampe Rp 12 M. Tapi misal ada yang beli Rp 20 juta saya dapet 10% begitu terus. Pendapatan total sekitar Rp 1,5 M,” paparnya.

Ghozali sama sekali tidak menyangka karena ia hanya iseng mengambil foto selfie selama 5 tahun untuk ia jadikan video timelapse perubahan dirinya sejak lulus dari SMK 5 Semarang tahun 2017 lalu.

“Aslinya tu saya foto setiap hari buat animasi timelapse. Setelah lima tahun jadi video gitu. Tujuanya itu. Sudah dibuat kemudian sekalian uplod di NFT kali aja lucu,” ujarnya.

Ghozali baru mendalami NFT sekitar dua bulan lalu dan mengunggah fotonya pada akhir Desember. Saat itu ia hanya berpikir untuk lucu-lucuan menjual foto selfie karena karya di NFT banyak berupa gambar 3D atau 2D yang menarik menurutnya.

“Kenal NFT dari kampus dan dari refrensi internet. Awal alesan saya upload di NFT aslinya saya bayangin kayak NFT itu isinya 2D-3D atau gambar-gambar karya yang bagus. Aku mikirnya kaya lucu juga kalo salah satu kolektor ada yang punya muka saya. Aku nyangkanya sih nggak ada yang beli makanya harganya saya patok awal di 3 dolar, memang sengaja biar nggak ada yang beli. Awal uplod di akhir-akhir Desember cuma baru berani promosi 4 hari yang lalu,” jelasnya.

Selain rutin berselfie hingga 932 foto, Ghozali juga gemar berkompetisi salah satunya dalam lomba membuat logo.

“Prestasi pas awal-awal semester saya suka design logo. Itu sempet di ‘99designs.com‘ isinya lomba semua, saya ikut 100 lebih tapi yang menang cuma beberapa saja 1 atau 2 tahun 2020,” ujarnya.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus, Guruh Fajar Shidik mengatakan Ghozali juga mahasiswa yang keratif. Dia juga mendapatkan mahasiswa di Udinus sejak semester 3.

“Mas Sultan ini juga mahasiswa yang keratif ya, mendapat beasiswa sejak semester 3,” kata Fajar.

Tags🏷️

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Bagikan

📌 Baca Juga:

📌 Baca Juga:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google

📌KABAR TERBARU

📌KABAR TERBARU

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 INFOGRAFIS 📸

UpdateLalin 14/01/2022 🕓11.05

Laporan Kawan Rasika melalui video memantau aktivitas truk aktivitas kebumian, atau truk vibroseis. Tepatnya di jalur Gogodalem, Bringin, Kab. Semarang. Lalu lintas diberlakukan buka tutup

UpdateLalin 13/01/2022 🕓08.40

Laka lantas melibatkan truk lokasi di jalur Kudus – Pati tepatnya desa Terban, depan SPBU Kaliseger. Dibantu oleh satpam pabrik di area sekitar, truk di

UpdateLalin 13/01/2022 🕓08.30

Kabel melintang di putar balik Pudak Payung, belum diketahui informasi kabel tersebut listrik atau telefon. Berimbas ke jalan raya, lalu lintas merayap kedua arah terutama

UpdateLalin 13/01/2022 🕓07.30

Laporan di jalur Pati arah Kudus terpantau aktivitas perbaikan di Tenggeles. Menutup bahu jalan dan ada alat berat yang stand by lokasi. Lalu lintas menyempit.

UpdateLalin 13/01/2022 🕓07.00

Laporan pohon tumbang di ruas jalan Untung Suropati, sekitar SMA 7 Semarang. Informasi dari Kawan Rasika diatas menutup 1 lajur, sehingga lalu lintas padat kedua

UpdateLalin 12/01/2022 🕓08.50

Dilaporkan kondisi di Jl. Tentara Pelajar, Pekalongan, pagi ini genangan air di kedua jalur. Lalu lintas di kedua arah ramai lancar, kendaraan melaju perlahan.

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌RASIKA FEATURE

📌RASIKA FEATURE

📌KABAR POPULER

📌KABAR POPULER

di-duga-pembunuhan-2
Wanita Ditemukan Meninggal Dunia Bersimbah Darah Di Ngemplak Simongan, Diduga Korban Pembunuhan 
di-duga-pelaku-pembunuhan
Usai Bunuh Istrinya, Andre Sempat Ke Rumah Mertua Untuk Bawa Kabur Anak 
laka-13-1
Kecelakaan Maut Di Gajahmungkur Semarang, Pemotor Meninggal Di Tempat Alami Luka Parah Di Kepala
di-duga-pembunuhan
Seorang Wanita Ditemukan Meninggal Dunia Di Ngemplak Simongan Dalam Keadaan Bersimbah Darah
angin-ribut
Dihempas Puting Beliung, Atap Rumah Warga Kalongan Beterbangan
Sultan-Gozhali-NFT
Berawal Dari Iseng Upload Foto Selfie Di NFT, Sultan Gozhali Kini Jadi Sultan Sebenarnya
mobil-terbakar
Warga Banyumanik Apes, Mobil Dan Motor Terbakar Setelah Dipanaskan
kejahatan-skimming
Puluhan Nasabah Bank di Ungaran Jadi Korban Kejahatan Skimming
vaksinn-anak-13-1
102 Siswa di SDN Plumbon 01 Suruh, Ikuti Vaksin, 2 Lainya Gagal Karena Alasan Kesehatan
bundir-11-1
Hidup Sebatang Kara, Rusmin Ditemukan Tewas di Rumah Kosong