Edit

RADIO STREAMING RASIKA105.6 FM

📌 Kabar Rasika

Ikuti Kami :

📆 17 January, 2022 🇮🇩 🕓 04:20

Dihempas Puting Beliung, Atap Rumah Warga Kalongan Beterbangan

UNGARAN – Bencana hidrometeorologi kembali terjadi di Kabupaten Semarang. Hujan deras disertai angin kencang melanda hampir merata di seluruh wilayah Bumi Serasi, Selasa (11/1/2022) sore.

Salah satu wilayah terdampak bencana tersebut adalah Desa Kalongan, Ungaran Timur. Beberapa dusun di wilayah tersebut diterjang angin puting beliung yang mengakibatkan beberapa kerusakan bangunan.

“Jam 15.30 saya dikabari oleh warga melalui sambungan telepon bahwa ada beberapa rumah dan bangunan yang ambruk tersapu angin,” ungkap Kades Kalongan Yarmuji saat dikonfirmasi, Selasa (11/1/2022) malam.

Dijelaskan Yarmuji, hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang mengakibatkan sedikitnya dua bangunan rumah warga dan lapak pedagang di sekitar Alun-alun Kalongan rusak cukup parah.

“Durasi anginnya tidak terlalu lama, sekitar 10 menit, tapi berimbas pada atap rumah milik Jasuri dan Wito di RT 05 RW 08 beterbangan diterjang angin. Demikian juga tiga lapak pedagang di sekitar Alun-alun Kalongan rusak,” jelasnya.

Setelah menerima laporan tersebut pihaknya segera berkoordinasi dengan Polsek dan Koramil setempat serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang untuk melakukan upaya penanganan.

“Seluruh perangkat desa juga kami kerahkan untuk membantu evakuasi dan pembersihan material. Alhamdulillah nihil korban jiwa dan luka-luka, hanya kerugian materi ditaksir sekitar puluhan juta rupiah,” urainya.

Yarmuji mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan. Terlebih informasi yang diterima dalam beberapa hari ke depan wilayah Kabupaten Semarang masih akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

“Beberapa dusun di Desa Kalongan memang rawan bencana puting beliung, terlebih yang lokasinya di wilayah atas seperti Tompo Gunung, Ngaliyan dan Kalongan. Sementara Dusun Sipete rawan banjir akibat sedimentasi sungai. Mohon tingkatkan kewaspadaan dan bersihkan lingkungan sekitar,” imbuhnya.

Sementara Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kabupaten Semarang Heru Subroto saat dikonfirmasi membenarkan kejadian bencana hidrometeorologi akibat hujan deras disertai angin kencang di wilayah Kalongan Ungaran Timur pada Selasa (11/1/2022) sore. Bahkan dari laporan yang diterima selain wilayah tersebut, beberapa kawasan lain juga terjadi bencana.

“Longsor juga terjadi di Trayu Sumowono hingga sempat memutus akses jalan, kemudian banjir di Bugisan Ambarawa akibat luapan Sungai Panjang,” kata Heru.

Terpisah ketua DPRD Kabupaten Semarang Bondan Marutohening usai meninjau langsung lokasi banjir di Ambarawa mengatakan, beberapa upaya pencegahan bencana perlu dilakukan. Terutama normalisasi sungai agar mampu menampung debit air saat hujan deras.

“Lingkungan Bugisan Ambarawa menjadi salah satu daerah langganan luapan air sungai. Kami harap pihak terkait bisa segera melakukan normalisasi sungai karena sedimentasi cukup tinggi,” paparnya. (win)

Tags🏷️

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Bagikan

📌 Baca Juga:

📌 Baca Juga:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google

📌KABAR TERBARU

📌KABAR TERBARU

📌 INFOGRAFIS 📸

📌 INFOGRAFIS 📸

UpdateLalin 14/01/2022 🕓11.05

Laporan Kawan Rasika melalui video memantau aktivitas truk aktivitas kebumian, atau truk vibroseis. Tepatnya di jalur Gogodalem, Bringin, Kab. Semarang. Lalu lintas diberlakukan buka tutup

UpdateLalin 13/01/2022 🕓08.40

Laka lantas melibatkan truk lokasi di jalur Kudus – Pati tepatnya desa Terban, depan SPBU Kaliseger. Dibantu oleh satpam pabrik di area sekitar, truk di

UpdateLalin 13/01/2022 🕓08.30

Kabel melintang di putar balik Pudak Payung, belum diketahui informasi kabel tersebut listrik atau telefon. Berimbas ke jalan raya, lalu lintas merayap kedua arah terutama

UpdateLalin 13/01/2022 🕓07.30

Laporan di jalur Pati arah Kudus terpantau aktivitas perbaikan di Tenggeles. Menutup bahu jalan dan ada alat berat yang stand by lokasi. Lalu lintas menyempit.

UpdateLalin 13/01/2022 🕓07.00

Laporan pohon tumbang di ruas jalan Untung Suropati, sekitar SMA 7 Semarang. Informasi dari Kawan Rasika diatas menutup 1 lajur, sehingga lalu lintas padat kedua

UpdateLalin 12/01/2022 🕓08.50

Dilaporkan kondisi di Jl. Tentara Pelajar, Pekalongan, pagi ini genangan air di kedua jalur. Lalu lintas di kedua arah ramai lancar, kendaraan melaju perlahan.

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR PERISTIWA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌 KABAR OLAH RAGA

📌RASIKA FEATURE

📌RASIKA FEATURE

📌KABAR POPULER

📌KABAR POPULER

di-duga-pembunuhan-2
Wanita Ditemukan Meninggal Dunia Bersimbah Darah Di Ngemplak Simongan, Diduga Korban Pembunuhan 
di-duga-pelaku-pembunuhan
Usai Bunuh Istrinya, Andre Sempat Ke Rumah Mertua Untuk Bawa Kabur Anak 
laka-13-1
Kecelakaan Maut Di Gajahmungkur Semarang, Pemotor Meninggal Di Tempat Alami Luka Parah Di Kepala
di-duga-pembunuhan
Seorang Wanita Ditemukan Meninggal Dunia Di Ngemplak Simongan Dalam Keadaan Bersimbah Darah
angin-ribut
Dihempas Puting Beliung, Atap Rumah Warga Kalongan Beterbangan
Sultan-Gozhali-NFT
Berawal Dari Iseng Upload Foto Selfie Di NFT, Sultan Gozhali Kini Jadi Sultan Sebenarnya
mobil-terbakar
Warga Banyumanik Apes, Mobil Dan Motor Terbakar Setelah Dipanaskan
kejahatan-skimming
Puluhan Nasabah Bank di Ungaran Jadi Korban Kejahatan Skimming
vaksinn-anak-13-1
102 Siswa di SDN Plumbon 01 Suruh, Ikuti Vaksin, 2 Lainya Gagal Karena Alasan Kesehatan
bundir-11-1
Hidup Sebatang Kara, Rusmin Ditemukan Tewas di Rumah Kosong