RASIKAFM.COM

๐Ÿ“† 25 September 2022 ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ ๐Ÿ•“ 11:23 am

Kampung Inggris di Joglo Ki Penjawi Salatiga, Ajarkan Anak Berbahasa Inggris Secara Aktif

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional di era globalisasi saat ini. Bahasa Inggris penting untuk dipelajari karena digunakan sebagai alat komunikasi internasional.

Sebagai bahasa pengantar internasional, Bahasa Inggris hendaklah diajarkan kepada anak-anak sedini mungkin, agar mereka mampu bersaing di era globalisasi seperti saat ini.

Melihat peluang itu, Owner Resto Joglo Ki Penjawi, Gunawan Herdiwanto, membuka kelas bahasa Inggris untuk anak-anak di Kota Salatiga dan sekitarnya. Iwan mengungkapkan, gagasan itu muncul karena melihat tempat miliknya bisa dibuat bukan sekedar resto.

“Selain untuk resto, saya berfikiran untuk pendidikan. Karena pendidikan kedepan itu pasti orang membutuhkan. Apalagi bahasa inggris, ya kan,”kata pria yang akrab disapa Iwan saat ditemui rasikafm.com, Restonya yang berada di Jalan Ki Penjawi No.14, Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, belum lama ini.

Dengan penyajian konsep โ€˜bermain sambil belajarโ€™ ditempat Joglo Ki Penjawi ini ternyata baik anak maupun orang tuanya lebih tertarik.

“Konsep kita tidak monoton diruang kelas dan berhadapan dengan guru saja. Ibaratnya kita sambil playing en gerening, belajar sambil bermain,”ungkap Iwan.

Apalagi di waktu pukul 13.00 wib sampai 17.00 wib, cenderung resto ini tidak ramai. Maka saya berani membuka kelas ini.”Untuk jam belajarnya sepulang dari sekolah yakni siang hingga sore. Bahkan ada orang tua yang mengatakan kenapa tidak buat TK dan alhamdulillah tahun ajaran ini sudah terealisasi dan memiliki 5 murid,”jelas Iwan.

Ditambahkan Iwan, dengan diterapkan metode tersebut bertujuan dapat meningkatkan minat dan semangat mereka dalam pelajaran Bahasa Inggris.

“Pengajaran dengan metode ini dapat meningkatkan kemampuan serta semangat siswa,”terang Iwan.

Sementara itu, Dick Erik selaku pengajar sekaligus penggagas mengatakan bahwa konsep TC Salatiga itu lebih kearah bermain. Jadi konsep kita tidak teks book, kita tidak mengerjakan soal, tidak mengerjakan ekser says. Tetapi metodenya dibuat menyenangkan anak anak.

“Mereka dibuat lepas untuk mengerjakan bahasa inggris nya dan lebih fokus di speakingnya. Mulai dari umur tiga tahun sampai kuliah ada disini semua. Jadi memang kita stimulus buat speakingnya,”kata Erik.

Untuk saat ini jumlahnya ada diatas 60 siswa dari beberapa kelas dimulai dari pukul 01.00 wib siang hingga pukul 07.00 wib malam. Selain itu kita juga mempunyai kelas online nusantara, dari Sabang sampai Merauke ada disini semua.

“Dari anaknya ada dari Salatiga maupun luar Salatiga dan paling jauh ada dari Cepogo Boyolali,”ungkap Erik.

Erik menambahkan, saat dikelas semua murid dalam percakapan ful menggunakan bahasa inggris. Jadi kita menciptakan kampung inggris mini.

“Untuk materi pelajaranya, kita mempunyai beberapa metode yang pertama seginner atau level pertama dan kita kasih waktu empat bulan untuk beradaptasi mengejar teman temanya dalam bahasa inggris. Dan ada beberapa tahap metode pembelajaran setingkat diatasnya,”pungkas Erik.

Dari pantauan wartawan kampung inggris mini ini diawali pada tahun 2018 lalu. Untuk metode pembelajaran yang diterapkan, yakni offline class dan online class dengan berbagai pilihan program dari pemula hingga mahir yang terdiri dari kelas pemula, grammar, speaking hingga TOEFL preparation.

Tags๐Ÿท๏ธ

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan

๐Ÿ“Œ Baca Juga:

๐Ÿ“Œ Baca Juga:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

๐Ÿ“ŒKABAR TERBARU

๐Ÿ“ŒKABAR TERBARU

Laka Maut Tol Bawen, Elf Hantam Truk Fuso 5 Orang Tewas

Kecelakaan maut kembali terjadi di ruas tol. Kali ini melibatkan dua unit kendaraan yakni Isuzu Elf berpelat N 7023 YJ dan truk fuso BK 8407 SE di ruas tol Bawen arah ke Semarang, tepatnya di KM 438.500 pada Sabtu (24/9/2022)

Selamat, UKSW jadi PTS Terbaik versi AMSI

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) akhirnya berhasil menjadi pemenang untuk kategori Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam ajang Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jateng Digital Awards 2022.

Sekjen Hasto Konfirmasi Nama Hendi Masuk Usulan PDIP Untuk Pilgub DKI

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengonfirmasi perihal Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi masuk sebagai nama yang akan diusulkan partainya untuk Pilgub DKI 2024. Hal itu disampaikan oleh Hasto di sesi pemberian keterangan pers dalam kegiatan pertemuan kepala daerah PDI Perjuangan, Kamis (22/9).

๐Ÿ“Œ INFOGRAFIS ๐Ÿ“ธ

๐Ÿ“Œ INFOGRAFIS ๐Ÿ“ธ

๐Ÿ“Œ KABAR PERISTIWA

๐Ÿ“Œ KABAR PERISTIWA

๐Ÿ“Œ KABAR OLAH RAGA

๐Ÿ“Œ KABAR OLAH RAGA

๐Ÿ“ŒRASIKA FEATURE

๐Ÿ“ŒRASIKA FEATURE

kabar-pln.jpg