HOME

SMP 2 Tengaran Dijadikan Lokasi Studi Banding Pasca Masuk Kategori Sekolah Sehat Tingkat Nasional

SMP 2 Tengaran Dijadikan Lokasi Studi Banding Pasca Masuk Kategori Sekolah Sehat Tingkat Nasional

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on google
Share on pinterest

Kepala SMPN 2 Tengaran Waluyo saat menjadi pembicara Diseminasi Best Practice penerapan sekolah sehat selasa 12 january 2021 di Aula sekolah

TENGARAN – RASIKA FM ,  Hal ini terjadi karena penggelolaan kebersihan dilingkungan SMP 2 Tengaran yang berada di Desa Karangduren kecamatan Tengaran kabupaten Semarang begitu apik dan asri.

Bahkan saat pertama kali kita masuk ke area sekolah akan disambut pemandangan yang menyegarkan seperti adanya tanaman disepanjang jalan masuk serta pepohonan yang menambah asri lingkungan sekolah.

Kepada rasikafm.com kepala sekolah Waluyo S.Pd M.Pd mengaku jika konsep sekolah sehat telah ia rancang sejak tahun 2017 silam “Penerapan hidup bersih dan sekolah sehat atau program PHBS sudah kita awali sejak tahun 2017 lalu, pihaknya juga meminta kepada stage holder, guru karyawan ortu dan komite serta siswa untuk selalu hidup bersih dan sehat” kata Waluyo usai menjadi pembicara dalam Diseminasi Best Practice penerapan perilaku hidup bersih dan sehat menuju sekolah sehat Selasa 12 january 2021.



Kepala SMPN 2 Tengaran, Waluyo

Waluyo menambahkan pihaknya bisa mewujudkan kondisi sekolah seperti ini dimulai dari penyadaran dan persamaan konsep dengan membuat team work yang solid.

Selain membuat lingkungan sekolah yang sehat pihaknya juga menerapkan UKS yang sesuai standar kesehatan seperti pembuatan ruang putri dan putra yang terpisah.

Termasuk Pembuatan wastafel di setiap ruangan sehingga saat pandemic covid 19 jika sekolah lain binggung membuat wastafel maka hal ini tidak terjadi di SMP 2 Tengaran.
“agar Toilet sehat kami menambah jumlah ruangan dengan mengacu pada rasio 1 toilet maksimal digunakan untuk 40 laki laki, sedangkan perempuan 1 banding 20 serta memasang cermin” tambah Kepala Sekolah yang juga tercatat sebagai anggota Kwaran Tengaran Bidang Hukum dan kerjasama ini.

Sampai akhir 2020 lalu sekolah dengan total 80 guru dan 1000 lebih siswa ini berhasil menyabet juara 1 untuk kategori sekolah sehat di tingkat kabupaten Semarang, tingkat karisidenan dan di tingkat propinsi jawa Tengah serta yang membanggakan adalah masuk 5 besar kategori sekolah sehat tingkat nasional, maka tidak heran jika sekolah ini kerap dijadikan lokasi study banding sekolah sehat dijawa tengah bahkan dari sekolah lain di Nusantara (rief)

SHARE

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
KABAR JAWA TENGAH
KABAR NASIONAL
KABAR INTERNASIONAL

KABAR TERKAIT
KABAR TERBARU
10 KABAR POPULER
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp